Technobio in here….

Pendeteksi HPV ala Teknologi Molekuler

Posted: May 9th 2014

Izemi (110801226)

Tugas mengeblog Teknologi Molekuler

HPV (Human Papillomavirus) adalah  sekumpulan grup virus yang menginfeksi manusia pada sel epitel di kulit dan membran mukosa (salah satunya adalah daerah kelamin), dan dapat menyebabkan keganasan. Virus ini memiliki type yang sangat banyak, hampir 100 tipe HPV sampai saat ini berhasil di-identifikasi. Tipe HPV 16 dan 18 diketahui sebagai penyebab 70% dari kasus keganasan di serviks/leher rahim wanita. Tipe HPV 6 dan 11 diketahui sebagai penyebab dari 90% kasus kutil kelamin (Condyloma accuminatum). Cara penularan-nya terutama melalui kontak atau hubungan seksual. Tidak terbukti penularan dari kolam renang, maupun dari tempat duduk toilet atau penggunaan WC umum.

Apa yang terjadi ketika seseorang terinfeksi oleh HPV? orang yang terinfeksi dengan HPV tidak menunjukan gejala atau masalah kesehatan. Setelah terinfeksi, virus HPV berdiam di lapisan epitel kulit dan bertambah banyak. Masa mulai masuknya virus sampai munculnya gejala klinis seperti kutil dan kelainan epitel bisa dalam waktu mingguan sampai tahunan. Tipe HPV lain dapat menyebabkan sel normal di tubuh menjadi abnormal, dan dapat menyebabkan kanker seiring waktu.

Siapa saja yang berrisiko tertular infeksi HPV? semua orang beresiko tertular infeksi HPV. HPV dapat ditularkan oleh hubungan partner berlawanan atau sesama jenis, bahkan jika partner yang terinfeksi tidak memiliki gejala. Saat ini banyak orang yang beranggapan jika saya atau pasangan tidak berganti-ganti pasangan, maka saya tidak mungkin terkena infeksi HPV. Pandangan ini sebenarnya salah, karena nyata-nya kasus kanker serviks banyak terjadi pada ibu rumah tangga yang tidak pernah berganti-ganti pasangan baik dirinya maupun pasangannya.

Apa saja penyakit yang mungkin terjadi akibat infeksi HPV? manifestasi klinis infeksi HPV bervariasi, diantaranya: kutil kelamin, kutil di jalan napas, prekusor kanker serviks (Cervical Intraepithelial Neoplasia – CIN). Infeksi HPV juga di-asosiasikan dengan keganasan sel epitel lain seperti kanker dubur, kanker vulva, kanker vagina, kanker penis, dan kanker mulut dan tenggorokan.

Bisakah penyakit karena infeksi HPV ini menjadi sembuh? jika terdeteksi lebih awal dan dilakukan terapi yang tepat, maka infeksi HPV ini bisa ditangani dan sembuh. Namun, seringkali orang datang dalam stadium yang lebih lanjut, misal-nya dalam kasus kanker serviks. Tes HPV dan pap smear yang positif perlu dievaluasi secara berkesinambungan. Jika perubahan jaringan serviks yang abnormal mengalami kemajuan, maka pengobatan infeksi HPV diperlukan. Di antara pilihannya adalah operasi, perawatan laser, dan pembekuan (cryotheraphy). Pada kasus kutil kelamin, dapat dilakukan terapi dengan medikamentosa, terapi pembedahan, laser atau kombinasi. Di sini, dokter spesialis kulit kelamin akan menyarankan terapi mana yang paling baik sesuai dengan kondisi klinisnya.

Bagaimana pencegahan agar seseorang tidak terkena penyakit yang disebabkan oleh HPV ini? untuk mengurangi risiko, yang terbaik untuk memiliki hubungan seksual yang saling monogami dengan pasangan yang tidak terinfeksi. Namun perlu diingat, banyak orang tidak tahu jika mereka terinfeksi. Vaksin HPV dapat melindungi pria dan wanita terhadap beberapa tipe HPV yang paling sering menyebabkan penyakit. Vaksin HPV diberikan dalam tiga dosis selama enam bulan dan sudah dapat diberi mulai umur 9 tahun untuk laki-laki dan perempuan. Sangat penting untuk menerima tiga dosis vaksin untuk mendapatkan perlindungan terbaik. Vaksin paling efektif bila diberikan sebelum kontak seksual pertama seseorang, sebelum laki-laki atau wanita tersebut memiliki kemungkinan terpapar HPV. Bagaimanapun lebih baik mencegah daripada mengobati.

Kanker serviks masih merupakan permasalahan kesehatan perempuan di dunia, terutama dinegara berkembang. WHO melaporkan terdapat sekitar 500.000 kasus baru setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri, kanker serviks merupakan jenis kanker yang paling sering pada perempuan. Lebih dari separuh penderita kanker serviks datang sudah dalam stadium lanjut, yang memerlukan fasilitas khusus untuk pengobatan. Disamping mahal, pengobatan terhadap kanker stadium lanjut juga memberikan basil yang tidak memuaskan dengan harapan hidup 5 tahun yang kurang dari 35%.’ Meningkatnya stadium kanker memperburuk ketahanan hidup lima tahun penderitanya. Mengingat beratnya akibat yang ditimbulkan oleh kanker serviks dipandang dari segi harapan hidup, angka kesembuhan, lamanya penderitaan, serta tingginya biaya pengobatan, maka perlu program penapisan yang efektif dalam deteksi dini kanker serviks memang sangat diperlukan.

Penapisan kanker serviks di negara maju sudah dilakukan pada 50% perempuan dewasa, sedangkan di negara berkembang hanya 5%.’ Padahal kematian penderita kanker serviks yang berusia 60 tahun ke atas disebabkan tidak pemahnya penderita melakukan penapis pada 3 tahun terakhir. Di Indonesia penerapan penapis dengan pap smir masih tersangkut dengan banyak kendala, antara lain luasnya wilayah negara, kurangnya sarana laboratorium dan tenaga ahli patologi anatomi atau sitologi serta biaya yang cukup mahal yang masih harus ditanggung sendiri oleh mereka yang ingin melakukan penapis dengan metode pap smir. Hal yang sama juga dialami oleh negara-negara lain yang sedang berkembang. Karena itu dibutuhkan altematif penapis yang lebih sederhana, mampu laksana, murah sehingga memungkinkan tercapainya cakupan yang Iebih luas serta dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan selain dokter seperti bidan atau perawat. Dengan demikian dapat diharapkan Iebih banyak kasus ditemukan masih dalam tahap lesi prakanker serviks. Inspeksi visual dengan asam asetat (IVA) merupakan salah satu metode penapisan yang teiah cukup banyak diteliti dan menunjukkan akurasi pemeriksaan yang cukup baik untuk mendeteksi lesi prakanker serviks. IVA dapat dilakukan pada pelayanan kesehatan yang sederhana. Sayangnya walaupun pemeriksaan ini cukup sensitif namun temyata angka positif palsunya cukup tinggi yang berdampak pada nilai spesifrsitas serta nilai duga positifnya. Hal ini dapat menyebabkan cukup banyak kasus dengan WA positif yang sebenamya normal namun harus dikirirn untuk pemeriksaan lanjutan seperti kolposkopi atau mendapatkan terapi.

Salah 1 upaya menurunkan angka kejadian positif palsu ini adalah melakukan penapisan dengan 2 tahap secara serial. Dengan metode ini dilakukan suatu pemeriksaan lain yang lebih spesifik sebagai penapis lanjutan apabila ditemukan kasus dengan WA positif. Salah 1 metode pemeriksaan yang sudah direkomendasikan pada banyak penelitian sebagai triase pada metode penapisan dengan pap smir adalah tes HPV (Human Papiloma Virus) dengan metode Hybrid Capture H (HC II). Tes HPV dianjurkan sebagai prosedur tingkat kedua bagi kasus dengan basil pap smir borderline atau abnormal. Penggunaan tes ini dikaitkan bahwa perkembangan yang ada menunjukkan HPV saat ini merupakan penyebab utama kanker serviks. Karena efektifitas tes HPV sebagai penapis pada kasus dengan WA positif belum diketahui, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui data mengenai hal tersebut.

Metode PCR dan elektroforesis hanya digunakan untuk mendeteksi ada atau tidaknya DNA HPV di dalam sel epitel yang dicurigai terinfeksi HPV; sulit untuk menentukan genotipe HPV yang menginfeksi. Proses genotyping dengan metode PCR dan elektroforesis memerlukan waktu yang cukup lama, karena hanya menggunakan satu kontrol positif untuk 1 genotipe HPV saja; umumnya HPV-16 atau HPV-18.

virus hpv

Gambar 1. Jenis-jenis virus HPV

HPV

Gambar 2. Hasil amplifikasi yang dideteksi menggunakan PCR pada pemeriksaan infeksi HPV

Hybrid Capture System (HC-II) adalah metode pemeriksaan hibridisasi dengan teknologi terbaru di bidang biologi molekuler. Teknik HC-II memeriksa pada kondisi lebih awal yaitu kemungkinan seseorang terinfeksi HPV sebelum virus tersebut membuat perubahan pada serviks yang akhirnya dapat mengakibatkan terjadinya kanker serviks. HC-II telah diakui dunia serta disahkan oleh FDA (Food and Drug Administration) Amerika Serikat. HC-II memiliki keakuratan yang tinggi dalam mendeteksi infeksi HPV karena mampu mendeteksi keberadaan DNA HPV dalam jumlah yang sangat kecil.

Teknik HC-II adalah antibody capture/solution hybridization/signal amplication assay yang memakai deteksi kualitatif chemiluminescence terhadap DNA HPV; secara umum HC-II ialah teknik berbasis DNA-RNA yang dapat mendeteksi secara akurat dan cepat dengan sensitivitas 98% dan spesifisitas HC-II 98%. Prinsip kerja HC-II yaitu:

(1) menghancurkan protein kapsid virus HPV dalam sampel yang telah dimasukkan ke dalam botol sampel yang

telah disediakan,

(2) Setelah kapsid dirusak,tahap berikutnya adalah mendenaturasi DNA untai ganda menjadi untai tunggal dengan

menambahkan larutan denaturasi. Denaturasi merupakan langkah awal prosedur untuk mengeluarkan DNA (release DNA) target dari sel,

(3) hibridisasi antara DNA virus dengan probe RNA menghasilkan DNA-RNA hybrid yang ditangkap oleh antibodi yang kemudian akan bereaksi dengan antibodi ke-2. Antibodi kedua ini bertindak sebagai sinyal amplifikasi; makin banyak hibrid DNA-RNA yang tertangkap pada dinding capture plate maka makin banyak pula antibodi ke-2 yang dapat mengenali hibrid DNA-RNA,

(4) Kuantitas antibodi yang terikat pada hibrid DNA-RNA diukur dengan menambahkan zat chemiluminescent sehingga menghasilkan sinyal chemiluminescent,

(5) sinyal ini akan ditangkap oleh alat luminometer yang dihubungkan dengan komputer.

HPV2

Gambar 3. Prinsip kerja HC-II (1) DNA yang sudah terdenaturasi, (2) hibridisasi DNA Virus dengan probe RNA, (3) hibrid DNA-RNA berikatan antibodi spesifik, (4) ikatan antibodi dengan hibrid DNA-RNA akan bereaksi dengan alkaline phosphatase, (5) reaksi ini menghasilkan sinyal chemiluminescent, (6) sinyal amplifikasi dalam bentuk emisi cahaya, diukur Luminometer, (7) pengukuran tersebut tersambung dengan perangkat komputer menghasilkan nilai RLU (Relative

Light Unit)

Daftar Pustaka

Lörincz AT, Reid R, Jenson AB, Greenburg MD, Lancaster W, dan Kurman RJ. 1998. Human Papillomavirus Infection of

The Cervix: Relative Risk Associations of 15 Common Anogenital Types. Obstetr. Gynecol. 79: 328-37.

Monk BJ dan Tewari KS. 2008. The Spectrum and Clinical Sequelae of Human Papillomavirus Infection. Gynecol. Oncol.

107: 6-13.

Novel SS, Safitri R, dan Nuswantara S. 2009. Analisis Distribusi Genotipe HPV Dengan Metode Linear Array HPV

Genotyping Test. Biologi FMIPA-UNPAD, Bandung.

Zhao Y, Lin H, Shen D, Xuan Y, dan Lin Z. 2008. Distribution of HPV Genotypes in Uterine Cervical Lesions in Yanbian,

Northern China. Pathol. Internat. 58: 643-7.


26 responses to “Pendeteksi HPV ala Teknologi Molekuler”

  1. VINCENT DEAN SADEWO says:

    materi yang cukup berat untuk orang awam..tapi lengkap dan bagus..serta dapat dipercaya karena literaturnya bagus. mungkin bahasanya dibuat lebih sederhana….lanjutkan…

  2. radewi says:

    nice post! sarannya coba dicek lg yg nama spesies ya ismi, ada bbrp yg belum di miringin. thankyou 🙂

  3. Yudhistira says:

    Informatif dan lengkap banget nihhh, sippp

  4. Mitha Octavia says:

    Informasinya menarik dan sangat padat 😀

  5. vebrinasinaga says:

    woww…jadi perlu lebih waspada lagi ini..nice posting..tengkiyu 🙂

  6. biolin says:

    trims a lot friends 😉

  7. Word of caution, Don’t Attempt to follow the other bags Strategy guides Until You Look At FREE Ground-breaking report
    cheap authentic air jordan sc 2 black city grey for men outlet store http://www.futurautosrl.com/air-jordan-t-shirts-uk/cheap-authentic-air-jordan-sc-2-black-city-grey-for-men-outlet-store.html

  8. Specifically why nobody is mentioning bags and as a result the thing that you should do right now.
    buy designer michael kors medium bedford mk logo monogram satchel beige mocha leather trim suitable choices http://www.trippelaaa.nl//images/wallets-michael-kors/buy-designer-michael-kors-medium-bedford-mk-logo-monogram-satchel-beige-mocha-leather-trim-suitable-choices.html

  9. Strategies to understand every part there is to understand concerning bags in 3 easy steps.
    budget crunching hits nike free run mens running shoes black white green outle http://www.1000-feuer.net//images/all-white-nike-free-runs/budget-crunching-hits-nike-free-run-mens-running-shoes-black-white-green-outle.html

  10. They Did Not Believe that I Was Able To Develop into a bags Specialist…Nowadays I am !
    official nike air max 2012 womens black grey trainers in the official store http://www.mikalsen.com/media/nike-air-max-2013.com/official-nike-air-max-2012-womens-black-grey-trainers-in-the-official-store.html

  11. bags can help every one of us by simply including a lot of distinctive capabilities and characteristics. This is a unvaluable thing for every enthusiast of bags.
    thanksgiving day 2014 new! moncler down coat women hooded windproof coffee treat yourself to a great holiday http://www.visjonwiruz.com/images/uk-moncler-outlet/thanksgiving-day-2014-new-moncler-down-coat-women-hooded-windproof-coffee-treat-yourself-to-a-great-holiday.html

  12. These guys Previously Laugh at the bags – But These Days I laugh at all of them
    tight budget pleasers moncler multiple logo women down vest short blue for sale http://www.osloconcertbrass.com/bilder/moncler-down-coats/tight-budget-pleasers-moncler-multiple-logo-women-down-vest-short-blue-for-sale.html

  13. Fresh new questions on bags clarified not to mention the reasons you would need to study every single message in this documentation.
    order moncler eusebe fashion mens jacket down short brown see how low we can go http://www.falseguridad.es/ckeditor/moncler-shoes-women/order-moncler-eusebe-fashion-mens-jacket-down-short-brown-see-how-low-we-can-go.html

  14. bags assists all of us by adding a lot of exclusive features and attributes. Its a unvaluable item for any fan of bags.
    cheaper moncler lierre top quality women jackets sweater collar khaki supper summer savings http://www.ipaintball.net/bilder/moncler-jackets-mens/cheaper-moncler-lierre-top-quality-women-jackets-sweater-collar-khaki-supper-summer-savings.html

  15. Alert – Do Not Attempt to follow some other bags Manuals Until You See This Totally free Report
    luxury moncler s mayuko women coat hot sell green we go an extra mile for you http://www.oslomagedans.com/bilder/moncler-flamme-coat/luxury-moncler-s-mayuko-women-coat-hot-sell-green-we-go-an-extra-mile-for-you.html

  16. The genuine magic information of bags the masters would not like consumers to know.
    great store wide savings 2014 new! moncler oxalis down jackets womens collar bare on sale http://www.triver.net/decor/moncler-paris/great-store-wide-savings-2014-new-moncler-oxalis-down-jackets-womens-collar-bare-on-sale.html

  17. The right way to understand every thing there is to learn about bags in A couple of clear-cut steps.
    cheap new style moncler popular down jackets for women decorative belt red sale outlet http://www.myfavouritewasteoftime.com/pages/women-moncler-jackets/cheap-new-style-moncler-popular-down-jackets-for-women-decorative-belt-red-sale-outlet.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php