jordy17

BISNIS DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Posted: September 10th 2012
  • LATAR BELAKANG

Lingkungan bisnis saat ini ditandai dengan:  Perubahan yang cepat, Kompleksitas, Ekonomi global, Hiper-kompetisi, Pelanggan Fokus,
karena bisnis dituntut menghadapi tekanan untuk menghasilkan lebih banyak dengan sumber daya yang lebih sedikit. Kenapa IT itu penting karena apa yang bisa dilakukan dengan IT dan konsekuensi penggunaan TI sangat menarik.  Struktur organisasi, manajemen, dan proses bisnis sering berubah dengan IT,  Peluang karir yang melimpah di IT,  pengaruh setiap area bisnis fungsional dengan IT.

Pada zaman sekarang di mana semua TEKNOLOGI INFORMASI itu sangat di butuhkan dan sangat meningkat drastis untuk di pakai di keperluan BISNIS dan PERKANTORAN agar dimana SISTEM INFORMASI yang di butuh kan oleh setiap PERKANTORAN dan BISNIS itu bisa mendapatkan INFORMASI yang tepat dan maximal yang di butuhkan oleh semua PERKANTORAN dan BISNIS. Dan pada zaman sekarang pula kebanyakan orang sudah banyak yang suka dengan BISNIS dimana pendapatannya yang lumayan banyak karna penghasilannya yang relatif terjamin.

  • Karakteristik dari bisnis sendiri yaitu :
  1. Rapid change : Sekarang bisnis berkembang dan berubah dengan cepat mengikuti perkembangan zaman yang ada. Jadi pelaku bisnis harus terus menyesuaikan diri sesuai dengan perkembangan yang ada agar bisnis tetap berjalan sesuai harapan.
  2. mplexity : Bisnis itu sangat kompleks karena untuk menciptakan bisnis, harus ada saling interaksi dan berhubungan satu sama    lain, dan kadang hubungan dan interaksi yang terjadi tersebut bisa menjadi rumit.
  3. Global economy : Sekarang kita semua sedang dalam era ekonomi global dunia. banyak produk-produk luar negeri yang dengan bebasnya masuk ke dalam negeri. hal tersebut tentunya dapat membuat produsen dalam negeri merasa terancam keberadaannya. Konsumen tentunya akan memilih produk yang terbaik, entah itu berasal dari luar negeri atau dalam negeri. Oleh karena itu, persaingan yang terjadi di lingkup bisnis benar-benar sangat sulit dan mengerikan.
  4. Hyper-competition : Kompetisi bisnis yang meningkat, menuntut para pelaku bisnis untuk terus melakukan inovasi dan berfikir kreatif untuk menjamin keberlangsungan bisnis yang dijalankan itu sendiri. Kompetisi yang meningkat itulah dampak dari perkenomian yang sudah menglobal atau mendunia. Bertambah dan berkembangnya ide-ide baru, serta strategi cerdas dari para pelaku bisnis, menyebabkan persaingan yang terjadi menjadi sangat sulit.
  5. Customer focus : Semua bisnis yang ada sekarang haruslah berpusat pada konsumen. Konsumen harus diberikan pelayanan terbaik supaya konsumen juga merasa nyaman untuk turut menjadi bagian dalam berjalannya bisnis tersebut. Produk ataupun lisensi yang pertama menerapkan strategi modern untuk mencapai bisnis yang maksimal yang berfokus pada konsumen.

TEKANAN BISNIS: KOMPETISI GLOBAL DALAM PERDAGANGAN DAN PEKERJA, OPERASI LANGSUNG, PERUBAHAN SIKAP PEKERJA, ORIENTASI KONSUMEN, INFORMASI BERLEBIH, ISU ETNIS, OBLIGASI SOSIAL, PEMERINTAH

  • Tekanan yang menyebabkan respon perusahaan menjadi lebih proaktif dan reaktif
  • Tekanan kepada respon bisnis,salah satunya melibatkan IT dan Sistim Informasi
  • Tekanan bahwa pada kasus tertentu IT merupakan solusi satu-satunya

Perusahaan perlu dan dituntut untuk mengaplikasikan teknologi bukan hanya untuk menjaga eksistensi bisnisnya melainkan juga untuk menciptakan peluang dalam persaingan. Pemahaman mengenai peran pengembangan teknologi dan sistem informasi diperlukan untuk mengelola teknologi dan sistem informasi dalam organisasi itu sendiri.

          Lalu dalam peran IT untuk masa depan bisnis. Mungkin untuk bosnya yang selalu meeting atau membicarakan bisnis dengan mitranya, mereka hanya perlu menelpon sesama, buat janji, lalu mereka meeting dengan menggunakan “video conference” . Dengan begitu, seolah-olah mereka seperti sedang berada dalam satu ruangan, yang padahal mereka sama sekali tak beranjak dari tempatnya. Mungkin saja satu ada di Amerika, satu di Eropa, satunya di kutub Antartika. Dan bahasa yang berbeda dengan mitra bisnis sudah tidak berlaku lagi, karena terdapat penerjemah yang dapat menerjemahkan bahasa sesuai keinginan masing-masing. Ini akan memudahkan dalam komunikasi, tidak memerlukan banyak waktu untuk bertemu di suatu tempat yang letaknya jauh.
          Mungkin pula suatu saat kemampuan teknologi akan berada di atas kemampuan manusia, seperti kemampuan mengolah data (managing) dan membuat keputusan terbaik (Artificial Intelligence). Lalu tidak menutup kemungkinan akan diambil alihnya dan dipercayakan semuanya itu pada teknologi.
             Namun peran teknologi informasi seperti pedang bermata dua. Ada dua sisi, baik dan buruk. Dampak baiknya kita dapat melihat efeknya yang telah dipaparkan di atas. Tidak lepas dari sisi baik, ada pula sisi buruk. Perkembangan IT yang semakin canggih membuat atau dibuatnya kita “manja”. Lalu dalam keadaan sosial, jarangnya bertatap muka akan menyebabkan setiap individu lebih memiliki “ego”.  Dan ini yang paling dikhawatirkan akan ada ketimpangan sosial. Dan akan ada berbagai masalah yang muncul, misalnya dalam penetapan keputusan diambil alih sepenuhnya oleh suatu kecerdasan buatan. Maka dari itu semua harus kembali bagaimana kebijakan kita dalam menggunakan teknologi itu sendiri

Dari pembahasan di atas kita merucut ke suatu hal yang paling dasar, mengapa kita harus mengenal dan tahu tentang IT  ?

Pemanfaatan IT itu sangat menarik, seperti E-ticketing, E-Business membuat segalanya jadi mudah untuk dilakukan. Struktur organisasi, manajemen, proses bisnis, kadang diubah dalam bentuk IT untuk mendapatkan hasil maksimal dengan proses cepat dan pendek, orientasi ke konsumen, dan penyimpanan data yang lebih baik. pekerjaan dan karir yang terbuka di bidang IT sangatlah luas, karena IT ada di berbagai area bisnis karena mempengaruhi semua area.

Data merupakan fakta mentah yang dikumpulkan tapi belum terorganisir. Sedangkan informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah informasi. Pengetahuan adalah sebuah informasi yang terorganisir yang menghasilkan sebuah pemahaman dan kemudian menjadi literatur komputer.

Sistem merupakan komponen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan yang sama. Seperti sistem komputer yang mempunyai tujuan untuk mengeluarkan output yang berguna bagi users. Sedangkan sistem informasi adalah sistem yang mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu. sistem informasi yang ada saat ini adalah sistem informasi yang berbasis komputer.

Suatu komputer terdiri dari 3 bagian yaitu hardware, software, brainware. Hardware merupakan perangkat keras komputer yang dapat dilihat, diraba, dan dirasakan yang terdiri dari proses input-output-system unit (CPU)-storage-network. Sedangkan softwarenya adalah program, di dalam sebuah sistem operasi ada sistem aplikasi.

Suatu informasi haruslah bersifat akurat (sesuai dengan kenyataan yang ada), komplit, fleksibel (dapat menyesuaikan perkembangan zaman), konsisten, relevan, informasi pasti selalu ada saat kita membutuhkannya, bisa diverifikasi (dipertanggung jawabkan), mudah untuk diakses, dan bebas dari gangguan. Contoh dari informasi modern adalah Telepresence yang sudah diterapkan oleh beberapa perusahaan yang membuka cabang di seluruh dunia.

kesimpulan yang bisa di tarik dari penulisan saya ini adalah dimana IT itu sangat di butuhkan dalam prosesnya di dunia BISNIS maka persainga di dunia BISNIS pun tak terhindarkan lagi dari persaingan untuk menemukan ide-ide yang baru serta bisa menjadi yang terbaik di antara yang lainnya,agar konsumen bisa puas dengan fasilitas apa yang di sediakan. Agar semakin banyak pula yang tertarik untuk bercampur tangan dalam BISNIS itu, dan bisa menemukan ciri-ciri yang khas dan identik dengan BISNIS yang kita adakan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php