ivankwin

Telekommunication and Network

Posted: October 15th 2012

Pada pertemuan ke tujuh ini saya akan saya akan mengulang materi pengantar teknologi informasi telekomunikasi dan jaringan. Di awal pertemuan saya dikenalkan dengan apa yang di sebut komunikasi komputer itu sendiri. komunikasi komputer adalah proses dua atau lebihkomputer device yang mampu untuk mentransfer data, instruksi, dan informasi selain itu juga untuk berbagi sumber daya. Didalam suatu sistem telekomunikasi terdapat komponen-komponen pendukung agar suatu telekomunikasi itu dapat berjalan dengan baik. komponen-komponen itu diantaranya :

  • Hardware

Hardware merupakan perangkat keras yang di gunakan untuk komunikasi. contoh dari hardware disini adalah modem (mengubah sinyal analog ke sinyal digital), multiplek (berguna untuk mentransmisikan beberapa sinyal kedalam suatu media), font and processor (suatu alat khusus yang digunakan untuk mengelola komunikasi).

  • Media

Media komunikasi adalah suatu alat yang sangat di butuhkan untuk proses telekomunikasi. contoh dari media komunikasi itu sendiri adalah : Twisted pair wire (mudah digunakan), Kabel Coaxial, Kabel Fiber Optic (konfigurasi rumit), Microwave, Satellite (kapasitas besar dengan area yang lebih luas), Radio, Infrared dan lain-lainya.

  • Network

Network merupakan suatu jaringan yang digunakan untuk menghubungkan antara media, software, dan hardware. LAN (lokal area network) dan WAN (wide area network) merupakan bagian dari suatu network. Antara LAN dan WAN dibedakan berdasarkan areanya. Untuk LAN sendiri digunakan  pada suatu jaringan yang sempit, sedangkan WAN digunakan untuk area yang lebih luas.

  • Software

Software dibutuhkan untuk memfungsikan hardware, media, dan network. Spftware memiliki fungsi untuk telekomunikasi yaitu mengecek kesalahan, menjaga privasi dan keamanan data, dan memformat pesan.

  • Provider

provider merupakan penyedia layanan dari telekomunikasi itu sendiri.

  • Protokol

Protokol merupakan suatu aturan yang digunakan untuk mengatur suatu komunikasi data agar bisa dilakukan.

Dalam suatu telekomuniakasi tentu saja membutuhkan sinyal. Sinyal telekomunikasi itu sendiri dibagi menjadi dua, yaitu : sinyal analog dan sinyal telekomunikasi. sinyal analog merupakan sinyal yang cara komunikasinya dengan memanipulasi amplitudo dan frekuensi. Sedangkan sinyal digital adalah sinyal yang lebih mudah dipahami komputer dan berbentuk discrete.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php