kuliah

Telecommunications and Networks

Posted: November 3rd 2012

Telekomunikasi adalah Proses di mana dua atau lebih komputer atau perangkat transfer data, instruksi, dan informasi. Komponen dari sistem telekomunikasi adalah  hardware, media, networks, software, data communication providers, protocols, applications. Signal telekomunikasi dibagi menjadi 2 yaitu Signal analog (Glombang continue dan informasi disampaikan dengan karakteristik perubahan gelombang) dan Signal digital (dipisah oleh pulsa, Informasi yang disampaikan dalam bentuk biner (pulsa on atau off ), dan mudah dipahami oleh komputer).

.

Jenis-jenis media komunikasi yang digunakan dalam sistem Telekomunikasi adalah

  • Twisted-pair wire: Murah dan mudah untuk bekerja, lambat, mudah terganggu dan keamanannya rendah.
  • Coaxial cable: Membawa lebih banyak data, terlindung dari gangguan, lebih mahal dari twisted-pair wire, lebih sulit untuk bekerja dan keamanannya rendah.
  • Fiber-optic cable: Mengirimkan informasi sebagai gelombang cahaya melalui serat gelas, cepat, kapasitas tinggi, aman, tidak mudah terganggu dan sulit untuk bekerja.
  • Microwave: Kapasitas tinggi, relatif murah dari pada kabel, membutuhkan garis pandang menara yang transmisi, mudah terganggu oleh lingkungan.
  • Satellite: Sangat tinggi kapasitasnya, cakupan area yang luas, sangat mahal, propagasi delay dan memerlukan enkripsi untuk keamanan.
  • Radio : Cocok untuk komunikasi jarak pendek, murah, mudah untuk diinstal; kecepatan tinggi, Interferensi masalah dan tidak aman.
  • Cellular radio technology
  • Infrared

Network atau jaringan adalah alat komunikasi, media, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem computer. Jenis-jenis jaringan dibagi menjadi Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN). Contoh dari LAN adalah hubungan komputer atau perangkat lainnya yang ada di dalam kampus, contoh dari LAN adalah hubungan antar komputer yang ada diseluruh dunia(internet).


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php