Blog Inspirasi

Apa itu Inspirasi ?

Apa itu Inspirasi ? Inspirasi adalah sebuah proses atau tindakan atau bisa juga kekuatan yang memberikan sesuatu yang lebih (meningkatkan) atau rangsangan atau stimulasi secara mental untuk melakukan atau merasakan sesuatu (kognitif dan emosional) terutama untuk melakukan sesuatu yang kreatif.

Umumnya kita berpikir bahwa inspirasi menyambar bagai halilintar, kita melihat inspirasi sebagai perasaan yang terjadi hampir secara tidak sengaja.

Namun, seperti yang dinyatakan dalam definisi di atas, inspirasi adalah suatu proses. Kita menjadi terstimulasi secara mental (terinspirasi) untuk melakukan sesuatu. Bagi mereka yang ingin merasa terinspirasi, kuncinya adalah belajar bagaimana menciptakan alam berpikir yang “terinspirasi” ketika kita memerlukannya.

Tidak ada satu pun cara yang dapat mengatur untuk membuat setiap orang merasa terinspirasi. Pasalnya kita semua adalah individu yang berbeda dan terinspirasi oleh hal-hal yang pastinya juga berbeda.

Anda perlu mempelajari apa yang cocok untuk Anda dan salah satu cara terbaik untuk berada dalam situasi yang menginspirasi, adalah dengan memikirkan apa yang Anda lakukan terakhir kali Anda merasa terinspirasi.

Pertimbangkan di mana Anda berada dan apa yang Anda lakukan, dll. Cari faktor-faktor umum dan gabungkan hal tersebut di lain waktu Anda membutuhkan beberapa ide atau jawaban yang menginspirasi.

Berikut ini adalah beberapa situasi yang kerap mendatangkan inspirasi pada diri manusia:

  1. Beberapa menemukan inspirasi dalam musik.
  2. Beberapa orang menemukan inspirasi dalam kata, entah itu cerita di dalam buku atau bait-bait puisi.
  3. Beberapa orang terinspirasi ketika berbagi waktu dengan alam.
  4. Beberapa orang mengambil kanvas dan beberapa pensil warna dan mulai mencoret-coret.
  5. Beberapa orang menjadi terinspirasi untuk menciptakan, ketika tenggat waktu internal atau eksternal mendekati. Yang ini sangat menarik, karena menunjukkan bagaimana inspirasi kreatif memang bisa didorong sendiri.
  6. Beberapa menemukan inspirasi melalui afirmasi, refleksi diri, self-talk yang positif atau keheningan meditasi.
  7. Beberapa menemukan inspirasi datang ketika mereka melakukan beberapa jenis aktivitas fisik. Bagi saya, berjalanlah yang paling berhasil.
  8. Beberapa menemukan inspirasi dalam desain barang sehari-hari.
  9. Dan lain-lain.

Blog ini memiliki tujuan yang sederhana, mengumpulkan peristiwa atau informasi yang tersebar, tercecer yang mungkin umum atau justru jarang sekali yang mungkin dapat menginspirasi untuk saya ataupun bagi para pembaca.


© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php