Ancilla Alfionita Intan C

Peng.Tekn.Informasi – 2 ; selasa, 11/9/2012

Posted: September 11th 2012

IT di Organisasi Modern – Arsitektur dan Infrastruktur Informasi

Ternyata pengertian arsitektur dan infrastruktur tidak hanya digunakan untuk menjelaskan sebuah materi yang berhubungan dengan bangunan. tetapi sebuah informasi juga menggunakan arsitektur dan berbagai macam infrastruktur sebagai pendukung.

Sekarang akan saya jelaskan tentang infrastruktur informasi. Kita mengenal jika infrastruktur sebuah bangunan antara lain semen, batu bata, pasir, dsb. Ternyata di dalam IS, terdapat berbagai macam infrastruktur sebagai pendukung IS. Infrastruktur di sini artinya adalah fasilitas fisik, layanan, dan manajemen untuk sumber daya komputasi yang mendukung sebuah organisasi. Infrastruktur tersebut terdiri dari :

– komputer

– jaringan dan fasilitas komunikasi

databases

– Information Management Personal

Infrastruktur informasi tersebut lebih merajuk tentang apa yang digunakan untuk mendukung manajemen sebuah informasi dalam suatu organisasi. Contohnya seperti ruangan komputer di dalam gedung, ruangan komputer di sini difungsikan sebagai infrastruktur karena berfungsi sebagai tempat penyimpanan komputer-komputer yang akan digunakan.

Sedangkan pengertian dari arsitektur informasi sendiri bukan hanya memfokuskan kepada hal yang hanya berhubungan dengan rancangan atau desain tetapi lebih terfokus pada rencana yang mendetailkan. maksudnya mendetailkan adalah kita harus mengetahui apa saja informasi yang dibutuhkan, lalu setelah tahu kebutuhan, kita juga harus menelaah tentang bagaimana kebutuhan informasi tersebut dapat terpenuhi. Arsitektur informasi juga merupakan gabungan kebutuhan informasi, infrastruktur, dan aplikasi software yang mendukung.

Biasanya orang lebih sering menggunakan clous computing untuk menjalankan bisnisnya. Apakah cloud computing itu? Cloud computing artinya komputasi yang mengambang, artinya seorang pelaku bisnis menyewa infrastruktur dari sebuah provider tertentu yang menyediakan persewaan infrstruktur. Para penyewa berfikir bahwa akan lebih mudah dan praktis jika menyewa infrastrukturnya, karena mereka tidak akan berfikir secara rumit tentang perawatannya jika menggunakan infrastruktur pribadi. Jadi lebih praktis dan efisien jika mereka menyewa infrstruktur dari suatu provider.

Jenis-jenis Sistem Informasi :

Dalam suatu organisasi tentu saja terdapat struktur organisasi, begitu pula dengan sistem informasi. sistem informasi juga mempunyai beberapa tingkatan, dari mulai yang biasa sampai sistem informasi cerdas.

1. Transaction Processing Systems

Fungsi : untuk mengumpulkan/menyimpan data bisnis sehari-hari.

Artinya jenis sistem informasi ini mengelola sebuah data yang sifatnya rutin (setiap hari) dan terus ter-update. Jenis ini merupakan dasar dari pengembangan sistem bisnis. Bentuknya bisa sangat kompleks dan rumit, tergantung dengan tingkat kebutuhan pengguna.

Contoh : Kasir (Point of Sale), jadi perkembangan yang terjadi dalam suatu bisnis dapat terus dipantau. Karena proses yang terjadi rutin dan cepat. Seorang teller kasir yang bertugas untuk mendata.

2. Management Information Systems

Jenis sistem informasi ini mendukung adanya pengambilan keputusan yang sifatnya rutin dalam bentuk laporan. Mengakses, mengorganisasikan, merangkum, dan menampilkan informasi sebagai bahan laporan untuk pengambilan keputusan.

3.  Office Automation Systems

Sistem ini dikembangkan untuk mendukung kantor dan para pekerja dalam hal pengolahan data. Contohnya Word Processing Systems.

4. Decission Support Systems

Jenis sistem informasi ini hampir sama dengan Management Information Systems, tetapi jenis ini lebih pintar, karena bisa memberikan rekomendasi jadi tidak hanya laporan. Dan jenis sistem ini berlaku untuk keadaan yang tidak rutin.

5. Intelligent Support Systems

 Sistem ini dikembangkan untuk sistem pintar. Sistem yang mempunyai kapabilitas untuk belajar dari kasus sejarah.

6. End-user computing

Pengembangan sistem informasi oleh pengguna utama seperti analis, manajer, dan profesional lainnya.

7. Knowledge Management Systems

Sistem yang berfungsi untuk mendukung, menciptakan, mengumpulkan, mengatur, mengintegrasikan, dan menyebarkan pengetahuan dari organisasi.

8. Data Warehousing

Jenis sistem yang didesain sebagai gudang data (database) yang dirancang untuk mendukung DSS (Decission Support Systems), kegiatan analisis, dan pengguna akhir ESS, dsb.

9. Mobile Computing

Sebuah sistem informasi yang mendukung karyawan untuk bekerja bersama pelanggan atau mitra bisnis di luar batas-batas fisik perusahaan, bisa melalui jalur kabel atau nirkabel jaringan.

Bagaimana Sistem Informasi dapat mendukung informasi ?

Yang pertama, kita harus tahu struktur organisasi dahulu. Seperti pembagian kerja sesuai dengan fungsi departemen masing-masing. Seperti Top manager, middle manager, operational manager, dan staff. Fungsi dari sistem informasi sendiri dikembangkan untuk mendukung terbentuknya struktur organisasi.

Yang kedua adalah menyangkut tentang aplikasi software dan sistem. Hal tersebut dapat mendukung individu/tim, departemen, divisi, dan perusahaan.

Yang ketiga adalah Interorganisasional. Artinya sistem informasi membagi fungsi dari struktur organisasi. Contohnya : Top managers yang bertugas untuk mengambil keputusan yang bersifat strategi, middle manager bertugas untuk mengambil keputusan bersifat taktik, line manager bertugas untuk mengambil keputusan bersifat operasional, dan lain sebagainya.

Jadi kesimpulannya : Infrastruktur dan Arsitektur sangatlah penting untuk sebuah sistem informasi. Begitu pula dalam menjalankan bisnis, kita harus pintar dalam hal memilih jenis sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan informasi yang akan kita buat. Jadi, sistem informasi tanpa adanya arsitektur dan infrastruktur tidak akan berjalan karena jika tanpa arsitektur dan infrastruktur suatu sistem informasi akan menjadi berantakan karena tidak terstruktur alias asal-asalan, dan tidak berjalan sesuai dengan harapan suatu organisasi.

Ancilla Alfionita Intan C

120707051


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php