Labi-labi Moncong Babi Kura-kura Unik yang Terancam Punah

Taksonomi :

Kingdom : Animalia

Filum        : Chordata

Class         : Sauropsida

Ordo         : Testudines

Famili       : Carretochelyidae

Genus       : Carretochelys

Spesies      : Carretochelys insculpta

Labi-labi moncong babi adalah hewan endemik Papua. Labi-labi moncong babi tidak seperti kura-kura air tawar pada umumnya yang memiliki kaki sebagai alat gerak. Labi-labi moncong babi memiliki kaki yang menyerupai sirip  pada penyu. Hidungnya tampak seperti hidung babi serta lubang hidung di ujung moncong yang berdaging. Tempurungnya berwarna abu-abu dengan tekstur yang kasar. Labi-labi moncong babi dapat tumbuh hingga panjang tempurungnya mencapai 70 cm dengan berat lebih dari 20 kg. Labi-lani moncong babi jantan memiliki ekor yang lebih panjang dan sempit bila dibandingkan dengan betina.

                Penyebaran labi-labi moncong babi adalah Papua bagian selatan, Papua Nugini, dan Australia bagian utara. Habitat labi-labi moncong babi adalah sungai, muara, laguna, danau, rawa dan kolam berukuran besar yang dikelilingi oleh hutan lebat. Labi-labi mnncong babi ditemukan pada perairan dengan dasar pasir dan kerikil yang tertutup oleh lumpur, dan rata-rata kedalaman enam kaki. Labi-labi moncong babi merupakan omnivora yang memakan tumbuhan dan hewan, namun labi-labi lebih menyukai tumbuhan dan buah daripada hewan di alam liar. Makanan labi-labi adalah buah-buahan seperti buah ara, apel, kiwi, pisang, dan hewan seperti ikan kecil, udang kecil, cacing dan anak tikus.

                Menurut IUCN, labi-labi moncong babi dalam status endangered (terancam punah). Terancamnya labi-labi moncong babi ini disebabkan karena masyarakat setempat sering mengkonsumsi daging dan telur. Telur-telur labi-labi moncong babi banyak dicuri untuk diselundupkan dan diperjual belikan ke luar negeri secara illegal. Labi-labi moncong babi diselundupkan ke China dan Taiwan untuk dijadikan sebagai obat.

Adanya bisnis illegal dengan warga dengan penjual nakal yang saling bekerja sama untuk menjual labi-labi mocong babi. Para warga banyak diminta untuk mengumpulkan telur moncong babi dan dijual pada pengepul. Adanya penangkaran illegal yang mengkarkan labi-labi moncong babi yang kemudian akan dijual ke pedagang illegal. Kurang tegasnya pemerintah terhadap penjual illegal, serta kurangnya kawasan konservasi di Papua yang melindungi labi-labi moncong babi.

                Action Plan adalah suatu tindakan yang dapat dilakukan untuk melindungi bahkan menyelamatan spesies yang populasinya terancam punah.  Action Plan yang akan saya lakukan sebagai upaya melindungi labi-labi moncong babi adalah memberikan edukasi terhadap masyarakat bahwa melindungi labi-labi moncong babi itu penting, karena merupakan kekayaan spesies yang dimiliki Indonesia. Memberikan edukasi tentang daging dan telur labi-labi moncong babi tidak boleh dikonsumsi. Memberikan edukasi mengapa labi-labi tidak boleh diperjualbelikan. Mengajak masyarakat untuk membentuk gerakan dalam melindungi labi-labi moncong babi.

                Melakukan riset kecil terhadap habitat asli labi-labi moncong babi dan pelestarian tempat bertelurnya labi-labi moncong babi. Mengunjungi tempat penangkaran labi-labi moncong babi. Mengujungi taman nasional serta memberikan saran agar adanya tempat khusus untuk melestarikan habitat labi-labi moncong babi.

css.php