Irena Winda

Si Hitam dari Kalimantan

Posted: September 17th 2014

            Anggrek hitam (Coelogyne pandurata L) merupakan anggrek endemik dari pulau Kalimantan Timur. Anggrek termasuk tanaman yang sulit dikembangbiakkan karena benih tidak memiliki endosperm sehingga sulit untuk tumbuh di alam.

index

            Pada saat ini, bunga anggrek hitam keberadaannya terancam punah akibat exspoitasi manusia. Faktor lain penyebab menurunnya keberadaan anggrek hitam adalah faktor eksternal berupa habitat tumbuhan yang rusak yaitu akibat penebangan pohon dan konversi lahan serta faktor internal seperti periode berbunga yang sangat pendek (cepat layu) dan bunga relatif sulit untuk dikawin silang. Salah satu cara untuk memelihara dan melindungi sumber genetik tersebut adalah menemukan cara yang tepat untuk menyimpan sebanyak mungkin gen dalam waktu yang lama. Penyimpanan material tumbuh sangat berguna untuk spesies-spesies yang cepat punah, baik itu karena kegagalan perkawinan silang, kondisi iklim maupun disebabkan oleh kesalahan manusia dalam melakukan konservasi.

             Salah satu metode konservasi sumber daya genetik dapat dilakukan secara in situ melalui teknik kultur in vitro. Upaya penyelamatan dan perbanyakan anggrek hitam dengan teknik kultur in vitro dipilih karena memiliki beberapa keunggulan yaitu perbanyakan eksplan secara cepat, pelestarian plasma mutfah, dan kemudahan memperbanyak tanaman yang sulit diperbanyak secara konvensional.

Daftar Pustaka

Arditti, J dan Ernst R. 1993. Micropropagation of Orchids. Department of Developmantal and Cell Biology. University of California.

Untarai, R dan Puspitaningtyas, D. W. 2006. Pengaruh Bahan Organik dan NAA terhadap Pertumbuhan Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata L) dalam Kultur in vitro. Biodiversitas Vol 7, No 3:344-348

Zulkamain. 2009. Kultur Jaringan Tanaman : Solusi Perbanyak Tanaman Budi Daya. Bumi Aksara. Jakarta.

 

 


2 responses to “Si Hitam dari Kalimantan”

  1. tosy says:

    cantik yow, aq br tahu ada anggrek hitam.
    oya, di blog dipaparkan bagaimana konservasi anggrek hitam ini, yaitu dengan cara penyimpanan material tumbuh. saya mau tanya yg dimaksud material tumbuh dan cara penyimpanannya seperti apa?
    trims:p

  2. sautbarcio says:

    informasi yang menarik.. tetapi terlalu sedikit apa yang disampaikan, mungkin bisa disampaikan ciri morfologi, persebaran, dll. dan perbanyak gambar agar lebih menarik
    #keepbloging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php