jordy17

MANAGING DATA and INFORMATION

Posted: October 5th 2012

Pada pertemuan ke enam membahas  tentang managing data dan information. Adapun tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk terminology dasar dari manajemen data, menyimpan data dalam file tradisional dan permasalahan pada pendekatan tersebut, pendekatan basis data untuk menyimpan file, bagaimana data di organisasikan untuk membuat sebuah database, komponen dari DBMS, dan bagaimana perusahaan memanfaatkan stored data.

File processing system yaitu record dari satu file dapat tidak terkait dengan records dari file lainnya. Sehingga biasa organisasi memiliki beberapa aplikasi yang memiliki file data yang terelasi. Traditional File Environment memiliki tiga bagian antaralain Registar’s Office, accounting dept, dan Athletics dept. Banyak program dan pengguna biasaberbagai data di database dan data aman karena hanya authorized users yang bisa mengakses data tertentu. Perbedaan cara penyimpanan member file dan training session file yaitu pada training session file terdapat training date, date dan menduplikasi member ID.

=> Field merupakan kumpulan dari beberapa karakter yang membentuk suatu word atau number dan field merupakan data terkecil, contohnya adalah Text, Numeric, Memo, Date,dan Hyperlink.

=>Record merupakan grup logic kumpulan dari beberapa field yang sama.

=>File merupakan grup logic kumpulan dari beberapa record yang sama.

=>Database merupakan grup logic kumpulan beberapa file yang sama.

Field  : kombiasi dari satu atau lebih karakter. Unit terkecil dari data yang diakses pengguna. Meliputi ukuran field(jumlah karakter yang bisa di isi), kolom nama , dan jenis data.

Dasar penyusun data dan akses : member file, membership plans file, personal trainer file, training session file.

Terminologi dari manajemen data : entity(sesuatu yang di jelaskan oleh record), Atribut( sesuatu yang dijelaskan oleh field), primary key(field yang unik mengidentifikasikan record), dan secondary key (field tidak mengdentifikasi catatan unik, tapi membetuk kelompok logis dari catatan)

Pendekatan database à banyak program dan pengguna dapat  berbagi data dalam database dan hanya pengguna desmi yang dapat mengakses data tertentu.

Perbedaan cara penyimpanan data :

  1. Member file  ßà training session file  (duplicated data): kolom yang berhubung atribut – atributnya harus ditulis semua.
  2. Member file  ßà training session file  (only member id is duplicated): kolom yang berhubung  salah satu kolom hanya memerlukan member id nya saja untuk mengambil data dari kolom lainnya.

Mencari data dalam database  ada 2 pilihan :

  1. Sentralisasi à semua file yang terkait beada dalam satu lokasi, rentan terhadap titik tunggal kegagalan dan kecepatan bermasalah karena penundaan tranmisi.
  2. Distributed Database à salinan lengkap dari database, atau bagian dari database, berada di lebih dari satu lokasi, dekat dengan pengguna. Distributed ada 2 tipe antara lain :
  •  Direplikasi Database : jika satu cabang mengupdate data maka semua cabang akan terupdate .
  • Dipartisi database : jika suatu cabang mengupdate data , hanya data yang ada di pusat yang terupdate.

Pembangunan database :

  1. Mengembangkan design konseptual model abstrak database dari pengguna.
  2. Mengatur dengan Entity-Relationship (ER) pemodelan.
  3. Menganalisis struktur data dengan menerapkan proses Normalisasi(proses pembagian data sesuai dengan kebutuhannya)
  4. Menerapkan struktur data dalam perangkat lunak system manajemen database.

Database Manajemen Sistem (DBMS) melindungi pengguna dari keharusan untuk mengetahui lokasi dari data , pengguna hanya mengetahui cara yang logis itu diselenggarakan.

Komponen DBMS : data model , Data Definition Language(DDL) untuk menentukan isi dan struktur dari basis data,  Data Manipulation Language(DML) untuk isi query dari informasi database, Data Dictionary mendefinisikan elemen data dan karakteristik data .

Manfaat dari DBMS :

Peningkatan strategi penggunaan data,  Mengurangi kompleksitas Sistem Informasi,  Mengurangi redundansi data dan inkonsisten,  Peningkatan integritas data,  peningkatan keamanan,  mengurangi pengembangan dan biaya pemeliharaan,  dan peningkatan akses data.

Logical data model : kemampuan manajer untuk menggunakan database tergantung pada bagaimana database yang terstruktur secara logis. Ada 3 model data umum = hirarkis, jaringan dan penghubung.

Data Warehouse : sebuah system database yang dirancang untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen.

Data mart : pengelolaan data yang sederhana.

Data Mining :  mengekstrak wawasan baru dari data warehouse.

Ringkasan

  1. Struktur file tradisional menyebabkan masalah manajemen data banyak
  2. DBMS membantu menyelesaikan banyak masalah-masalah
  3. Pengguna prihatin dengan pandangan logis data.
  4. Bila organisasi telah menciptakan database terstruktur dengan baik, pengambilan keputusan dan wawasan akan meningkatkan melalui gudang data dan penggunaan data alat pertambangan.

Teknologi basis data nengatasi banyak masalah dalam organisasi file tradisional. Definisi yang lebih tepat dari basis data adalah sekumpulan data organisasi untuk melayani banyak aplikasi secara efisien dengan memusatkan data dan mengendalikan redundasi data.

–  Pengguna lebih di arahkan pada logical view dari data.

–  Saat organisasi membangun struktur DB yang baik, pengambilan keputusan dan pengetahuan akan meningkat melalui data warehouses  dan penggunaan data mining tools.

Dalam perusahaan besar, dengan basis data atau sistem yang besar untuk fungsi yang berbeda, seperti produk, penjualan, dan akuntansi, kemampuan dan alat khusus dibutuhkan untuk menganalisis data dalam jumlah yang sangat besar dan untuk menghubungkan data dari berbagai macam sistem. Kemampuan ini meliputi gudang data, penggalian data, dan berbagai alat untuk menghubungkan basis data internal di seluruh web. Gudang data adalah basis data yang menyimpan data yang sekarang dan terdahulu yang mungkin diminati oleh para pembuat keputusan di seluruh perusahaan. Gudang data menggabungkan dan menstandarkan informasi dari basis data operasional yang berbeda sehingga informasi dapat digunakan di seluruh perusahaan untuk analisis dan pembuatan keputusan manajemen.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php