jordy17

INTERNET, INTRANETS DAN EXTRANETS

Posted: November 12th 2012

 INTERNET

adalah jaringan terbesar didunia, yaitu pertukaran informasi yang menggunakan standar dan protokol yang saling terhubung dengan jaringan. dengan adanya internet dalam sebuah forum yang demokratif makan ada dukungan untuk saling berbagi informasi. misalnya saja penelitian dosen/mahasiswa bisa saling diakses.

Berskala internasional, dengan pengguna dari berbagai benua. Dapat menghubungkan jaringan komputer baik bisnis, organisasi, lembaga pemerintahan, sekolah di seluruh dunia dengan cepat, mudah dan murah. Tapi biaya internet untuk pengguna pribadi masih belum merata.

 

Layanan yang diberikan internet:

  • E-mail
  • Web
  • File transfer
  • Chat
  • Message board
  • Instant messaging

fiture internet, yaitu :

1. internet2, yaitu  kolaborasi antara lebih dari 180 universitas AS untuk mengembangkan jaringan dan aplikasi canggih untuk proses pembelajaran dan penelitian

2. NGI, yaitu memajukan teknologi internet dan aplikasi

cara kerja internet, yaitu suatu informasi dalam bentuk paket data dikirim melalui protokol. yakni IP dan TCP

cara kerja internet, yaitu suatu informasi dalam bentuk paket data dikirim melalui protokol. yakni IP dan TCP. Internet adalah suatu paket-switching  jaringan. Saat packet data dikirim, peket tersebut pecah-pecah  dan dkumpulkan kembali setelah berada didalam pesan mesin penerima. Masing- masing komputer yang terhubung dengan internet memiliki suatu alamat IP. Akses internet itu hubungan antara via LAN server, via garis serial internet protokol/poin protokol (SLIP/PPP).

Internet servis-komunikasi itu ada : email, usernet, chatting, ftp, gophers, veronica, archie, telnet,dll. Tantangan dari internet adalah tekhnologi baru, internet peraturan, perluasan internet.

 

   INTRANET

intranet adalah jaringan private yang menggunakan apliaksi internet protocol TCP/IP, jaringan ini menyediakan akses yang mudah terhada informasi perusahaan bagi karyawan, dan biasanya digunakan untuk mendisplay aplikasi perusahaan.
Sedangkan untuk Extranets adalah perluasan dari sebuah intranet untuk dipilh oleh outside business partners seperti suppliers, distributors, dan key customers, extranet juga memberikan akses yang mudah pada informasi perusahaan dan easy collaboration bagi mitra bisnis

 

kelebihan Intranet                                          

a.   Produktivitas kerja.
b.   Efisiensi waktu.
c.   Komunikasi yang efektif.
d.   Efektifitas biaya.
e.   Meningkatkan kerja sama.

kekurangan Intranet

 a. Dapat mengurangi efektivitas kerja dengan adanya informas yang salah.

b. Intranet dapat digunakan untuk mengirimkan hal-hal yang kasar dan kurang sopan.
c. Diperlukan pelatihan kepada karyiawan dalam menggunakan intranet.
d. Perlu tenaga ahli untuk membangun intranet
e. Dapat terjadi overload  data jika tidak dilakukan kontrol dengan baik.

 

 

 EXTRANET

 

Adalah Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain. Selain itu, dibutuhkan sering terjadi masalah dengan kompatibilitas device yang digunakan tiap perusahaan. Extranet VPN menghubungkan pelanggan, supplier dan partner melalui jaringan telekomunikasi publik dengan menggunakan saluran khusus. Pelayanan yang disediakan sama dengan pelayanan jika menggunakan jaringan pribadi, sehingga pengguna seperti menggunakan intranet dari perusahaan tersebut. Extranet menggunakan arsitektur dan protokol yang sama dengan yang digunakan pada Access VPN dan Intranet VPN.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php