Johanna Nikita

REVIEW 4 : PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI 4

Posted: September 28th 2012

REVIEW 4 : PERANGKAT LUNAK KOMPUTER

Pada minggu ke 4 ini akan membahas tentang Perangkat Lunak Komputer (SOFTWARE) semoga ringkasan ini bisa sedikit membantu.

  1. Krisis Software

Aplikasi perangkat lunak komputer  tidak dapat berkembang cukup cepat untuk :

–          Kebutuhan lingkungan bisnis yang dinamis

–          Mengimbangi dengan cepat perkembangan perangkat keras (Hardware)

–          Di samping perkembangan informasi, software juga harus di rawat (80%usaha dari org IT adalah maintenance)

–          Semakin kompleks software tersebut, semakin banyak pula error yang terjadi

–          Testing dan debugging sangat diperlukan untuk memastikan software tersebut, namun selain  biayanya yang mahal, melakukan hal itu juga dapat menyita waktu.

2. Software Fundamental

Beberapa dasarnya yaitu :

–          Program computer : kumpulan-kumpulan instruksi untuk computer.

–          Program yang tersimpan : instruksi yang sudah tersimpan di dalam CPU

–          Proggraming : proses membuat, menulis sebuah program

–          Sistem software : Membuat computer berfungsi (operational system)

–          Software aplikasi : software-software khusus untuk istruksi spesifik dari pengguna (user)

3. Sistem software

Sistem software yaitu :

–          Mengendalikan dan mendukung setiap aktifitas yang dilakukan computer

–          Mendukung sumber sebuah aplikasi

–          Memfasilitasi pengembangan program

–          Sifatnya independen

Ada 2 bagian atau fungsinya yaitu :

–          Mengendalikan semua sumber daya sistem (software, hardware, dll)

–         Mendukung kemampuan khusus dalam sistem operasi

4.Sistem control program

Fungsi utamanya yaitu :

–          Mengawasi atau mengendalikan operasi di dalam computer

–          Mengatur waktu yang tepat bagi CPU dan juga Memory

–          Melakukan penerjemahan

5. Operasi sistem servis

  • Proses manajemen:  mengelola progra berjalan pada computer/prosesor

–          Multitasking atau Multiprogramming : mengelola dua atau lebih tugas dan program, yang berjalan pada sistem komputer pada saat yang sama.

–          Multithreading : termasuk sejenis dengan multitasking, menjalankan dua atau lebih tugas dari aplikasi yang sama secara bersamaan.

–          Timesharing : banyak pengguna berbagi CPU yang sama, masing-masing menggunakan terminal input / output yang berbeda

–          Multiprocessing : pengolahan simultan dengan beberapa CPU

  • Virtual memory : memory yang tidak nyata, lebih dari kapasitas yang sebenarnya.
  • Layanan file managemen : mengatur file-file sekunder dan menyimpoan dalam hardisk
  • Fault tolerance : layanan operasi yang menyebabkan hasil yang salah atau benar, akan terus beroperasi walaupun sedang error
  • User interface : memungkinkan user untuk mengendalikan objek-objek tertentu, menghapus sebuah file
  • 6.Tipe dari operasi sistem

–          Produk dari Microsoft : MS-DOS, Windows 95, windows NT, windows 98, windows 2000, windows NE, Windows XP

–          Produk lainnya : UNIX, Linux, Java Operating System (JavaOS), IBM O/S 2, Mancitosh operating system

–          Departemen operasi sistem : mendukung ratusan pengguna. Contohnya : UNIX,Linux,Windows 2000,Windows XP, Novel NetWare

–          Enterprise operasi sistem : mendukung ribuan pengguna, jutaan transaksi perhari. Contohnya : IBM’s OS/390, IBM’s VM (Virtual Machine), IBM’s VSE (Virtual Storage Extended), and IBM’s OS/400

7. Sistem pendukung program

Mendukung operasi managemen dan pengguna dari sistem computer. Contohnya : sistem untiliti, mengecek dan menata, melakukan performance monitor, penjagaan

8. Aplikasi software

–          Software buatan mengerjakan sebuah aktifitas secara spesifik dibagi menjadi 2 :

–          Proprietary application software : mengerjakan tugas/kebutuhan yang spesifik untuk sebuah pekerjaan (pesanan) contoh : penjual toko

–          Off-the-shelf application software : merupakan aplikasi yang di jual bebas, umum dan  bisa di dapatkan dimana-mana

9. Masalah pada software

  • Evaluasi dan Seleksi software

–          Seleksi faktor

–          Ukuran dan lokasi basis pengguna

–          Sistem administrasi alat

–          biaya awal dan akhir yang di keluarkan

–          Adanya lingkungan komputas

–          keterampilan teknis

  • Lisensi pada software

–          Jika membeli software, harus beli yang asli bukan yang bajakan  (copyright)

  • Upgrade software

–          Kemungkinan software dapat diperbaharui

–          Resiko bahwa software error

–          Masalah upgrade pada organisasi-organisasi yang besar

  • Open sistem

–          Alternative untun yang tidak ingin mengelluarkan uang (gratis)

10. Bahasa Pemrograman

Di hasilkan dengan instruksi-instruksi pemrograman

–          Bisa memprogram (pokok)

–          Bisa bahasa pemrograman (menguasai, menterjemahkan)

  • Bahasa pemrograman

–          Bahasa mesin (0,1) bilangan biner

–          Bahasa Assembly (Rakitan) sudah lumayan baik karena dapat dimengerti manusia, namun lebih dekat kebahasa mesin

–          Bahasa proseduran, lebih dimengerti manusi dan kodenya pendek

–          Bahasa non proseduran, sudah berbasis visual dan bahasa manusia

–          Bahasa Intelejen, semakin baik tapi masih dalam tahap perkembagan.

11. Pemrograman bahasaAlpha

  • Visual Pemrograman Bahasa
    Digunakan dalam lingkungan grafis
    Contoh: Visual Basic dan Visual C + +
    Populer untuk pengguna non teknis
  • Hypertext Markup Language (HTML)
    standar bahasa yang digunakan dalam World Wide Web
    berisi teks, gambar, dan jenis-jenis informasi seperti file data, audio, video, dan program komputer dieksekusi
  • Extensible Markup Language (XML)
    Peningkatan pada fungsi dokumen web
  • Komponen-ware
    Software komponen yang dapat dirakit oleh pengembang yang diperlukan
    “Plug and Play” pengembangan perangkat lunak
  • Virtual Reality Modeling Language (VRML)
    format file untuk menggambarkan tiga dimensi dunia interaktif dan benda-benda
    dapat digunakan dengan World Wide Web
  • Object-Oriented Programming Languages (OOP)
    berdasarkan pada objek – Data kemasan dan instruksi tentang apa yang harus dilakukan dengan data bersama-sama
    Contoh: Java, C + +
    Unified Modeling Language (UML) – alat untuk pemodelan sistem berorientasi objek
  • 12.Enterprise software
  • Masalah yang dihadapi dalam organisasi …
    – Tekanan kompetitif memerlukan perubahan dalam prosedur organisasi, namun
    semua berbeda jenis kompleksitas perangkat lunak dan perangkat keras dalam menyebabkan begitu banyak digunakan bahwa perubahan sulit
    solusi pilihan
  • Pilihan software
    Software dengan modul fungsional terpadu (yaitu, sumber daya manusia, operasi, pemasaran, keuangan, akuntansi, dll)
    Penggunaan middleware untuk menghubungkan aplikasi yang berbeda
    Perusahaan perangkat lunak yang mengelola semua operasi organisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php