Blog Inspirasi

Muncul Purging Setelah Pakai Skincare

Posted: April 30th 2019
jerawat akibat purging

evamuliaclinic.com – Ada dua kemungkinan ketika ingin coba skin care baru, pertama kulit jadi sehat atau malah muncul banyak masalah, seperti komedo dan jerawat. Mungkin anda belum ngerti apakah ini tanda purging atau breakout. Agar anda ngerti perbedaannya. sebaiknya pahami duli jenis jerawat dan penyebabnya. Biasanya jerawat disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati (micromedone) yang tidak diangkat.

Apa itu purging?

Eva Mulia

Dalam dunia kecantikan purging berarti pembersihan. Ketika menggunakan skin care atau fase pergantian produk skin care lama ke baru. Nah kemungkinan anda mengalami proses yang dinamakan purging.

beda sama dunia medis, purging yaitu sebuah kondisi yang timbul akibat penggunaan kosmetik atau bahan kimia yang memiliki bahan seperti AHA, BHA atau produk berjenis scrub, peeling, atau retinoid yang punya kelebihan penetrasi ke dalam kulit untuk membersihkan dan memperbaiki lapisan bawah kulit.

Bahan-bahan ini bisa mempercepat pertumbuhan sel kulit sehingga kulit akan tampak seperti bersisik dan tampak seperti memiliki benjolan kecil yang biasanya akan menghilang tanpa adanya fase kemerahan, bengkak, atau radang pada kulit Anda.

Purging bertujuan untuk membersihkan pori-pori kulit wajah Anda yang tersumbat oleh minyak berlebih, sel kulit mati yang tertumpuk dan komedo. Sehingga hal ini menyebabkan munculnya jerawat yang semakin banyak dan terlihat parah.

Cara Mendeteksi Jerawat Purging

Ciri-ciri jerawat purging, yakni tempat dan durasi. Jerawat purging hanya menghilangkan jerawat di bawah kulit, maka jerawat purging letaknya tidak jauh dari bagian wajahmu yang biasa berjerawat. Misal, ketika anda punya jerawat di dahi. maka anda harus waspada terhadap produk baru.

Kedua, karena secara normal proses pergantian sel kulit terjadi tiap satu bulan sekali, jerawat purging akan hilang sebelum satu bulan. Bahkan, jerawat akibat purging ada yang hilang dalam satu minggu saja. Kalau memakan waktu lebih, kemungkinan jerawatmu disebabkan karena enggak cocok atau iritasi.

Baca juga: menghilangkan lubang bekas jerawat


One response to “Muncul Purging Setelah Pakai Skincare”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php