kuliah

BISNIS DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Posted: September 13th 2012

Karakteristik bisnis saat ini selalu berubah-ubah dengan  cepat, jangkauannya mencakup banyak negara  (bisnis global), persaingan yang ketat  dengan kompleksitas yang tinggi dan fokus kepada konsumen. Karakteristik-karakteristik ini  dapat menciptakan tekanan dalam sebuah lingkungan bisnis.

Tekanan-tekanan bisnis  bisa dalam bentuk:

  1. Kompetisi global dalam perdagangan dan tenaga kerja.
  2. Real time operasi  dalam penerbangan, penyiaran, telekomunikasi, angkatan udara, angkatan laut dan lain lain.
  3. Mengubah tenaga kerja menjadi lebih mobile dari sebelumnya.
  4. Pandangan konsumen.
  5. Overload informasi
  6. Etika
  7. Kebijakan dan undang-undang pemerintah.
  8. Kewajiban sosial

Tekanan-tekanan tersebut menimbulkan sikap proaktif dan reaktif , sikap bisnis terhadap sebuah tekanan mungkin akan melibatkan penggunaan teknologi informasi dan sistem informasi. Dalam beberapa kasus, IT adalah satu-satunya solusi untuk menghadapi tekanan tersebut. Oleh karena itu pemahaman tentang kemampuan IT sangatlah penting untuk para pebisnis saat ini.

Mengapa harus paham tentang IT ?

Peluang karir begitu melimpah di IT,  Apa yang bisa dilakukan dengan IT dan konsekuensi penggunaan IT sangatlah menarik. Pemahaman tentang IT dapat membantu mempersingkat proses kerja, penijaun untuk menentukan sikap yang tepat terhadap konsumen serta penyimpanan dan pengelolaan  Informasi yang jauh lebih baik. Struktur organisasi, manajemen, dan proses bisnis sering berubah dengan sesuai dengan perubahan IT.  IT mempengaruhi setiap fungsional sebuah area bisnis.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php