Blog Inspirasi

Cara Mengembangkan Bisnis Bagi Pemula

Posted: December 11th 2019

Inspirasi – UMKN – akurat – Cara Mengembangkan Bisnis Bagi Pemula – Untuk menjadi pebisnis besar, dalam melakukan sebuah bisnis amatlah penting untuk para pemula yang ingin melakukan usaha pada bidang produksi, perdagangan atau pun jasa dengan serius.

Banyak para ahli ekonomi menyarankan untuk menggunakan pendekatan logis didalam mengambil keputusan dalam bisnis. Tetapi pada kondisi tertentu, naluri serta insting dan juga feeling atau biasa disebut intuisi memiliki peranan penting didalam suatu bisnis.

Baca juga bahasa batak

Hal ini perlu untuk mengambil keputusan dengan cepat di kondisi genting. Sebelum jauh kedalam, lebih baik kita telaah dulu apa itu definisi dan arti dalam “naluri bisnis”, insting dalam berwirausaha yang disebut dengan feeling entrepreneur.

Bagaimana Cara Mengembangkan Naluri Bisnis Pemula?

bisnis pemula - kargoku.id

Memiliki Bisnis atau Terlibat Langsung

Terjun langsung pada bisnis atau usaha merupakan faktor utama untuk mengasa naluri bisnis pemula. Pengalaman dalam menghadapi banyak masalah, hambatan dalam berbisnis pada jangka waktu yang cukup lama akan membuat naluri bisnis kalian berkembang.

Hal semacam inilah yang tidak pernah diajarkan pada bangku kuliah atau pada kursus manapun. Maka benar yang dikatakan oleh pepatah bahwa pengalaman merupakan guru terbaik.

Pengertian Naluri Bisnis

Naluri Bisnis adalah kemampuan yang alami dimiliki oleh seseorang dalam hal ini berkonteks pengusaha yang mana bereaksi secara majemuk dalam melakukan pengelolaan usaha yang dijalankan dari waktu ke waktu. Meliputi:

  • Kemampuan atau kepekaannya dalam melihat suatu peluang bisnis.
  • Memiliki kemampuan untuk menganalisa untung dan rugi.
  • Memiliki kemampuan untuk menilai sebuah karakter atau perilaku individu baik karyawan, rekan bisnis, dan konsumen serta lain sebagainya.
  • Memiliki kemampuan dalam mempengaruhi orang lainnya.
  • memiliki dorongan naluri, feeling, insting, intuisi berbisnis yang mana akan muncul secara otomais dan sendirinya tanpa disadari sebagai akibat dari proses pengalaman yang beragam.
  • Lihat juga Papula

Fokus Dengan Bisnis Yang Kalian Jalankan

Fokus pada bidang bisnis pemula yang kalian jalani dapat membantu mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan serta kemunduran dalam usaha anda. Hal ini dapat membantu pengambilan keputusan saat dalam kondusi yang sulit.

Sebagai contoh jika kalian pebisnis awam yang bergerak dibidang garment, untuk bisnis musiman pada saat moment lebaran umumnya permintaan akan meningkat tajam. Maka kalian harus menyiapkan stok jauh hari sebelumnya.

Bergaul Dengan Banyak Orang

Bergaul dengan banyak orang baik dari kalangan sesama pebisnis maupun masyarakat umum akan memiliki manfaat untuk memberikan gambaran karakter orang kebanyakan.

Baca juga obat Imunos

Sebagai contoh, apabila orang yang berbicara terlalu tinggi mempunyai kecenderungan untuk berbohong. Sedangkan orang yang suka menatap lawan bicara nya adalah orang yang kecenderungan untuk serius dan lain sebagainya.

Belajar Dari Pengalaman Orang Lain

Kalian sebaiknya menyempatkan diri dan sering berbagi pengalaman dengan rekan sesama pengusaha, menghadiri banyak seminar, serta banyak membaca kisah inspiratif kesuksesan dalam berbisnis, apa lagi untuk kalian yang menjadi bisnis pemula.

Kalian dapat mempelajari tentang apa yang dapat membuat sukses dan apa yang dapat membuat kegagalan dalam menjalani bisnis pemula secara total. Dan hal ini memiliki manfaat yang amat banyak manfaatnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php