Ivonne Lidya Hendrayani

TELECOMMUNICATIONS AND NETWORKS

Posted: October 30th 2012
  1. Komunikasi  komputer adalah proses dua atau lebih komputer atau piranti transfer data, instruksi, dan informasi.
  2. Sistem telekomunikasi :
    1. Hardware dan Software mengirim informasi dari satu tempat ke tempat lainnya.
    2. Komponen yang termasuk :
  • Hardware.
  • Media.
  • Jaringan.
  • Software.
  • Data communication providers.
  • Protocols.
  • Applications.
  1. Sinyal telekomunikasi :
    1. Sinyal analog, kontinyu gelombang. Informasi yang disampaikan oleh perubahan karakteristik gelombang (amplitudo dan frekuensi).
    2. Sinyal digital, menggunakan pulsa. Informasi yang disampaikan dalam bentuk biner (on atau off pulsa). Mudah dipahami oleh komputer.
  2. Perangkat keras yang digunakan dalam transmisi data dan penerimaan adalah:
    1. Modem.
    2. Multiplex.
    3. Front-end Processor.
  3. Kawat berbasis Saluran Komunikasi.
    1. Twisted-pair kawat (kabel telepon) :
  • Murah dan mudah untuk bekerja.
  • Lambat; terganggu; keamanan rendah.
  1. Kawat koaksial :
  • Membawa lebih banyak data, terlindung dari gangguan.
  • Lebih mahal, lebih sulit untuk bekerja ; keamanan rendah.
  1. Kabel serat optik :
  • Mengirimkan informasi sebagai gelombang cahaya melalui serat gelas.
  • Cepat, kapasitas tinggi, aman, tidak terganggu.
  • Sulit untuk bekerja.
  1. Microwave :
  • Kapasitas tinggi, relatif murah untuk kawat.
  • Membutuhkan garis menara transmisi pandangan, terganggu lingkungan.
  1. Satelit :
  • Sangat tinggi kapasitas, cakupan area yang luas.
  • Mahal, propagasi delay, memerlukan enkripsi untuk keamanan.
  1. Radio
  • Cocok untuk komunikasi jarak pendek, murah, mudah untuk menginstal; kecepatan tinggi.
  • Interferensi masalah; tidak aman.
  • Selular teknologi radio.
  • Inframerah.
  1. Memahami Media Komunikasi.
    1. Kecepatan transmisi :
  • Bandwidth – rentang frekuensi yang tersedia dalam saluran
  • Lebih banyak bandwidth, kapasitas lebih channel.
  1. Model transmisi :
  • Karakter demi karakter (asynchronous).
  • Aliran karakter (sinkron).
  1. Akurasi transmisi
  • Kontrol akurasi ditambahkan ke pesan.
  • Kesalahan deteksi dan koreksi yang diperlukan.
  1. Operator Telekomunikasi dan Layanan.
    1. Operator Telekomunikasi – menyediakan teknologi Telekomunikasi dan layanan untuk komunikasi data.
  • Umum pembawa – jarak jauh perusahaan telepon.
  • Nilai tambah operator – menyediakan sistem swasta Telekomunikasi dan jasa untuk biaya.
  1. Telekomunikasi layanan.
  • Jalur Switched – transmisi diarahkan sepanjang jalan ke tujuan.
  • Jalur khusus – koneksi terus menerus didirikan.
  • Wide-area Telekomunikasi Layanan (WATS) – Biaya jasa jarak jauh lebih rendah telepon.
  • Integrated Services Digital Network (ISDN) – transmisi data berkecepatan tinggi melalui saluran telepon yang ada.
  • Digital Subscriber Lines (DSL) – kecepatan transmisi tinggi digital melalui saluran telepon yang ada.
  • Tmnet-Streamix
  1. Jaringan Dasar.
    1. Jaringan – alat komunikasi, media, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer.
    2. Jaringan Lingkungan :
  • Local Area Network (LAN).
  • Wide Area Network (WAN)
  1. Local Area Network (LAN)
    1. Local area network (LANs) – sebuah jaringan yang mencakup jarak geografis yang relatif kecil.
    2. Contoh: rumah atau gedung perkantoran
    3. Menghubungkan komputer dan perangkat lain yang memungkinkan berbagi sumber daya.
    4. Berbagai topologi dapat digunakan, masing-masing dengan kekuatan dan kelemahan kinerja.
    5. Beberapa LAN dapat dihubungkan melalui jembatan.
    6. LAN dapat dihubungkan ke jaringan eksternal melalui gateways.
    7. LAN-Topologies :
  • Star Network.
  • Bus Network.
  • Ring Network.
  • Hierachicat Network.
  • Hybrid Network.
  1. Diperlukan teknolog i:
  • Kabel atau teknologi nirkabel.
  • Adaptor antarmuka kartu jaringan.
  • Perangkat lunak manajemen jaringan
  1. Topologi yang dipilih dilakukan dengan pemilihan strategi perangkat lunak, kartu antarmuka, dan kabel.
  2. Gateway – adalah prosesor komunikasi yang menghubungkan jaringan yang berbeda dengan menerjemahkan dari satu set protokol yang lain.
  3. Bridge – menghubungkan dua jaringan dari jenis yang sama.
  4. Router – rute pesan melalui LAN terhubung beberapa atau ke WAN.
  5. Wide Area Networks (WAN)
    1. Wide area network (WAN) – jaringan yang mencakup jarak geografis yang luas.
    2. WAN terbesar di dunia.
    3. Layanan yang disediakan oleh operator umum.
    4. WAN publik.
    5. Value-added networks (VAN)  – swasta, data-satunya jaringan yang dikelola oleh pihak ketiga; diakses melalui berlangganan.
    6. Virtual private network (VPN) – gateway aman antara sistem perusahaan dan internet.
  6. Jaringan Komunikasi Perangkat Lunak
    1. Diperlukan untuk memberikan sejumlah fungsi jaringan:
  • Memeriksa kesalahan.
  • Format pesan.
  • Menjaga log komunikasi.
  • Memastikan keamanan data dan privasi.
  • Menyediakan terjemahan pesan
  1. Komponen
  • Jaringan Sistem Operasi – memungkinkan semua perangkat pada jaringan untuk berkomunikasi.
  • Manajemen Jaringan Software – menyederhanakan tugas jaringan manajemen manusia.
  • Protokol – menentukan aturan yang mengatur komunikasi perangkat melalui jaringan.
  1. Jenis Protokol :
  • Ethernet ; protokol paling umum. Mungkin 10BaseT (10 Mbps), Fast Ethernet 100BaseT (100Mbps), Gigabit Ethernet (1Gbps).
  • Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP-IP); Mengirim file besar akurat atas sistem yang berbeda. Standar Internet.
  1. Data Transmisi Pilihan untuk meningkatkan kinerja jaringan :
  • Packet-switching.
  • Frame relay.
  • Fiber Distributed Data Interface (FDDI).
  • Asynchronous Transfer Mode (ATM).
  • Switched Hub Teknologi.
  • Synchronous Optical Network (SONET).
  • T-carrier Sistem.
  1. Jaringan Pengolahan Strategi.
    1. IS manajer berusaha untuk menyediakan jaringan waktu respon yang baik dan ketersediaan jaringan
    2. Pemrosesan terdistribusi memungkinkan komputer di berbagai lokasi untuk berkomunikasi melalui link Telecomm
  • Terminal-to-host pengolahan.
  • File server pengolahan.
  • Client / server arsitektur dan pengolahan.
  1. Client / server pengolahan
  • Aplikasi dapat dibagi ke dalam presentasi, aplikasi, dan komponen manajemen data.
  • Komponen dapat dipartisi antara server dan klien untuk membentuk implementasi yang berbeda.
  1. Peer-to-peer pengolahan
  • Sederhana bentuk client / server.
  • Perangkat yang terhubung ke jaringan memiliki akses ke semua perangkat lain.
  • Tidak ada file server yang terlibat.
  • Sederhana mengatur dan pemeliharaan.
  • Diimplementasikan dalam banyak sistem operasi seperti Windows 2000 dan Windows XP.
  1. Open System – yang ideal tidak sepenuhnya tercapai.
  • Perangkat apapun dapat mulus dihubungkan ke perangkat lain, terlepas dari ukuran, sistem operasi, atau aplikasi.
  • Konektivitas – kemampuan sumber daya komputer untuk berkomunikasi tanpa campur tangan manusia.
  • Perusahaan-lebar jaringan.
  • meliputi seluruh organisasi karena sistem terbuka dan konektivitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php