Johanna Nikita

Review 7 : PTI (Telekomunikasi dan Jaringan)

Posted: October 30th 2012

REVIEW 7 : Pengenalan Tehnologi Informasi (Telekomunikasi dan jaringan)

Pada pelajaran kali ini dosen kami menjelaskan tentang Telekomunikasi dan jaringan. Yang dapat saya jelaskan secara singkat yaitu :
-Komunikasi secara umum
Apa itu komunikasi computer ?
Komunikasi computer adalah suatu proses dimana dua atau lebih computer atau alat untuk mentransfer data, instruksi dan informasi. Contohnya : notebook, computer, smart phones, desktop, computer, tablet PC, set-top boxes, mainframe computer.
-Sistem telekomunikasi
a.Perangkat keras dan lunak mengirimkan informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
b.Komponen sistem Telkom meliputi : perangkat keras, media, jaringan, perangkat lunak, data komunikasi, protocol, aplikasi
-Sinyal Telkom, terdiri dari beberapa yaitu :
a.Sinyal analog, gelombang yang bersambung, informasi di darat dengan mengganti karakter gelombang (aplitudo dan frekuensi)
b.Sinyal digital, informasi di dapat dari bilangan biner, mudah dimengerti computer.
Perangkat keras (komunikasi prosesor)
Perangkat keras yang digunakan dalam transmisi data & penerimaan adalah :
Modem : perangkat yang dipakai dari analog signal ke digital, untuk menghubungkan ke sistem telepon.
Multiplex : perangkat yang mentransmisikan beberapa sinyal melalui media tunggal.
Front end processor : computer khusus, di dedikasikan untuk mengelola tugas –tugas kompunikasi
-Kabel berbasis saluran komunikasi
A.2 kabel pair (kabel telepon), keuntungannya murah dan mudah di pakai, kekurangannya lambat dan keamanan rendah.
B.Kabel koaksial, keuntungannya menyimpan data lebih banyak, terlindung dari gangguan, kekurangannya lebih mahal, tingkat keamanannya rendah.
C.Kabel fiber-optik, mentransmisi informasi sebagai cahaya gelombang dan fiberglass, cepat, berkapasitas tinggi, dan bekerja dengan baik.
D.Geombang mikro, kapasitas besar, relatif murah, membutuhkan garis menara transmisi, kelemahannya mudah mengganggu lingkungan.
E.Satelit, kapasitas tinggi, area yang besar, mahal, memerlukan eunkripsi untuk keamanan
F.Radio, hanya bisa untuk komunikasi dalam jarak dekat, harga murah, mudah di gunakan, kecepatan tinggi, tidak aman
G.Radio seluler
H.Inframerah
-Pengertian media komunikasi
-Kecepatan trasmisi, bandwith : rentang frekuensi yang tersedia di dalam saluran.
-Lebarnya kapasitas channel
– Mode transmisi, karakter per karakter
lingkungan jaringan itu terbagi menjadi 2 yaitu
-Lan adalah Local Area Network
-WAN adalah Wide Area Network.
-LAN itu memiliki cangkupan yang kecil dan biasa digunakan untuk jaringan didalam gedung, terdapat berbagai topologi yang dapat digunakan dan memiliki Gateway sebagai penghubung ke jaringan.
-WAN memiliki cangkupan yang luas contoh internet, WAN juga terbagi menjadi dua, yaitu Value-added networks (VAN). VAN bersifat privat, dan data hanya dapat di akses oleh pelanggan. Jenis WAN yang lain adalah Virtual private network (VPN). VPN bersifat jenis gateway yang aman bagi perusahaan sistem dan internet.
-Fungsi dari Network Communication Software adalah unuk memeriksa kesalahan yang mungkin terjadi, mem-format pesan, memelihara komunikasi harian, menjada keamanan dataa dan privasi, selain itu menyediakan penerjemahan pesan. Komponen dari Network Communication Software adalah NOS (Network Operating System), NMS (Network Management System), dan Protocol. NOS berfungsi untuk memungkinkan alat dalam jaringan untuk berkomunikasi, kemudian NMS berfungsi untuk mempermudah penggunak dalam mengelola tugasnya, dan protocol berfungsi untuk mengatur jalur kerja dari jaringan. Tipe-tipe dari protocol adalah Ethernet, protocol jenis ini merupkan protocol jenis biasa. Tipe protocol yang kedua yaitu TPC/IP, protocol jenis ini biasanya mnegirimkan file-file yang besar dengan teliti ke beberapa sistem yang berbeda. Protokol jenis ini juga merupakan protocol standar dari internet.
-Penggunaan jaringan dalam telekomunikasi banyak disebut Client processing dan peer-to-peer processing. Client processing adalah adanya server yang melayani permintaan dari pelanggan atau dapat dikatakan bahwa pelanggan tidak dapat mengakses data tanpa melaui server sedangkan peer-to-peer processing mampu untuk menyederhanakan bentuk dari server, juga mudah untuk di stel dan mudah dalam pemeliharaannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php