jordy17

Telecommunications and Networks

Posted: October 29th 2012

Komponen dari sistem telekomunikasi adalah terminal atau media input/output lainnya untuk mengirim atau menerima data, Jalur komunikasi, hubungan data atau suara yang dikirim dengan media pengiriman atau penerimaan dalam suatu jaringan,Pemroses komunikasi, seperti modem, multiplexers, controllers dan front and processor, yang berfungsi untuk membantu pengiriman dan penerimaan data,perangkat lunak komunikasi yang mengontrol kegiatan input, output data dan mengelola fungsi jaringan komunikasi lainnya. Jenis media komunikasi : 1.Local Area Network (LAN)Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

  1. Perangkat keras (hardware) merupakan komponen computer yang sifatnya bisa dilihat diraba oleh panca indra yaitu berbentuk nyata.
  2. Perangkat lunak (software) merupakan komponen computer yang sifatnya gaib hehhe tidak bisa dilihat oleh panca indra akan tetapi bisa kita rasakan keberadaannya, dan merupakan pengendali dari jalannya suatu computer.
  3. Media, didalam media ada dua pembagian yaitu:
  • Media dengan kabel yaitu menggunakan kabel sebagai penghubung komunikasi tersebut tapi sifatnya terbatas tidak bisa jauh dan jauh.
  • Media tanpa kabel yaitu tidak menggunakan kabel dan hal ini lebih efisien dan dapat digunakan dengan jarak yang sangat jauh.

4. Jaringan (networks)

Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Contohnya muncul situs iftt.com yang semua ini muncul karena networks sehingga muncul berbagai aplikasi.

5. Data communication provider adalah seperti ISP dan operator.

6. ISP adalah sebuah badan usaha milik pemerintah dan swastas yang memberikan fasilitas layanan (service) hubungan ke jaringan internet. ISP ada yanag bersifat tertutup dan ada yang bersifat umum.

  • ISP yang bersifat tertutup merupakan ISP yang hanya melayani fasilitas jaringan internet untuk jaringan local lembaga yang bersangkutan.
  • ISP  yang bersifat umum merupakan ISP yang memberikan layanan fasilitas jaringan interent untuk masyarakat, baik untuk pribadi maupun untuk kelompok.

7. Protocols adalah kumpulan dari aturan-aturan yang berhubungan dengan komunikasi data antara alat-alat komunikasi supaya komunikasi data dapat dilakukan dengan benar contohnya http.

Jenis – jenis Hardware Comunicattion.

1. Modem
Perangkat yang dapat mengubah sinyal analog ke digital (dan sebaliknya), memungkinkan adanya transmisi sinyal melalui sistem telepon
2. Multiplex
Perangkat yang mentransmisikan beberapa sinyal melalui media tunggal
3. Front-end Processor
komputer yang khusus didedikasikan untuk mengelola tugas-tugas komunikasi

Wired Based Comunnication Channels

+Twisted-pair wire (kabel telepon)
lebih murah dan mudah untuk digunakan. Kerugiannya adalah lambat, mudah mengalami gangguan, dan keamanannya rendah.

+Coaxial cable
kabel ini dapat membawa lebih banyak data dan terlindung dari gangguan.
lebih mahal, lebih sulit untuk digunakan, dan keamanan rendah.

+Fiber-optic cable (Kabel serat optik)
Kabel ini dapat mengirimkan informasi sebagai gelombang cahaya melalui serat kaca. Keuntungan penggunaan kabel ini adalah cepat, kapasitas tinggi, aman, dan tidak terganggu. Walaupun begitu kabel ini rentan terhadap kerusakan karena seratnya terbuat dari kaca.

+Microwave
Keuntungannya mempunyai kapasitas tinggi dan relatif murah, tetapi membutuhkan garis menara transmisi pandangan dan mudah terganggu oleh lingkungan.

+Satelite
Kapasitasnya tentu sangat tinggi dengan cakupan area yang luas. Tetapi pengunaan satelit sangat mahal, propagasi delay, dan memerlukan enkripsi untuk keamanan.

Berikut ini, sedikit mengenai jaringan.

  1. Untuk membangun sebuah jaringan, alat komunikasi, media, dan perangkat lunak yang diperlukanuntuk menghubungkan 2 atau lebih sistem komputer.
  2. Jenis-jenis jaringan berdasarkan luasnya area jangkauan jaringan.

–          Local Area Network (LAN)

  • Adalah jaringan yang mencakup wilayah geografis yang relatif kecil. Contohnya: di dlam 1 ruangan, atau perkantoran.

Beberapa fiturnya adalah menghubungkan komputer dan perangkat lain yang memungkinkan untuk berbagi data, dapat digunakan dengan berbagai topologi, masing-masing dengan kekuatan dan kelemahan kinerja, beberapa LAN dapat dihubungkan dengan bridges, LAN dapat dihubungkan dengan jaringan eksternal dengan gateway.

Jenis-jenis topologi LAN:

  • Topologi Bus
  • Topologi Star
  • Topologi Ring
  • Topologi Hirarkial
  • Topologi hybrid(gabungan dari semua topologi)

Teknologi yang diperlukan

  • Kabel atau teknologi nirkabel
  • Kartu adaptor antarmuka jaringan
  • Perangkat lunak yang memenejemen jaringan.

Pemilihan topologi disesuaikan dengan peralatan yang ada(seperti yang disebutkan diatas)

Beberapa istilah dalam LAN

  • Gateway adalah prosesor komunikasi yang menghubungkan jaringan yang berbeda dengan menerjemahkan satu protokol ke protokol lain
  • Bridges adalah penghubung 2 jaringan yang sama
  • Router adalah pengarah pesan melalui beberapa LAN atau WAN yang terhubung.

–          Wide Area Network (WAN)

Adalah jaringan yang mencakup wilayah geografis yang lebih luas

Internet adalah WAN terbesar di dunia. Beberapa fiturnya adalah layanan disediakan oleh operator umum, internet adalah WAN publik, Value Added Networks (VAN) swasta dimana satu-satunya data yang dikelola oleh pihak ke 3, diakses dengan berlangganan, Virtual Private Network(VPN) gateway yang aman antara sistem perusahaan dan internet.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php