Technobio in here….

What is DDBJ? Let Us Introduce to You About DDBJ. . . .

Posted: September 16th 2013

logo DDBJ

Lidia Rosariona Koesmartaviani 110801183

Asteria Floretta Angela 110801208

Izemi 110801226

 

Deskripsi

DDBJ atau DNA Data Bank of Japan adalah satu-satunya data bank sekuen nukleotida di Asia yang bersertifikat untuk sekuen nukleotida dari penelitian dan untuk mengeluarkan accesion number yang diakui secara internasional dalam pemberian data. Sejak melakukan pergantian dalam pengumpulan data dengan ENA/EBI: European Bioinformatics Institute and NCBI;  National Center for Biotechnology Information setiap hari, ketiga bank data yang berbagi data hampir setiap hari. database yang terpadu disebut “INSD; International Nucleotide Sequence Database”. DDBJ mengumpulkan data sekuen dari peneliti Jepang, tetapi tentu saja menerima dan mengeluarkan accesion number ke para peneliti dari negara lain.

DDBJ diorganisir oleh NIG; National Institute of Genetics dengan dukungan dari MEXT; Japanese Ministry of Education, Culture, Science and Technology. Sebanyak 99% data INSD dari para peneliti Jepang disampaikan melalui DDBJ.

Tujuan utama dari DDBJ adalah untuk meningkatkan kualitas INSD sebagai domain publik. Ketika para peneliti data mereka terbuka kepada publik melalui INSD dan umumnya dibagi ke seluruh dunia, kami di DDBJ mengupayakan untuk mendeskripsikan informasi mengenai data sebanyak mungkin, menurut aturan tepadu INSD, sebaiknya tanpa stres dengan menggunakan DDBJ.

Sumber Daya

Sejak awal, DDBJ berfungsi sebagai salah satu database sekuen nukleotida international, termasuk EMBL-Bank/ENA/EBI di Eropa dan GenBank/NCBI di USA sebagai anggota. DDBJ/EMBL-Ban­­­k/GenBank mengumpulkan data sekuen nukleotida yang ditentukan secara eksperimental dan membangun satabase yang sesuai dengan aturan yang disepakati oleh tiga bank data. Database tersebut adalah kumpulan “entry” yang merupakan unit data. Terdiri dari sekuen nukleotida dan informasi, referensi, sumber organisme, dan sifat-sifat biologis, seperti fungsi gen. Database juga termasuk data dari JPO, EPO, USPTO, dan KIPO. Secara konsekuen, DDBJ telah bekerja sama dengan dua bank data melalui pertukaran data dan informasi di internet yang secara reguler mengadakan dua pertemuan, yaitu  the International Advisory Committee and the International Collaborative Meeting.

Fasilitas:

1.) Salah 1 Anggota Dari INSDC (International Nucleotide Sequence Database  Collaboration)

DDBJ secara resmi telah bersertifikat mengumpulkan urutan nukleotida dari peneliti untuk mengeluarkan nomor aksesi yang diakui secara internasional untuk diserahkan. Sejak pertukaran DDBJ pengumpulan data dengan EMBL-Bank & GenBank  berbasis harian, 3 bank data sebetulnya berbagi data yang sama pada waktu yang diberikan.

2.) Manajemen Database Bioinformatika: Alat Untuk Menyimpan & Mengambil

Database disini & alat pengambil sekuens telah secara besar-besaran mengkontribusi pergeseran paradigma di biologi. Biologi atau ilmu kehidupan tak terbatas pada percobaan. Pada in silico dan in vitro / in vivo analisis bersama akan mendorong kembali perbatasan ilmu kehidupan.

3.) Mengembangkan Perangkat Lunak Untuk Menganalisis Data Biologis

Disini juga menyediakan banyak alat bantu untuk menganalisis data yang dikembangkan oleh DDBJ & lain-lain.

4.) Kursus Untuk Mengajar Pemula: Bagaimana Menganalisis Data Biologis

DDBJ menyediakan sebuah kursus Pelatihan Bioinformatika (di Jepang), untuk mengajari bagaimana menganalisis data biologi.

Jasa & Peluang Pelatihan / Pendidikan yang Ditawa­­rkan

Tidak hanya mengurusi database molekuler yang ada, DDBJ juga memberikan pelatihan Bioinformatics Training Course di Jepang. Pelatihan tersebut mengajarkan tentang bagaimana menganalisis data biologi.

SUMBER:http://www.ddbj.nig.ac.jp/intro-e.html

skema INSDC


10 responses to “What is DDBJ? Let Us Introduce to You About DDBJ. . . .”

  1. alfonslie says:

    Informasi yang sangat menarik. keep blogging 🙂

  2. gnosis says:

    Menurut saya, blog ini sudah bagus. Namun, bagian pelatihannya bisa di eksplorasi lagi gitu. Keep Blogging! 🙂

  3. gittadiana says:

    Good job! Sistematis postingannyaaa..
    Pelatihan/pendidikan yang ditawarkan ditambahin dan diuraiin lagiii doonggss biar lebih lengkap dan makin yahud! ^0^

  4. biolin says:

    ganshamnida ya komennya. . . . mbak Gitta~, mas Alpon~, & koko Ryco~

  5. Vincentius Yafet Winata says:

    sudah cukup bagus, hanya saja kurang dipaparkan mengenai jasa pelatihan dan pendidikannnya
    overall good job 🙂

  6. Niken says:

    nice blogging, bikin pengen tambah melek tentang database bioinformatika

  7. vebrinasinaga says:

    keep blogging twin..sudah cukupp okelah…hahaha 😀

  8. juventini46 says:

    Menurut saya, isi blognya sudah cukup lengkap, hanya saja jasa dan peluang pelatihan/ pendidikan yang ditawarkan kurang dijelaskan secara rinci. Tapi secara keseluruhan sudah cukup baik…..

  9. andreyoga says:

    Nice.
    Informasinya sudah baik dan menarik 😀

  10. agustinaarshe says:

    informasi yg menarik. mungkin bisa lebih dilengkapi dan dibuat lebih menarik tampilannya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php