ivankwin

Ethics, Impact and Security

Posted: November 19th 2012

ETIKA, IMPACT and SECURITY

Pada pertemuan ini PTI membahas mengenai etika dan keamana IT. Pertama-tama saya akan mengajak untuk mencari tau apa itu etika didalam IT. Etika merupakan suatu hal yang berkaitan dengan kesopanan. Etika sendiri didalam dunia IT terbentuk dari suatu budaya dan aturan-aturan. Tipe dari etika secara umum dibagi menjadi 4, yaitu : (1)privasi, berkaitan dengan bagaimana suatu informasi itu didapatkan, diolah, dan dibagikan. (2)akurasi, berkaitan dengan kekuatan dan keaslian suatu data. (3)properti, berkaitan dengan hak atas kekayaan intelektual. (4)accessibility, yaitu bagaimana perlakuan kita terhadap suatu ciptaan (jika tidak memiliki hak mengakses, artinya jangan diakses).

Sedangkan didalam IT masih banyak orang yang melanggar suatu aturan itu khususnya pada internet. Ketika hal itu terjadi, hal yang perlu diperhatikan adalah PRIVASI. Informasi privasi sendiri merupakan cara bagaimana suatu informasi dapat diakses oleh orang-orang yang memiliki hak untuk mengakses. Hal ini bertujuan agar suatu informasi tetap terjaga, selain itu juga supaya suatu informasi benar-benar ditujukan pada suatu hal tertentu. Didalam intelektual property issues terdapat istilah-istilah sebagi berikut : (1)trade secret, informasi yang hanya dimiliki oleh seseorang. (2)patent, yang berarti menemukan. (3)copyright, yang merupakan suatu hak cipta.

IT berhubungan langsung dengan suatu organisasi, dimana IT itu sendiri dapat merubah suatu organisasi. Perubahan apa yang terjadi ?  tentu saja perubahan pada strukturnya, membuat aliran informasi menjadi lebih kuat, dan bisa membantu mempermudah perluasan jangkauan akses. IT juga sangat berhubungan dengan suatu pekerjaan, dimana dengan IT suatu pekerjaan dapat menjadi lebih mudah (dalam hal cara kerjanya). Tapi apabila IT sudah menjadikan seseorang suatu kebutuhan, hal ini tentu saja akan membuat orang itu menjadi cenderung untuk bekerja sendiri, dan kurang berinteraksi dengan lingkungan luar.

KEAMANAN, berkaitan dengan bagaimana seseorang memiliki hak atau tidak untuk mengakses suatu informasi. Berikut merupakan 2 hal yang berkaitan dengan suatu informasi : onintensional, human eror, lingkungan, kesalahan yang diitimbulkan oleh komputer, intentional treats (berkaitan dengan serangan). Sedangkan di dunia komputer(IT) masih banyak kejahatan yang ditimbulkan, kejahatan ini tentu saja menyalahi etika dan hukum yang berlaku. sebagai contoh pencurian data, memberikan data yang bisa merusak software, dan melakukan suatu DOS, dan masih banyak lagi kejahatan yang ditimbulkan.

Namun sebenarnya kejahatan itu masih bisa dicegah yakni dengan cara : Individual dan organisasi, strategi perlindungan umum, strategi mengontrol aplikasi, strategi mengontrol jaringan, memeriksa kualitas lewat audit, dan pencegahan bencana dan rencana pemulihan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php