Ivonne Lidya Hendrayani

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Posted: November 26th 2012

7.1  Wireless Technologies

  • Perangkat nirkabel cukup kecil untuk dengan mudah membawa atau memakai, memiliki daya komputasi yang cukup untuk melakukan tugas-tugas produktif dan dapat berkomunikasi secara nirkabel dengan internet dan perangkat lain.

v  Sertakan PDA, telepon selular, ponsel pintar.

v  Wireless Application Protocol (WAP) merupakan standar yang memungkinkan perangkat nirkabel dengan layar tampilan kecil, koneksi bandwidth rendah dan memori minimal untuk mengakses web-based informasi dan layanan.

  • Microbrowsers adalah internet browser dengan ukuran file kecil yang dapat bekerja dalam low-memory kendala perangkat nirkabel dan bandwidth yang rendah dari jaringan nirkabel.
  • Pager adalah satu arah, nirkabel sistem pesan, ia mengingatkan pengguna ketika menerima pesan masuk.
  1. Wireless Transmisi Media
  • Sistem transmisi microwave banyak digunakan untuk volume tinggi, komunikasi jarak jauh, point-to-point.

v  Point-to-point memiliki dua karakteristik: pertama, pemancar dan penerima harus dalam pandangan satu sama lain (disebut line-of-sight), dan kedua, transmisi itu sendiri harus ketat diarahkan dari pemancar ke penerima

  • Sistem transmisi satelit menggunakan satelit komunikasi, tiga jenis satelit, masing-masing dalam orbit yang berbeda:

v  Geostasioner earth orbit (GEO).

v  Medium-earth-orbit (MEO).

v  Low-earth-orbit (LEO).

  • Footprint adalah luas permukaan bumi dicapai oleh transmisi satelit – mengatasi keterbatasan stasiun relay microwave data.
  • Transmisi Broadcast memungkinkan satelit untuk mengirim sinyal ke penerima banyak pada satu waktu.
  • Delay propagasi adalah jeda singkat dalam transmisi dari satelit GEO yang membuat dua arah percakapan telepon yang sulit.
  1. Jenis Orbit
  • Geostasioner earth  orbit (GEO) mengorbit 22.300 mil tepat di atas khatulistiwa dan mempertahankan posisi tetap, baik untuk sinyal TV.
  • Medium earth orbit (MEO) yang terletak 6.000 kilometer di atas permukaan bumi dan bergerak, digunakan untuk GPS dan lebih murah.
  • Low earth orbit (LEO) adalah 400 sampai 700 mil di atas permukaan dan bergerak lebih cepat sehingga mereka memerlukan banyak memiliki cakupan yang memadai, penggunaan untuk telepon.

 

 

  1. Global Positioning Sistem
  • GPS adalah sistem nirkabel yang menggunakan satelit untuk memungkinkan pengguna untuk menentukan posisi mereka di mana saja di bumi, didukung oleh 24 satelit bersama di seluruh dunia.
  1. Internet melalui satelit (IOS)
  • IOS memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet melalui satelit GEO dari hidangan dipasang pada sisi rumah mereka.

v  Hanya tersedia di beberapa daerah pilihan.

v  Dapat mengalami keterlambatan propagasi atau terganggu oleh kondisi lingkungan.

  1. Radio
  • Transmisi radio menggunakan gelombang radio frekuensi untuk mengirim data secara langsung antara pemancar dan penerima.
  • Satellite Radio (radio digital) menawarkan terganggu, dekat CD musik berkualitas yang dikirim ke radio dari ruang angkasa. (XM radio satelit menggunakan GEO, Sirius menggunakan MEO).
  • Cahaya inframerah adalah lampu merah yang tidak biasa terlihat mata manusia, penggunaan umum dalam unit remote control untuk TV, VCR, DVD, CD player.

7.2  Jaringan Komputer Wireless dan Akses Internet

  • Standar IEEE untuk jaringan komputer nirkabel meliputi:
    IEEE 802.15 (Bluetooth) untuk nirkabel jaringan wilayah pribadi (PANS) dan 802.15.4 (Zigbee).
  • IEEE 802.11 (Wi-Fi) untuk jaringan area lokal nirkabel (WLAN).
  • IEEE 802.16 (Wi-Max) untuk area jaringan nirkabel metropolitan (WMANs).
  • IEEE 802,20 (diusulkan) untuk nirkabel wide area network (WWAN).
  1. Bluetooth
  • Bluetooth digunakan untuk membuat PANS kecil:

v  dapat menghubungkan hingga 8 perangkat dalam area 10 meter;

v  menggunakan komunikasi daya rendah, radio berbasis;

v  dapat mengirimkan hingga 1 Mbps.

  • Jaringan area pribadi (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer (misalnya, telepon, PDA, ponsel pintar) dekat satu orang.
  1. Zigbee
  • Zigbee menargetkan aplikasi yang membutuhkan tingkat penularan data rendah dan konsumsi daya rendah:

v  memindahkan data hanya seperempat secepat Bluetooth;

v  dapat menangani ratusan perangkat sekaligus;

v  aplikasi yang paling menjanjikan adalah pembacaan meter.

  • Fokus saat ini adalah untuk menghubungkan sensor nirkabel yang tertanam dalam kontrol industri, peralatan medis, alarm asap dan penyusup dan bangunan dan rumah robot.
  1. Wireless Local Area Network (WLAN)
  • WLAN memerlukan pemancar dengan antena, yang disebut titik akses nirkabel, yang menghubungkan ke LAN kabel atau piring satelit yang menyediakan koneksi internet.

v  Wireless network interface card (NIC) yang diperlukan untuk berkomunikasi secara nirkabel dan memiliki radio built-in dan antena.

v  Hotspot titik akses nirkabel yang menyediakan layanan ke sejumlah pengguna dalam perimeter geografis yang kecil (hingga seratus meter beberapa).

  • IEEE standar untuk WLAN adalah keluarga 802.11, yang dikenal sebagai Wi-Fi, Wireless Fidelity.

v  802.11a dapat mengirimkan hingga 54 Mbps dalam jarak 30 meter, 802.11b dapat mengirimkan hingga 11 Mbps dalam 30-50 meter, 802.11g – 54 Mbps, 50 meter.

v  Manfaat adalah biaya rendah dan akses internet yang sederhana.

  1. Masalah dengan Wi-Fi
  • Roaming – pengguna tidak dapat menjelajah dari hotspot ke hotspot jika hotspot menggunakan berbeda Wi-Fi layanan jaringan.
  • Keamanan – karena Wi-Fi menggunakan gelombang radio, sulit untuk melindungi.
  • Biaya – komersial Wi-Fi layanan biaya rendah tetapi tidak gratis dan layanan masing-masing memiliki biaya sendiri dan rekening terpisah bagi pengguna untuk logon.
  1. WiMax
  • Worldwide Interoperability for Microwave Access, dikenal sebagai WiMax, adalah nama untuk standar IEEE 802.16.

v  Akses nirkabel jarak hingga 31 mil;

v  Kecepatan transfer data 75 Mbps;\

v  Aman sistem yang menawarkan suara dan video.

7.3  Mobile Computing dan Mobile Commerce

  1. Handphone komputasi mengacu pada real-time, koneksi nirkabel antara perangkat mobile dan lingkungan komputasi lain, seperti internet atau intranet dan memiliki 2 karakteristik utama yang membedakannya dari bentuk-bentuk lain dari komputasi.
    1 Mobilitas – pengguna membawa perangkat mobile dan dapat memulai kontak real-time dengan sistem lain dari mana pun mereka berada.
    2 jangkauan luas – pengguna dapat dicapai langsung ketika mereka membawa perangkat mobile terbuka.
  2. 2 karakteristik, mobilitas dan jangkauan yang luas, menciptakan lima nilai tambah atribut yang memecahkan hambatan geografi dan waktu:
  • Ubiquity;
  • Kenyamanan;
  • Konektivitas instan;
  • Personalisasi;
  • Lokalisasi produk dan jasa.
  1. Mobile Commerce
  • M-commerce mengacu pada e-commerce (EC) transaksi yang dilakukan dalam lingkungan nirkabel terutama melalui internet.
  • Pengembangan m-commerce adalah didorong oleh faktor-faktor berikut:

v  Meluasnya ketersediaan perangkat mobile.

v  Tidak perlu untuk PC.

v  The “Cell hone culture”.

v  Penurunan harga.

v  Peningkatan Bandwidth.

v  Aplikasi Mobile Commerce.

v  Jasa keuangan.

v  Mobile Banking.

v  Wireless Sistem Pembayaran Elektronik

v  Micropayments.

v  Mobile (Wireless) Dompet.

v  Wireless Bill Pembayaran.

  1. Intrabusiness Aplikasi
  • Mengakses Informasi

v  Mobile Portal agregat dan menyediakan konten dan layanan untuk pengguna ponsel yang meliputi berita, olahraga, email, hiburan, perjalanan dan informasi restoran, layanan masyarakat, dan perdagangan saham.

v  Voice Portal adalah sebuah situs Web dengan antarmuka audio dan juga dapat diakses melalui standar atau telepon selular.

  1. Lokasi- Aplikasi Based
  • Belanja dari Perangkat Nirkabel – vendor online memungkinkan pelanggan untuk berbelanja dari perangkat nirkabel.
  • Lokasi berbasis Periklanan adalah ketika pemasar mengetahui lokasi saat ini dan preferensi pengguna ponsel, mereka dapat mengirim pengguna tertentu pesan iklan ke perangkat nirkabel tentang toko-toko terdekat, mal dan restoran.
  • Lokasi Layanan berbasis memberikan informasi kepada pelanggan tentang layanan lokal dan kondisi melalui ponsel.
  1. Wireless Telemedicine
  • Telemedicine adalah penggunaan telekomunikasi modern dan teknologi informasi untuk penyediaan perawatan klinis untuk individu terletak pada jarak dan untuk transmisi informasi untuk memberikan perawatan itu.
  • Telemedicine Aplikasi

v  Menyimpan dan mentransfer gambar digital dari satu lokasi ke lokasi lain.

v  Membiarkan pasien dalam satu lokasi untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis di lain secara real time melalui videoconference.

v  Menggunakan robot untuk melakukan operasi jarak jauh, dalam banyak kasus, pasien di daerah pedesaan dan spesialis adalah di daerah perkotaan.

  • Teknologi nirkabel telah maju cara di mana resep diisi.
  • Komunikasi mobile telah menyediakan sebuah aplikasi telemedicine yang berharga untuk situasi darurat yang timbul selama penerbangan pesawat.
  1. Telemetri Aplikasi
  • Telemetri adalah transmisi nirkabel dan penerimaan data yang dikumpulkan dari sensor remote.

v  Teknisi dapat menggunakan telemetri untuk mengidentifikasi masalah pemeliharaan peralatan;

v  Dokter dapat memonitor pasien dan mengontrol peralatan medis dari jarak jauh;

v  Produsen mobil menggunakan telemetri untuk diagnosis kendaraan jarak jauh dan pemeliharaan preventif.

7.4  Pervasif Computing

  1. Komputasi Pervasif (komputasi Ubiquitous) tidak terlihat “di mana-mana komputasi” yang tertanam dalam benda-benda di sekitar kita – lantai, lampu, mobil kita, mesin cuci, oven microwave, telepon seluler, pakaian, dan sebagainya. (misalnya, rumah pintar, peralatan pintar).
  2. Radio Frequency Identification
  • Teknologi RFID memungkinkan produsen untuk melampirkan tag dengan antena dan chip komputer pada barang dan kemudian melacak gerakan mereka melalui sinyal radio.
  • Auto-ID membuat jaringan yang menghubungkan komputer ke objek, sebuah Internet “hal”.
  • Internet hal ini akan memberikan kemampuan untuk melacak setiap item ketika mereka bergerak dari pabrik untuk menyimpan rak ke fasilitas daur ulang.
  • Masalah dengan RFID telah biaya.
  1. Wireless Sensor Networks (WSNs)
  • Jaringan Sensor Nirkabel adalah jaringan saling berhubungan, bertenaga baterai, sensor nirkabel yang disebut motes yang ditempatkan ke dalam lingkungan fisik.

v  Motes mengumpulkan data dari banyak titik di ruang diperpanjang.

v  Mote masing-masing berisi pengolahan, penyimpanan, dan sensor frekuensi radio dan antennaes.

v  Motes memberikan informasi yang memungkinkan sebuah komputer pusat untuk mengintegrasikan laporan dari kegiatan yang sama dari sudut yang berbeda dalam jaringan.

v  Mesh Jaringan terdiri dari motes, di mana masing-masing mote bangun untuk sepersekian detik ketika memiliki data untuk mengirim dan kemudian relay data tersebut ke tetangga terdekat.

v  Keuntungan adalah jika salah satu mote gagal, satu lagi dapat mengambil data.

v  Sangat efisien dan dapat diandalkan.

7.5  Wireless Security

  1. Empat utama ancaman
  • Jalur akses nakal adalah titik akses tidak sah ke jaringan nirkabel.
  • Perang mengemudi adalah tindakan mencari WLAN saat mengemudi di sekitar kota atau di tempat lain.
  • Menguping mengacu pada upaya oleh pengguna yang tidak sah mencoba untuk mengakses data bepergian melalui jaringan nirkabel.
  • RF (Radio Frekuensi) jamming adalah ketika seseorang atau perangkat sengaja atau tidak sengaja mengganggu transmisi jaringan nirkabel Anda.
  1. Untuk menghindari ancaman yang disebutkan sebelumnya menerapkan solusi berikut:
  • Mendeteksi jalur akses yang tidak sah dengan perangkat dari NetStumbler;
    Blokir SSID Anda;
  • Mengenkripsi transmisi nirkabel dengan Wi-Fi Protected Access (WPA);
  • Tahu siapa yang menggunakan jaringan Anda dan apa yang mereka lakukan di atasnya;
  • Secara otomatis beralih ke saluran nirkabel yang berbeda ketika ada gangguan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php