Ancilla Alfionita Intan C

Mata Kuliah-Pengenalan Teknologi Informasi-1 ; selasa,4/9 2012

Posted: September 4th 2012

IT di lingkungan bisnis

Di era globalisasi sekarang ini, semua aspek kehidupan berkembang dengan sangat pesat terutama di bidang IT. Apa hubungannya dengan bisnis ? Zaman sekarang, hampir semua orang lebih menyukai bisnis, karena dianggap bisa lebih menghasilkan daripada hanya kerja di kantor atau perusahaan tertentu. dan tentunya persaingan akan semakin ketat dari hari ke hari.

Karakteristik dari bisnis sendiri yaitu :

a. Rapid change : Sekarang bisnis berkembang dan berubah dengan cepat mengikuti perkembangan zaman yang ada. Jadi pelaku bisnis harus terus menyesuaikan diri sesuai dengan perkembangan yang ada agar bisnis tetap berjalan sesuai harapan.

b. Complexity : Bisnis itu sangat kompleks karena untuk menciptakan bisnis, harus ada saling interaksi dan berhubungan satu sama lain, dan kadang hubungan dan interaksi yang terjadi tersebut bisa menjadi rumit.

c. Global economy : Sekarang kita semua sedang dalam era ekonomi global dunia. banyak produk-produk luar negeri yang dengan bebasnya masuk ke dalam negeri. hal tersebut tentunya dapat membuat produsen dalam negeri merasa terancam keberadaannya. Konsumen tentunya akan memilih produk yang terbaik, entah itu berasal dari luar negeri atau dalam negeri. Oleh karena itu, persaingan yang terjadi di lingkup bisnis benar-benar sangat sulit dan mengerikan.

d. Hyper-competition : Kompetisi bisnis yang meningkat, menuntut para pelaku bisnis untuk terus melakukan inovasi dan berfikir kreatif untuk menjamin keberlangsungan bisnis yang dijalankan itu sendiri. Kompetisi yang meningkat itulah dampak dari perkenomian yang sudah menglobal atau mendunia. Bertambah dan berkembangnya ide-ide baru, serta strategi cerdas dari para pelaku bisnis, menyebabkan persaingan yang terjadi menjadi sangat sulit.

e. Customer focus : Semua bisnis yang ada sekarang haruslah berpusat pada konsumen. Konsumen harus diberikan pelayanan terbaik supaya konsumen juga merasa nyaman untuk turut menjadi bagian dalam berjalannya bisnis tersebut. Produk ataupun lisensi yang pertama menerapkan strategi modern untuk mencapai bisnis yang maksimal yang berfokus pada konsumen.

Prinsip bisnis itu sendiri adalah memakai atau menggunakan sumber daya yang sedikit tetapi bisa menghasilkan produksi yang banyak.

Lalu setelah kita tahu karakteristik dari bisnis itu sendiri, respon-respon yang harus kita ambil untuk menanggapi hal tersebut antara lain :

a. Dalam menghadapi tekanan bisnis yang semakin kuat, hendaknya hal seperti itu dapat membuat pelaku bisnis untuk berfikir proaktif dan kreatif. Proaktif dalam konteks ini artinya tanggap. Jadi para pelaku bisnis harus tanggap dengan perkembangan zaman yang ada, supaya bisa menghadapi persaingan yang super ketat.

b. Ada teknologi informasi (Information Technology) dan sistem informasi (Information systems) yang mendukung bisnis. sebagai sarana untuk menjalankan bisnis.

c. Di beberapa kasus, IT merupakan satu-satunya solusi yang ada untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.

d. Kemampuan IT seseorang haruslah kuat untuk orang yang berbisnis, karena hampir semua aspek dalam bisnis menggunakan sarana Information Technology (IT) dan Information Systems (IS).

Sebuah bisnis itu pasti berawal dari organisasi. Organisasi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu dari pasar, teknologi, dan sosial. Pasar yang bersifat global dan kompetitif memaksa sebuah organisasi bisnis untuk merubah strategi kerja, tetapi terkadang kondisi pasar meletakkan konsumen pada posisi yang lebih kuat. Biasanya posisi konsumen yang kuat terjadi di pasar monopoli, contohnya di suatu tempat yang terdapat barang-barang yang mudah di dapat, karena konsumen bisa mempengaruhi harga dari barang itu sendiri.

Dari pembahasan di atas kita merucut ke suatu hal yang paling dasar, mengapa kita harus mengenal dan tahu tentang IT ?

Pemanfaatan IT itu sangat menarik, seperti E-ticketing, E-Business membuat segalanya jadi mudah untuk dilakukan. Struktur organisasi, manajemen, proses bisnis, kadang diubah dalam bentuk IT untuk mendapatkan hasil maksimal dengan proses cepat dan pendek, orientasi ke konsumen, dan penyimpanan data yang lebih baik. pekerjaan dan karir yang terbuka di bidang IT sangatlah luas, karena IT ada di berbagai area bisnis karena mempengaruhi semua area.

Data merupakan fakta mentah yang dikumpulkan tapi belum terorganisir. Sedangkan informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah informasi. Pengetahuan adalah sebuah informasi yang terorganisir yang menghasilkan sebuah pemahaman dan kemudian menjadi literatur komputer.

Sistem merupakan komponen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan yang sama. Seperti sistem komputer yang mempunyai tujuan untuk mengeluarkan output yang berguna bagi users. Sedangkan sistem informasi adalah sistem yang mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu. sistem informasi yang ada saat ini adalah sistem informasi yang berbasis komputer.

Suatu komputer terdiri dari 3 bagian yaitu hardware, software, brainware. Hardware merupakan perangkat keras komputer yang dapat dilihat, diraba, dan dirasakan yang terdiri dari proses input-output-system unit (CPU)-storage-network. Sedangkan softwarenya adalah program, di dalam sebuah sistem operasi ada sistem aplikasi.

Suatu informasi haruslah bersifat akurat (sesuai dengan kenyataan yang ada), komplit, fleksibel (dapat menyesuaikan perkembangan zaman), konsisten, relevan, informasi pasti selalu ada saat kita membutuhkannya, bisa diverifikasi (dipertanggung jawabkan), mudah untuk diakses, dan bebas dari gangguan. Contoh dari informasi modern adalah Telepresence yang sudah diterapkan oleh beberapa perusahaan yang membuka cabang di seluruh dunia.

Kesimpulannya : IT sangat dibutuhkan di dalam dunia bisnis, dengan persaingan yang sangat kompetitif para pebisnis dipaksa untuk menemukan ide-ide tentang strategi cerdas untuk menarik konsumen agar tertarik ikut ambil bagian dalam bisnisnya. Supaya bisnis tersebut berkembang secara terus-menerus, IT sangat diperlukan karena bersifat fleksibel terhadap perubahan zaman yang ada saat ini. Sehingga bisnis berkembang dengan ciri khas masing-masing, bisnis yang berdasarkan IT dan pintar membaca pasar biasanya yang akan lebih maju daripada bisnis yang hanya mengandalkan sarana manual.

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php