jordy17

COMPUTER HARDWARE

Posted: September 18th 2012

Hardware adalah perangkat keras yang ada dikomputer atau salah satu komponen komputer yang bersifat ada dan timbul atau bisa di rasakan dan berbentuk nyata. Hardware juga dapat membantu kinerja komputer yang secara langsung. Contoh dari hardware ini seperti CPU, Memory, Input Devices, Output Devices. Hardware sendiri memiliki fungsi sebagai :

1. input divice (unit masukan)

2. Process device (unit Pemrosesan)

3. Output device (unit keluaran)

4. Backing Storage ( unit penyimpanan)

5. Periferal ( unit tambahan)

CPU sendiri sering kita sebut dengan processor atau sering kita sebut dengan otak dari komputer yang mengatur dan memproses seluruh kerja komputer. CPU memiliki komponen seperti:

1.      Processor

2.      Memory

3.      Adapter Card : Sound Card, Modem, Video, dan Network

4.      Ports

5.      Drive Bays

6.      Power Supply

Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain. Motherboard memiliki beberapa komponen contohnya seperti Adapter Card, Processor, Chips, dan Memory Chip.

Motherboard adalah suatu papan sirkuit utama dalam unit sistem yang berisi kartu adapter, chip prosesor, dan chip memori. Tetapi biasanya juga disebut board sistem.Dalam suatu motherboard terdapat banyak sekali komponen,tetapi untuk komponen utamanya ada 2, yaitu CPU (Central Poscessing Unit) atau biasa dibilang Processor dan Memori.

Processor/CPU berguna untuk membawa, memproses, dan mengeluarkan data. Sedangkan memori berguna untuk menyimpan data sebelum dan sesudah diproses oleh CPU. Komponen CPU adalah: Control Unit, Arithmetic-Logic Unit (ALU), Register, Penyimpanan Primer.

  • Control Unit : Program yang mengakses code code data keseluruh sistem dengan jalur data yang biasa disebut buses
  • Arithmetic-Logic Unit (ALU) : Sistem yang berugas untuk melakukan perhitungan dan perbandingan data
  • Register : Area penyimpanan dengan proses yang cepat

Memori adalah komponen elektronik yang menyimpan instruksi, data, dan hasil. Yang terdiri dari satu atau beberapa Chips dalam Motherboard atau papan sirkuit lainnya. Setiap byte disimpan di lokasi yang berbeda dan unik.

Penyimpanan Primer adalah tempat penyimpanan sementara yang memegang tiga hal,yaitu Informasi yang sedang kita kerjakan, Software aplikasi yang kita gunakan, dan Sistem operasi software. Semakin meningkatnya memori primer maka akan semakin cepat juga kinerja dari komputer tersebut. Tipe tipe dari penyimpanan primer itu ada Register, Random Access Memory (RAM), Cache Memory dan Read-Only Memory (ROM).

Nah, Register dalam penyimpanan primer ini sama dengan register pada CPU,berguna untuk area penyimpanan dengan proses yang cepat. Kalau yang disebut RAM itu adalah chip memory yang dipasang pada motherboard,jika RAM tersebut semakin besar kapasitasnya,maka semakin maksimal kinerjanya. Cache memory adalah suatu tempat yang disediakan untuk menyimpan sementara data diantara secondary memory dan RAM. Read-Only Memory atau biasa disebut ROM adalah chip penyimpanan sementara yang permanen dalam sebuah motherboard.

Kalau ada primary memory pasti juga ada secondary memory,ciri-ciri secondary memory itu lebih besar kapasitasnya dan lebih murah dari primary memory,tetapi dalam pentransferan data lebih lambat dari primary memory.

Data masuk lalu diproses oleh Control Unit ALU dan Register,setelah itu disimpan di primer storage dan sekunder storage, lalu dikembalikan ke Register dan data tersebut dikeluarkan,itulah proses data yang masuk dalam processor dan dikeluarkan oleh processor.

Sedangkan untuk komponen komponen dari sebuah PC adalah Processor, Memory,Adapter cards (Sound card, Modem card, Video card, Network card) Ports, Drive bays, Power supply.

Input device dan output device,hmhm apa ya itu?? Perangkat masuk dan perangkat keluar?? Ya bisalah dibilang begitu,pengertian tersebut adalah intinya saja, bisa dijabarkan lagi menjadi data/instruksi yang masuk melalui sebuah software kedalam memori komputer, dan sebuah data yang telah diolah menjadi informasi bagi pengguna.

Adapter card terdiri dari sound card yang mengendalikan processing suara, modem card yang mengatur jaringan internet, video card bagian processing grafis video, network card yang menyambungkan komputer pada jaringan. Ports merupakan tempat untuk menyambungkan perangkat lain ke CPU, contohnya yaitu mouse, printer, keyboard,dll. Power supply adalah tempat sumber daya bagi CPU didapat. Drive Bays merupakan tempat untuk menambah hardware kedalam CPU. Processor terdapat di motherboard bersama dengan adapter card dan memory chips. Processor sendiri terdiri dari beberapa komponen yaitu, control unit, arithmetic-logic unit (ALU), registers, primary storage. Control unit berfungsi memproses instruksi, mengeksekusi instruksi, mengatur aliran data dan data processing. ALU berfungsi untuk mengerjakan komputasi data dan membandingkan data hasil dari control unit. Register berfungsi mengingat data dan instruksi. Register memiliki kecepatan yang tinggi. Proses kerja register yaitu menyimpan instruksi sementara saat di proses, menyimpan data secara sementara sebelum proses, menyimpan data yang diproses ALU, dan menyimpan hasil kalkulasi.

Memori utama adalah komponen elektrik yang menyimpan instruksi, data dan hasil. Terdiri dari 1 atau lebih chips dalam motherboard atau papan sirkuit. Setiap byte dalam memori disimpan di lokasi yang disebut address. Memori terdiri dari primary dan secondary storage. Primary storage menyimpan informasi yang dikerjakan, aplikasi yang dijalankan, dan operation system dari komputer. Menambah kapasitas primary storage bisa meningkatkan performa. Primary storage memiliki beberapa jenis yaitu registe : cepat dan kapasitas terbatas, Random Access Memory (RAM) : penyimpanan instruksi dan data umum, cache memory : penyimpanan antara secondary storage dan RAM ; ukuran kecil hanya beberapa MB. Read-only Memory (ROM) : penyimpanan instruksi permanen yang diperlukan komputer (BIOS). Secondary storage memiliki kapasitas yang besar, lebih lambat, lebih murah, tanpa listrik data tidak hilang, dan berupa optical atau magnetic storage. ROM yang sering digunakan yaitu EEPROM, ROM berisi code programmer yang bisa dihapus secara elektrik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php