Joshuablogs

Teknologi Informasi dalam Organisasi Modern

Posted: September 17th 2012

KONSEP DAN DEFINISI

 

Infrastruktur Teknologi Informasi

Infrastruktur teknologi informasi perusahaan terdiri atas fasilitas fisik, komponen TI, layanan TI, dan menajemen TI yang mendukung keseluruhan perusahaan.

Komponen TI adalah peranti keras komputer (monitor, keyboard, dll), peranti lunak (Program yang memungkinkan peranti keras memproses data), dan teknologi komunikasi yang digunakan oleh personel TI untuk menghasilkan layanan TI.

Layanan TI meliputi menajemen data , pengembangan sistem, dan masalah keamanan.

Teknologi Informasi meliputi Infrastruktur serta semua sistem informasi lainnya di perusahaan

 

Arsitektur Teknologi Informasi

Arsitektur Teknologi Informasi merupakan peta atau rencana tingkat tinggi berbagai aset informasi dalam perusahaan, yang menjadi arahan operasi saat ini dan merupakan cetak biru untuk arah di masa mendatang .

Dalam membuat arsitektur TI, desainer membutuhkan informasi yang hampir sama, yang dapat di bagi ke dalam dua bagian :

1. Kebutuhan bisnis atas informasi-yaitu, tujuan serta masalah organisasional, dan kontribusi yang dapat diberikan TI. Calon pengguna TI harus memainkan peran penting dalam bagian proses desain ini.

2. Infrastruktur TI serta aplikasi yang telah ada dan yang direncanakan dalam perusahaan,. Infromasi ini meliputi bagaimana sumber daya TI yang direncanakan dapat diintegrasikan antar sumberdaya tersebut atau dengan sumber daya yang ada sekarang (atau potensi di masa mendatang) untuk mendukung kebutuhan informasi perusahaan.

 

Sistem Informasi

Sistem Informasi merupakan proses yang menjalankan fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dab menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu; kebanyakan SI dikomputerisasi .

Bagaimana Sistem Informasi Mendukung Organisasi.

Pertama, mempertimbangkan bagaimana organisasi yang terstruktur:
-Umumnya berdasarkan departemen fungsional
-Seringkali dalam hirarki
-Mungkin oleh proyek atau dalam struktur matriks

Dua klasifikasi yang paling umum adalah:
-Klasifikasi berdasarkan dukungan
-Klasifikasi menurut tingkat organisasi

Sistem Informasi dalam suatu organisasi yang dikembangkan untuk mendukung cara organisasi terstruktur .

Sistem informasi terdiri dari berbagai aplikasi
Sebuah aplikasi adalah sistem yang dikembangkan untuk tujuan tertentu .

Aplikasi dan sistem dapat mendukung
-Individu / tim
-departemen
-Divisi / Unit
-seluruh perusahaan

Sistem informasi juga dapat lintas-organisasional
-Menghubungkan dua atau lebih organisasi yang mempunyai kepentingan umum atau kebutuhan bisnis.
-Penting dalam memfasilitasi e-commerce.

Dukungan SI yang diperlukan oleh orang-orang tergantung pada peran mereka dalam organisasi.

1.Manajer atas membuat keputusan strategis
2.Manajer menengah membuat keputusan taktis
3.Manajer saluran membuat keputusan operasi
4.Pekerja pengetahuan membuat dan mengintegrasikan pengetahuan
5.Pekerja administrasi menggunakan dan memanipulasi informasi

Organisasi harus menentukan siapa yang bertanggung jawab untuk perencanaan, pembelian, pengembangan, dan memelihara sumber informasi .

Kerjasama sangat penting .


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php