Joanna Cristy Patty

pertemuan ke 10 : E-Commerce ( EC) Sejarah Dan Lingkup

Posted: November 20th 2012

E-Commerce ( EC) Sejarah Dan Lingkup :
hay sahabat bloggers , kini saya aka menuliskan tentang E-Commece tentang sejarah dan Lingkupnya. Ayo kita lihat bersama-sama yah 😀
E-commers berdiri sejak awal tahun 1970 sebelum internet muncul, bisnis besar yang pada awalnya perpindahan dana elektronik dan pertukaran dana elektronik. Untuk saat ini e-commers berupa iklan, perbankkan rumah, membeli bursa, pelaksanaan suatu lelang dan menyediakan layanan pelanggan. E-C diginakan untuk proses membeli, menjual, atau menukarkan produk barang, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer. E-C menggambarkan dari perspektif : komunikasi, proses bisnis, jasa/layanan online, kerjasama antar masyarakat.
E-commers yang tradisional diantaranya : Old-Economy Organisasi ( Korporasi), semua bisnis off-line, Jual produk phisik atas pertolongan agen phisik. E-commers yang menggunakan digital yaitu suatu organisasi yang menggunakan jasa online, dan yang menjual produk secara online.E-commers dmana gabungan dari digital dan pisik dimensi yaitu Click-And-Mortar Organisasi, melakukan EC aktivitas dan melakukan bisnis utama dimana mereka di dalam dunia phisik.
E-Business adalah suatu definisi EC yang lebih luas yang meliputi tidak hanya pembelian dan penjualan barang-barang dan jasa, tetapi juga Servis pelanggan, bekerja sama dengan mitra bisnis, pelaksanaan transaksi elektronik di dalam suatu organisasi murni melawan EC Parsial yang didasarkan pada derajat tingkat digitisasi produk, proses, agen penyerahan.
Bentuk dari E-commers yaitu : Business-to-business EC (B2B), Collaborative commerce (c-commerce), Business-to-consumer EC (B2C), Consumer-to-businesses (C2B), Consumer-to-consumer (C2C), Intrabusiness (intraorganizational) commerce, Government-to-citizens (G2C) and others, Mobile commerce (m-commerce). Pasar elektronik yaitu pasar yang memudahkan pertukaran barang, informasi, jasa, dan pembayaran. Juga pasar yang menciptakan nilai ekonomi bagi para penjual, pembeli, perantara pasar dan masyarakat bebas. Kebutuhan perdagangan elektronik infrastrukturnya adalah hardware, software, dan jaringan yang diperlukan untuk melakukan transaksi, komunikasi dalam bekerja sama.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php