ivankwin

Electronic Commerce

Posted: November 12th 2012

E-Commerce

Pada pertemuan ke delapan ini saya akan mencoba untuk mengulang materi PTI yang berjudul electronic commerce. Electronic commerce sendiri dimulai pada tahun 1970, pada mulanya muncul sebuah pemikiran tentang bagaimana cara berinteraksi jarak jauh. Awalnya baru di dalam lingkup yang lebih sempit yaitu dalam suatu perusahaan saja. Sampai pada akhirnya pada saat ini sudah muncul beberapa aspek, yakni adverting, home banking, dan masih banyak lagi.

E-commerce sendiri merupakan suatu proses menjual/ membeli/ pertukaran produk / informasi melalui komputer dengan menggunakan jaringan internet. Didalam E-commerce terdapat (1) Tradisional commerce yang merupakan proses tranksaksi yang dilakukan secara offline dan menggunakan ekonomi kuno (2) Pure commerce, pada tahap ini sudah melakukan tranksaksi secara online, sudah lebih modern, dan tempat tranksaksinya virtual (3)  Partial E-Commerce , Proses perdagangan ini, seseorang pedagang membuat transaksi perdagangan secara on-line, tetapi dia juga membuka tempat perdagangan secara nyata juga.

Tipe-tipe dari e-commerce antara lain :

–¬†Business to Business (B2B),

– Collaborative commerce (c-commerce),

– Consumer-to-businesses (C2B),

– Consumer-to-consumer (C2C),

– Intrabusiness (intraorganizational) commerce,

– Government-to-citizens (G2C),

– Mobile commerce (m-commerce).

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam E-Commerce yang pertama infrastructure. Kedua mekanisme pembayaran elektronik. Ketiga keamanan. Ada beberapa cara untuk menjaga keamanan dalam melakukan e-ccomerce, diantaranya enkripsi, electronic certificates, secure socket layer, dan secure electronic transaction protocol.

Dijaman sekarang ini yang serba modern E-commerce sudah banyak diterapkan didalam bidang jual beli yang dilakukan secara online, diantaranya : sistem jual beli pada kaskus, lalu toko bagus, dan pada proses pembayaran tiket pesawat yang dilakukan secara on-line.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Telekommunication and Network

Go to post

Ethics, Impact and Security

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php