Pengertian Cloud Computing

Cloud computing  atau secara kata bila diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia dapat berbunyi “Komputasi Awan”,adalah  gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Cloud computing adalah sebuah konsep pemahaman dalam rangka pembuatan kerangka kerja komputasi secara online lokal (LAN) maupun global (internet) dimana terdapat beragam aplikasi maupun data  dan media penyimpanan yang dapat diakses dan digunakan secara berbagi (shared service) dan bersamaan (simultaneous access) oleh para pengguna yang beragam – mulai dari perseorangan sampai kepada kelas pengguna korporasi atau perusahaan.

Perbedaan Cloud Hosting, VPS, dan Shared Hosting

Apakah Anda sedang bingung memilih layanan hosting? Bingung dalam memilih layanan hosting yang tepat sangatlah wajar. Sebab tersedia berbagai macam pilihan layanan layanan hosting dengan berbagai fitur spesifikasi.

Ketika mengetikkan kata kunci “hosting” di Google, Anda akan menemukan banyak perusahaan yang menyediakan berbagai macam produk layanan hosting. Ada yang menawarkan shared hosting. Ada yang menawarkan VPS hosting. Ada juga yang menawarkan cloud hosting.

Manfaat Dan Solusi Mobile Device Management (MDM)

Mobile Device Management atau biasa disebut MDM adalah salah satu solusi dari Enterprise Mobility Management (EMM) yang berfungsi untuk mengelola, memonitor, menintegrasikan dan mendukung perangkat mobile (smartphone, komputer tablet, perangkat POS, laptop ataupun komputer desktop/PC) baik Corporate Owned, Business Only (COBO) ataupun Bring Your Own Device (BYOD) yang mencakup pada pendistibusian aplikasi dan konfigurasi administrasi pada perangkat tersebut.

Pengertian Infrastructure As A Service (Iaas)

Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Saat ini terdapat 3 tipe umum layanan cloud computing, antara lain; IaaS atauInfrastructure as a Service, kemudian ada Platform as a Service (PaaS) dan Software as a Service (SaaS). Untuk artikel kali ini akan dibahas lebih tentang Insfractuture as a Service atau IaaS.