ivankwin

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Posted: November 20th 2012

WIRELESS and MOBILE

Pada pertemuan ini saya ingin mengajak untuk mengulang materi tentang wireless dan mobile. Pertama-tama yang akan dibahas terlebih dahulu adalah wireless. Wireles device merupakan perangkat akses nirkabel, yang menggunakan jaringan internet untuk koneksinya.Contoh dari wireless itu sendiri adalah telephone seluler, smart phone dll. Di dalam wireless terdapat beberapa istilah seperti : (1)WAP, meruapakan aturan yang membuat komunikasi bisa berjalan dengan lancar, WAP memiliki keterbatasan yaitu displaynya tidak terlalu besar. (2)Microbrowser, biasa digunakan untuk piranti mobile yang memiliki keterbatasan untuk melakukan browser, contoh dari aplikasi ini sendiri adalah Opera Mini. (3)pager, dimana seseorang dapat mengirimkan pesan (satu arah).

Sistem transmisi pada teknologi nirkabel ini diantaranya : poin to point ( dengan menggunakan satelit), footprint (luas cakupan yang dapat dijangkau oleh satelit), brodcast transmision, dan propogation delay. GPS merupakan salah satu sistem nirkabel yang menggunakan satelit untuk menemukan posisi. Untuk menentukan posisi GPS membutuhkan 3 satelit. Wereless merukan perangkat akses tanpa kabel, salah satunya yaitu dengan WIFI. Namun bagaimanapun juga WIFI masih memiliki banyak permasalahan, diantaranya : rentan terhadap kejahatan, romming, dan cost. Namun dijaman modern ini WIFI dikembangkan menjadi WIMAX, yang memiliki kelebihan yakni cakupannya lebih luas dibandingkan WIFI.

Selanjutya kita akan mengulang materi yakni mobile computing dan mobile commerce. Keduanya tentu saja memiliki definisi yang berbeda. Yang pertama adalah mobile computing, didefinisikan sebagai suatu perangkat yang dapat melakukan komunikasi bergerak. Mobile computing memiliki kemampuan untuk terkoneksi pada suatu jaringan. Yang kedua adalah mobile commerce, memiliki kelebihan tidak memerlukan PC karena digunakan pada perangkat mobile, harganya lebih murah, dan semua bidang dapat dicakup. Dalam mengakses suatu informasi dapat dilakukan dengan mobile portal atau juga bisa menggunakan voice portal.

Demikian merupakan rangkuman yang saya buat berdasarkan materi yang telah diberikan yakni mengenai WIRELESS dan MOBILE.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php