Joshuablogs

BISNIS DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Posted: September 10th 2012

Lingkungan bisnis adalah gabungan dari faktor sosial, hukum, ekonomi, fisik, dan politik yang memengaruhi aktivitas bisnis. Perubahan signifikan dalam salah satu faktor-faktor ini akan cenderung menciptakan tekanan bisnis atas perusahaan. Perusahaan biasanya merespons berbagai tekanan ini melalui aktivitas yang di dukung oleh TI .

Karakter dari Lingkungan Bisnis :

  1. Perubahan dengan cepat
  2. Kompleksitas
  3. Ekonomi global
  4. Kompetisi meningkat
  5. Berfokus pada pelanggan

Berbagai Tekanan Bisnis :

  1. Tekanan Pasar : Tekanan pasar berasal dari perekonomian global  dan persaingan yang ketat, perubahan sifat tenaga kerja, dan pelanggan yang kuat posisinya.
  2. Tekanan Teknologi : Teknologi baru dan lebih baik dengan cepat membuat atau mendukung adanya substitusi produk, pilihan alternatif jasa, dan kualitas yang tinggi. Jumlah informasi yang tersedia di internet bertambah lebih dari dua kali lipat setiap tahun, dan banyak yang gratis. Internet dan berbagai jaringan telekomunikasi lainnya membawa banjir informasi ke para manajer.
  3. Tekanan Sosial : Tekanan ini meliputi tanggung jawab sosial, regulasi/deregulasi pemerintah, pengeluaran untuk program sosial, pengeluaran untuk perlindungan dari terorisme, dan masalah etika .

Mengapa anda harus mempelajari Teknologi Informasi ?

TI Memfasilitasi Kegiatan dalam Perusahaan

Peran utama TI adalah menjadi fasilitator dalam berbagai aktivitas dan proses di perusahaan. Peran itu akan makin penting sejalan dengan berlalunya waktu. Oleh karena itu, merupakan hal yang penting untuk tiap manajer dan profesional bisnis mempelajari TI tidak hanya untuk bidangnya masing-masing, tetapi juga dalam konteks keseluruhan perusahaan dan dalam latar belakang interorganisasional juga.

TI Digunakan oleh Semua Departemen

Teknologi Informasi adalah hal yang vital untuk setiap area fungsional dalam perusahaan, dan sistem TI adalah bagian integral dari tiap area fungsional tersebut. Dalam keuangan dan akutansi, contohnya, para manajer menggunakan sistem semacam ini untuk memprediksi penepatan dan aktivitas bisnis, menentukan sumber dan penggunaan terbaik dana, mengelola kas dan sumber daya keuangan lainnya, menganalisis investasi, dan melakukan audit untuk memastika bahwa perusahaan pada dasarnya baik serta bahwa semua laporan dan dokumentasi keuangan akurat .

TI Menawarkan Berbagai Peluang Berkarier

Permintaan atas staf teknologi informasi tradisional-seperti pemrograman, analis sistem, dan desainer adalah hal yang penting. Selain itu, banyak peluang bergaji tinggi berada dalam area yang sedang berkembang, seperti internet dan e-commerce, perdagangan mobile, kemanan karingan, pemrograman berorientasi obejk, telekomunikasi, serta desain multimedia. Untuk rincian mengenai berbagai karier dalam TI, lihatlah techjourney.com dan juga “Career resources” serta “Technology careers” di wageweb.com .

Komponen Komputer :

  1. Input
  2. Sistem Unit
  3. Output
  4. Storage
  5. Komunikasi/Jaringan

Kategori Komputer :

  1. Personal Komputer/Desktop (PC & MAC OS)
  2. Personal Digital Assistant/PDA (IPAD & SMARTPHONE)
  3. Server (Midrange Server, Mainframe, Super Computer)

Apakah yang membuat Informasi berguna ?

  1. Akurat
  2. Komplit
  3. Fleksibel
  4. Handal
  5. Relevan
  6. Tepat Waktu
  7. Diverifikasi
  8. Diakses
  9. Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php