Jeflanca Renata Hutauruk

Managing Data and Information

Posted: October 10th 2012

Dasar dari penyusunan dan akses data adalah hirarki data yang bisa dijelaskan sebagai berikut : basis data mengandung file , file mangandung records, records mengandung fields, fields mengandung characters.
Fields merupakan kombinasi dari satu atau lebih karakter dan sekaligus merupakan unit terkecil dari data yang diakses pengguna.
Data terdiri dari berbagai tipe yaitu text, numeric, autonumber, currency, date, menu, yes/no, hyperlink, dan object.
Traditional file environment memiliki enam permasalahan yaitu data redundancy ( data yang sama ditemukan di berbagai tempat yang sama ), data inconsistency ( salinan berbagai data tidak lagi sama ), data integrity ( data harus tepat dan benar ), security ( sulit membatasi akses ke berbagai data pada berbagai aplikasi ), data isolation ( data pada file data dari beberapa aplikasi sulit diakses dan diintegrasikan ), application / data dependence ( aplikasi dekembangakan berdasarkan bagaimana data disimpan )
DBMS melindungi pengguna dari keharusan untuk mengetahui physical location dari data , user hanya cukup mengetahui bagaimana data di organisasikan secara logika. DBMS memiliki empat komponen, yang pertama data model , data definition language, data manipulation language, dan data dictionary.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php