Ancilla Alfionita Intan C

PTI-3 ; Selasa, 18/9/2012

Posted: September 22nd 2012

Computer Hardware

Untuk mengolah sebuah data dengan teknologi komputer, harus ada beberapa komponen pendukung. Komponen pendukung tersebut terdiri dari hardware, software. Pada pertemuan PTI yang ke-3 saya akan merangkum materi yang telah disampaikan berhubungan dengan hardware.

Komponen hardware atau perangkat keras dari suatu perangkat sistem informasi terdiri dari :

a. CPU (Central Processing Unit)

b. Memory (primary dan secondary storage)

c. Input devices

d. Output devices

—- Apa itu CPU ?

CPU disebut juga processor yang memberitahukan bagaimana menjalankan instruksi supaya komputer dapat bertindak. Jadi CPU mempunyai peran yang sangat penting dalam proses lancarnya perjalanan instruksi yang kita berikan kepada komputer.

Sebuah CPU terdiri juga dari beberapa komponen yaitu :

a. Processor

b. Memory

c. Adapter cards :

– Sound card

digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Tampa adanya sound card dalam CPU, kita tidak bisa mendengarkan lagu, tidak bisa merekam suara, dan hal lainnya yang berhubungan dengan suara.

– Modem card

berfungsi untuk menyambungkan komputer ke internet.

– Video card

berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan gambar di layar monitor. Jika tidak ada video card, maka tidak akan ada gambar yang muncul di layar monitor.

– Network card

sebuah kartu yang berfungsi untuk menjembatani komputer dengan jaringan komputer.

d. Ports

e. Drive bays

f. Power supply

Di dalam sebuah CPU, ada komponen yang utama atau paling penting. komponen tersebut bernama Mothernboard.Motherboardadalah papan sirkuit utama dalam unit sistem, motherboard merupakan ibu dari komponen-komponen yang ada di CPU. Motherboard sendiri terdiri dari : adapter cards, processor chips, dan memory chips.

Central Processing Unit berdasarkan bahasa dalam lingkup teknologi informasi disebut juga sebagaiĀ microprocessor. Dalam microprocessor yang berukuran kecil itu, terdapat beberapa komponen yang berperan penting dalam berjalannya sebuah komputer. Tujuan microprocessor adalah untuk mengeksekusi perintah untuk menjalankan tugas pengolahan komponen. Komponen dalam microprocessor adalah :

1. Control Unit :

Komponen ini berfungsi untuk mengakses instruksi program, menafsirkan kode-kode instruksi yang kita berikan menjadi kode instruksi yang dapat dibaca oleh komputer, mengontrol aliran data di sistem, dan sebagai jalur aliran data (buses).

2. Arithmetic Logic Unit (ALU)

Berfungsi untuk melakukan proses komputasi pada data, dan melakukan komparasi data.

3. Registers

Sebagai area penyimpanan berkecepatan tinggi untuk menyimpan data dan instruksi. tetapi sifat penyimpanan dari registers bersifat sementara.

4. Memory

sebagai tempat penyimpanan instruksi, data, dan hasil yang terdiri dari satu/lebih chips motherboard. Setiap byte dalam memory dinamakan address. Memory ini terdiri dari primary dan secondary storage.

Di dalam memory ada yang bernama primary storage atau tempat penyimpanan primer. Primary storage ini biasa disebut sebagai RAM (Random Access Memory).nya komputer. Fungsi dari primary storage ini adalah menyimpan data yang sedang aktif digunakan. Tempat penyimpanan ini bersifat volatile artinya data akan hilang jika komputer dimatikan, jadi data yang tersimpan tidak disimpan secara permanen dalam primary storage. Semakin besar kapasitas primary storage (RAM), semakin cepat pula akses penyimpanannya. Ada beberapa tipe tempat penyimpanan yaitu :

-Registers

-RAM (Random Access Memory) : meyimpan data yang sedang aktif digunakan.

-Cache memory : sebagai perantara antara RAM dan hardisk.

-ROM (Read Only Memory) : menyimpan data permanen, non-voaltile (data tidak akan hilang jika komputer dimatikan).

Selanjutnya ada secondary storage atau tempat penyimpanan sekunder. Secondary Storage ini biasa kita sebut dengan hardisk. Tempat penyimpanan ini berkapasitas besar, tetapi cara kerjanya lebih lambat daripada primary storage, dan harganya pun lebih murah daripada primary storage. Secondary storage ini sifatnya non-volatile, jika komputer dimatikan maka data tidak akan hilang atau tersimpan secara permanen. Semakin berkembangnya zaman, kapasitas hardisk semakin besar pula. Sesuaikan pula kapasitas hardisk dengan kebutuhan kita. Jangan memakai hardisk yang terlalu besar jika kebutuhan kita sedikit.

Sebuah memory hanya bisa membaca kode komputer yang unik atau biasa disebut ASCII code. 1 byte dalam memory sama dengan 8 bits (binary digits). Tingkatan kapasitas memory adalah byte, kilobyte (kb), megabyte (mb), gigabyte (gb), dan yang terbesar adalah terabyte. Saat ini sudah ada beberapa komputer yang kapasitas penyimpanannya sudah mencapai terabyte.

Hirarki Komputer

Komputer juga mempunyai tingkatannya, dari mulai yang paling atas adalah supercomputers yang biasa digunakan dalam perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan pengelolaan data yang besar, sehingga perusahaan tersebut memakai supercomputers. Setelah itu, ada mainframes yang biasa diguanakan untuk komersial, scientific, dan militer, mainframes sendiri terdiri dari komputasi yang rumit. Di bawah mainframes ada juga yang disebut minicomputers, tipe komputer ini biasa digunakan untuk universitas, pabrik, dan laboratorium. Di indonesia, mungkin masih sedikit sekali komputer yang berfungsi khusus untuk bekerja dalam bidang perkuliahan untuk universitas, pabrik, maupun laboratorium. Selanjutnya ada microcomputers, jenis komputer yang satu inilah yang sering kita gunakan atau biasa kita sebut sebagai PC. Jenis komputer ini bisa berbentuk komputer rumahan maupun portable (laptop).

Input Devives

Input devices adalah perangkat yang fungsinya untuk memasukkan data atau instruksi ke dalam sebuah komputer. Perangkat masukan ini juga terdiri dari human oriented dan automated. Human oriented artinya dijalankan oleh user atau berorientasi pada manusia atau user untuk memasukkan data, harus ada orang yang menjalankan input devicesnya agar data bisa masuk dalam komputer. Contohnya : keyboard, touchscreen, joystick, microphone, stylus (pena elektronik, memasukkan data jika kita menggunakan pena elektronik pada area yang sensitif yang telah tersedia khusus untuk pena elektronik). Sedangkan automated artinya adalah secara otomatis data dimasukkan dalam komputer. Contohnya adalah ATMs, POSs (Point of Sales), scanner optik, dsb.

Output Devices

Perangkat keluaran berfungsi untuk mengeluarkan data yang telah diproses yang disebut informasi dalam bentuk gambar, suara, hardcopy. Contoh output devices adalah printer, monitor, speaker. Perangkat tersebut sangatlah penting bagi user untuk melihat informasi atau data yang sudah diolah sebelumnya menggunakan komputer dan perangkat masukannya (input devices).

Kesimpulan :

Untuk mendukung sistem informasi, komputer harus mempunyai beberapa komponen yang berperan penting. Salah satunya adalah hardware (perangkat keras). Jika tidak ada hardware, sistem informasi tidak akan bisa dibuat dan diolah. Hardware yanbg berperan besar adalah CPU (Central Processing Unit), di dalam CPU ada motherboard, dan ada juga microprocessor yang berperan sangat penting dalam mengeksekusi instruksi yang diberikan user kepada komputer. Jika kita ingin menggunakan hardware yang tepat untuk kita, kita harus menimbang-nimbang beberapa hal yaitu :

– Produktivitas : jika kita memilih hardware, pilih perangkat keras yang dapat meningkatkan produktivitas, dan sesuaikan dengan kemampuan usernya. Tak mungkin kita memilih perangkat keras yang canggih, sedangkan user tidak bisa menggunakan hardware dengan baik, nantinya malah akan menimbulkan kerugian.

– Mengubah gaya kerja : Belum tentu gaya kerja akan berubah jika kita menggunakan perangkat keras baru.

– Produk dan servis (pelayanan baru) : Sebuah perusahaan atau organisasi haruslah siap menghadapi dan mengambil keuntungan dari produk baru. Jika kita mempunyai sebuah bisnis atau organisasi kita tidak bisa langsung membeli produk baru, tetapi si user atau karyawan sama sekali tak tahu keuntungan ari produk itu sendiri.

– Komunikasi meningkat : Suatu organisasi harus benar-benar siap untuk menggunakan multimedia untuk saling berkomunikasi. jangan sampai terjadi miss-communication antar anggota atau karyawan, hanya karena ada salah satu anggota atau karyawan yang belum siap atau mempunyai kapasitas untuk menggunakan teknologi baru yang telah disediakan oleh suatu organisasi atau perusahaan.

Ancilla Alfionita Intan C

120707051 / Kelas C


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php