kuliah

Wireless and Mobile commerce

Posted: December 3rd 2012

Teknologi Wireless 

Perangkat nirkabel  yang cukup kecil untuk dibawa atau dipakai dengan mudah, memiliki daya komputasi yang cukup untuk melakukan tugas-tugas produktif dan dapat berkomunikasi secara nirkabel dengan internet dan perangkat lain.
yang melingkupi PDA, telepon selular, ponsel pintar, WAP, Microbrowsers dan pager.

Media Teransmisi Wireless

– Sistem transmisi microwave: pemancar dan penerima harus dalam satu garis pandang  ( line-of-sight) dan transmisi itu sendiri harus langsung (tanpa perantara/pantulan) diarahkan dari pemancar ke penerima.

– Sistem transmisi satelit : menggunakan satelit komunikasi yang dibagi menjadi tiga jenis satelit yang berbeda yaitu Geostasioner (GEO), Medium-earth-orbit (MEO) dan Low-earth-orbit (LEO).

Mengakses  Jaringan Komputer dan Internet  Wireless

– Radio : Menggunakan frekuensi gelombang radio untuk mengirim data secara langsung antara pemancar dan penerima.

– Bluetooth:  digunakan untuk membuat Personal area network (PAN) kecil yang dapat menghubungkan hingga 8 perangkat dalam area 10 meter dengan menggunakan komunikasi daya rendah, berbasis radio dan dapat mengirimkan hingga 1 Mbps.

– Zigbee:  mengirim data dengan tingkat  data dan konsumsi daya yang  rendah dan memindahkan data hanya seperempat kecepatan Bluetooth namun  dapat menangani ratusan perangkat sekaligus.

Permasalahan pada Wi-FI

– Roaming: pengguna tidak dapat menjelajah dari hotspot  satu ke hotspot lainnya jika hotspot tersebut menggunakan layanan jaringan Wi-Fi yang berbeda.

– Keamanan:  Wi-Fi menggunakan gelombang radio, jadi sulit untuk melindunginya.

Mobile Computing and Mobile Commerce

Komputasi Mobile mengacu pada real-time, koneksi nirkabel antara perangkat mobile dan lingkungan komputasi lain, seperti internet atau intranet dan memiliki 2 karakteristik utama yang membedakannya dari bentuk-bentuk lain pada komputasi.

– Mobilitas – pengguna membawa perangkat mobile dan dapat memulai kontak real-time dengan sistem lain dari mana pun mereka berada.

– Jangkauan luas – pengguna dapat dicapai langsung ketika mereka membawa perangkat mobile terbuka.

Mobilitas dan Jangkauan yang luas menciptakan lima nilai atribut yang memecahkan hambatan geografi dan waktu yaitu Ubiquity, kenyamanan, Konektivitas instan, personalisasi,Lokalisasi produk dan jasa.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php