jordy17

Fungsional Enterprise dan Organisasi

Posted: November 19th 2012

Sistem informasi merupakan program untuk mengotomatisasikan bisnis atau proses bisnis. Dan Sistem Informasi Functional merupakan sistem informasi yang mendukung bagiab department dalam suatu perusahaan.

Dalam piramida sistem informasi, terdapat beberapa tahap yaitu dimulai dari yang paling bawah yaitu Transaction Processing System, Management Information System, Decision Support System, Executive Support System, dan yang paling tinggi yaitu Strategic IT.

Transaksi Prosesing Sistem (TPS)TPS adalah sistem informasi yang mendukung transaksi inti dan rutin perusahaan, TPS di desain untuk mencatat atau menyimpan data transaksi sehari-hari. Tujuan dari TPS itu sendiri yaitu menyediakan semua informasi yang dibutuhkan oleh hukum, phak manajemen, dan/ atau kebijakan perusahaan untuk mempertahankan perusahaan berjalan dengan baikserta efisisen.

Sistem informasi manajemen (SIM)SIM adalah sistem yang menyediakan informasi ke para manajer (biasanya tingkat menengah) dalam berbagai area fungsional, agar dapat mendukung tugas manajemen untuk perencanaan, pengorganisasian, serta pengendalian operasi.

Decision Support System, bisa membantu manager untuk mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

Executive Support Sistem, sistem yang didesain khusus untuk executive, biasanya disajikan dalam bentuk grafis (dashboard)

Organisasi Fungsional

Spesialisasi-baik pembagian kerja terjadi yang menghasilkan spesialisasi fungsi dan manfaat itu konsekuen.
Efektif Kontrol-kontrol Manajemen disederhanakan sebagai fungsi mental dipisahkan dari fungsi manual. Checks and balances tetap otoritas dalam batas-batas tertentu. Spesialis dapat diminta untuk menilai kinerja berbagai bagian.
Efisiensi Efisiensi-Greater tercapai karena setiap fungsi melakukan sejumlah fungsi. Ekonomi-Spesialisasi disusun dengan standarisasi memfasilitasi produksi maksimum dan biaya ekonomis.
Ekspansi-Ahli pengetahuan manajer fungsional memfasilitasi kontrol yang lebih baik dan pengawasan.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php