kuliah

Teknologi Informasi Dalam Organisasi Modern

Posted: September 20th 2012

Ketika berbicara tentang teknologi informasi dalam organisasi modern, kita juga akan berbicara tentang bagaimana penggunaan teknologi informasi dalam sebuah organisasi modern. Teknologi informasi memiliki 2 informasi dalam sebuah organisasi yaitu informasi infrastruktur dan informasi arsitektur.

Informasi Infrastruktur yaitu fasilitas fisik, jasa, dan manajemen yang mendukung semua sumber daya komputasi di sebuah organisasi. Infrastruktur tersebut terdiri dari perangkat keras komputer (hardware), perangkat lunak (software), jaringan, database dan informasi personal  menajemen. Fungsi infrastruktur ini adalah untuk mengintegrasi, mengoperasi, mendokumentasi, memeliharaan, dan mengelola sumber daya komputasi. Sedangkan informasi  arsitektur yaitu bagaimana perusahaan mendapat informasi untuk memenuhi kebutuhan strategi bisnis sebuah oraganisasi dengan memaksimalkan informasi infrastuktur yang ada.

Sistem informasi

Menurut turban dan rainer, sistem informasi adalah Sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menganalisis data dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu.

Macam-macam sistem informasi :

  • Transaction Processing System: sistem ini mendukung, melakukan, mengotomatisasi kegiatan bisnis rutin untuk mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan data transaksi bisnis dasar bagi banyak sistem lain.
  • Management Information System: sistem ini mendukung pengambilan keputusan dan rutin mengakses, mengatur, meringkas, dan menampilkan informasi. Juga, menjawab pertanyaan dan perkiraan tren saat ini.
  • Office Automation System:  sistem  pengolah kata yang dikembangkan untuk mendukung kinerja administrasi.

 

  • Decision Support Systems :  mendukung pengambilan keputusan yang kompleks dan sifatnya tidak rutin, sistem ini memiliki:
  1. Excecutive Information Systems memiliki dukungan pengambilan keputusan dalam higher level manager.
  2. Group Support Systems  untuk mendukung orang-orang yang bekerja dalam kelompok atau bekerja kelompok.
  • Intelligent Support System (ISSs):  merupakan sistem pakar yang memberikan pengetahuan yang tersimpan dari para ahli untuk digunakan oleh orang-orang yang non-ahli dalam bidang tertentu.
  • End- user computing : Penggunaan atau pengembangan sistem informasi oleh pengguna utama dari output suatu sistem  seperti analis, manajer, dan profesional lainnya.
  • Knowledge Management Systems : sistem yang mendukung, menciptakan, mengumpulkan, mengintegrasikan, dan menyebarkan pengetahuan dari organisasi.
  • Data Warehousing: database yang dirancang untuk mendukung DSS, ESS dan kegiatan analitis dan pengguna akhir lainnya.
  • Mobile computing: Sistem informasi yang mendukung karyawan yang bekerja dengan pelanggan atau mitra bisnis di luar batas-batas fisik perusahaan mereka, dapat dilakukan melalui jalur kabel atau jaringan nirkabel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php