ivankwin

Internet, Intranet, dan Ekstranet

Posted: December 10th 2012

Pada pertemuan mengenai internet, intranet, dan ektranet yang dibahas adalah mengenai evolusi, oprasi dan layanan internet selain itu juga membahas world wide web, aplikasi teknologi berbasis internet dan juga akan dibahas tentang aplikasi internet khusus.

Pertama-tama saya akan mencoba untuk mengulang tentang pengertian internet itu sendiri. Internet adalah pertukaran informasi yang sangat mudah dengan menggunakan standart dan protokol yang terbuka. Layanan yang disediakan internet saat ini sudah sangat banyak mulai dari e-mail sampai dengan instant masaging. Internet saat ini sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Saat ini jangkauan internet sudah sangat luas dengan berbagai pengguna dari berbagai benua. Untuk kemajuan internet yang akan datang, internet akan berkolaborasi dengan 180 universitas di US untuk mengembangkan jaringan dan aplikasi.

Kumudian di pertemuan ini membahas tentang world wide web, apa itu ? yaitu aplikasi yang menggunakan internet transport, dengan standar universal untuk menyimpan, menformat, dan menampilkan informasi via client.

Setelah membahas panjang lebar mengenai internet, sekarang beralih ke intranet yang berarti jaringan internal yang menggunakan teknologi internet. Dengan intranet pembuatan informasi dapat diakses oleh karyawan. Intranet biasanya terkoneksi dengan internet. Di sini keamanan menjadi perhatian yang utama.

Selanjutnya yang ketiga adalah ekstranet, yang merupakan perluasan dari sebuah intranet untuk dipilih oleh outside bisiness partners suppliers, distributors, dan key customers. Ektranet memberikan akses mudah pada informasi perusahaan. Biaa yang dikeluarkan untuk komunikasi rendah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php