jordy17

COMPUTER SOFTWARE

Posted: September 30th 2012

software adalah kumpulan instruksi  yang berfungsi untuk menjalankan suatu perintah, seperti memberikan informasi tentang hardware, menentukan fungsi hardware, dan menjalankan sistem.

Software komputer dibuat berdasarkan 4 fundamental dasar yaitu program komputer, konsep pemprosesan program, progamming dan programmer. Software komputer dibedakan menjadi 2 bagian yaitu  sistem software dan aplikasi software. Sistem software berfungsi mengatur instruksi hasil proses hardware , sedangkan aplikasi software berfungsi menampilkan instruksi yang dilakukan oleh pengguna.Aplikasi software banyak digunakan untuk fungsi keperluan bisnis. Tipe dari aplikasi software terdapat 2 macam yaitu proprietary aplication software dan off-the-shelf aplication software. proprietary aplication software adalah aplikasi yang dijual khusus untuk spesifikasi kebutuhan bisnis tertentu sebuah perusahaan, sedangkan off-the-shelf aplication software adalah aplikasi yang dijual ke banyak organisasi secara standar ataupun dapat dikembangkan lagi aplikasinya

-Software Operasi : Software sistem operasi adalah suatu software (perangkat lunak) yang menghubungkan pemakai dan perangkat keras komputer, untuk mempermudah mereka berinteraksi.

Contoh : Windows, Linux, Mac OS

-Software Aplikasi Program aplikasi merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhan.

Contoh : Microsoft Office, Corel Draw, Photoshop

 

Kemajuan software tidak lepas dari kemajuan bahasa pemrograman yang digunakan sebagai dasar pengembangan aplikasi. Penerapan bahasa pemrograman dituangkan menggunakan logika manusia yang dapat dimengerti oleh komputer.  Ada 5 macam generasi bahasa pemrograman yaitu genarasi pertama adalah bahasa mesin yang hanya menggunakan bilangan biner 0 dan 1, generasi kedua adalah bahasa assembly berupa instruksi repetitif sederhana dari bilangan biner, generasi ketiga adalah bahasa prosedural berupa perpustakaan perintah yang lebih singkat dan hampir menyerupai dengan bahasa manusia contohnya seperti bahasa C, generasi keempat adalah bahasa non prosedural berupa bahasa perintah yang lebih spesifik menyerupai bahasa manusia contohnya bahasa SQL.  Generasi kelima adalah bahasa intelegensi berupa kesempurnaan proses bahasa alami manusia yang sedang dan akan dikembangkan

“Pemrograman”adalah cara menyusun dan memberikan instruksi-instruksi dalam membangun fungsionalitas software Jenis pemrograman berdasarkan “cara pandang”

–Pemrograman prosedural, program sebagai abstraksi kegiatan/fungsi/aktivitas
–Pemrograman berbasis obyek, program sebagai kumpulan obyek
–Pemrograman deklaratif , menetapkan sasaran yang ingin dicapai

Bahasa Pemrograman

Dikelompokkan menurut paradigma pemrograman yang didukungnya
–Pemrograman prosedural: BASIC, COBOL, C, Pascal, PHP, ASP, …
–Pemrograman berbasis obyek: C++, Java, C#, Smalltalk, …
–Pemrograman deklaratif: Prolog, Lisp, SQL,

Masalah yang dihadapi banyak organisasi adalah tuntutan kebutuhan yang selalu berubah sementara tidak mudah untuk mengubah semua jenis hardware dan software yang begitu kompleks. Untuk mengatasinya, kita dapat menerapkan kemasan software dengan penyajian yang disempurnakan (contohnya sumber daya manusia, pengoperasian, keuangan, marketing, accounting, dll), menggunakan middleware untuk menghubungkan aplikasi yang berbeda, serta menggunakan software perusahaan yang dapat mengelola seluruh proses dalam suatu organisasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php