Mengenal Cara Perhitungan Investasi SEO yang Tepat

Mengenal Cara Perhitungan Investasi SEO yang Tepat – Sebagai seorang web developer yang mengenal dunia SEO, kamu juga perlu mempelajari perhitungan investasi pakar SEO yang tepat. Kamu wajib menghitung ROI (Return on Investment) dalam marketing digital yang dijalankan.

Apa itu ROI ? Menurut jurnal enterpreneur, ROIdidefinisikan sebagai sebuah rasio yang menunjukkan hasil dari jumlah aktiva (aset atau kekayaan yang dimiliki) yang digunakan dalam perusahaan tentang efisiensi manajemen.

ROI juga disebut sebagai keuntungan dari investasi atau tingkat pengembalian pada investasi yang dilakukan. Rasio ini memiliki tujuan untuk menunjukkan berbagai hasil jumlah aktiva yang biasanya diukur dengan persentase.

Menghitung tolak ukur keuntungan dari bisnis market digital yang kamu jalankan yang paling tepat adalah dengan menggunakan ROI. Dengan mengetahui hasilnya, kamu bisa mengevaluasi semua kegiatan operasional sehingga bisnismu semakin berkembang.

Sebagai pebisnis, memutuskan untuk melakukan investasi pada sebuah aset bukanlah suatu kesalahan. Namun, hal ini bisa menjadi kesalahan fatal jika kamu tidak mengenal cara perhitungan investasi SEOyang tepat.

Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi pada suatu saham, kenali dulu cara perhitungan investasi SEOyang benar agar kamu bisa menghitung perkiraan untung dan rugi yang mungkin kamu dapatkan dari investasi tersebut.

Di era digital saat ini banyak masyarakat yang melakukan berbagai investasi, baik itu sebuah bisnis/saham, investasi membeli aset, penanaman modal dalam proyek dan lain sebagainya. Namun, investasi bisa saja merugikan jika salah dalam perhitungan.

Dalam dunia marketing digital yang berinvestasi pada SEO, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan keuntungan jika mengenal cara perhitungan investasi SEOyang tepat. Namun jika tidak, hal ini bisa berujung pada penyesalan mendalam karena mengalami kerugian.

Maka dari itu, penting bagi kamu mempelajari perhitungan investasi SEOmenggunakan analisis ROI untuk mengetahui perhitungan dari perkiraan keuntungan atau kerugian pada investasi yang akan kamu lakukan.

Dengan menghitung ROI, kamu bisa mendapatkan hasil dari semua aktiva yang terkendalikan. Bahkan tak jarang juga, perhitungan investasi SEOini membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai suatu target tertentu.

Mempelajari perhitungan Return On Investment sangat dianjurkan bagi kamu yang baru terjun dalam dunia bisnis dan investasi SEO. Sebab, dengannya kamu bisa mengendalikan digital marketing agar bisa tetap berjalan dan semakin berkembang.

Apa pentingnya Return On Invesment ? Melakukan perhitungan investasi SEOini digunakan untuk menentukan keputusan yang akan diambil dalam bisnis kamu nantinya. Inilah mengapa ROI perlu dikuasai dengan betul.

Selain itu, ROI juga berfungsi untuk menghitung investasi, pembelian aset, menanamkan modal serta melakukan hitungan jika seandainya kamu ingin merekrut tenaga kerja demi kelancaran bisnis marketing digital yang kamu jalankan.

Dengan mendapatkan hasil dari perhitungan ROI, kamu bisa mengambil keputusan dalam bisnismu. Misalanya saja keputusan untuk menanamkan modal, membeli aset, investasi dan lain sebagainya.

Perlu kamu ingat, bisnis yang sedang kamu jalankan harus dilakukan dengan perhitunan tinggi. Walaupun kamu mengalami keuntungan atau kerugian, kamu perlu tahu berapa besar persentasenya.

Dengan perhitungan investasi SEOyang benar, berarti kamu sudah kuasai rumus ROI-return on investment. Nah, dengan mengetahui nilai ROI, barulah kamu bisa menilai apakah bisnis marketing digital yang kamu jalankan harus lanjut atau berhenti.

ROI menjadi salah satu parameter kunci untuk menilai efektivitas suatu bisnis atau investasi. Sayangnya, dalam praktik tersebut kamu tidak hanya butuh rumus ROI untuk menilai sebuah investasi.

Pada dasarnya, ROI juga digunakan secara bersamaan dengan parameter lainnya, termasuk di dalamya adalah internal rate of return (IRR) dan net present value (NPV).

Perlu kamu ketahui, perhitungan menggunakan ROI juga ada kelebihan dan kelemahannya. Berikut beberapa kelebihan yang memudahkan kamu untuk menghitung aktiva jika kamu menggunakan ROI.

Kelebihan ROI :

  • Memudahkan suatu bisnis untuk mengambil keputusan penting seperti membeli aset, melakukan investasi atau memberi pendanaan untuk proyek tertentu
  • Menjadi tolak ukur efisiensi penggunaan modal, produksi serta penjualan
  • Bisa digunakan untuk melakukan perencanaan suatu bisnis
  • Dapat dijadikan sebagai alat untuk membandingkan bisnismu dengan bisnis pesaing (namun hal ini hanya dapat diraih jika kamu memiliki data industri)

Namun dibalik kelebihan yang didapat, ROI juga masih memiliki beberapa kekurangan yang ternyata tidak bisa dikendalikan. Apa saja kekurangan tersebut ? Berikut diantaranya.

Kekurangan ROI :

  • Persentase yang diperoleh dari hasil hitung ROI ternyata tidak slelau bisa dijadikan sebagai perbandingan dengan kompetitor (hal ini dikarenakan setiap bisnis memiliki praktik akuntasi dan manajemen yang berbeda)
  • Nilai ROI yang tinggi tidak dapat disebut efektif jika belum dibandingkan dengan biaya modal, karena ROI tidak memasukkan unsur biaya modal ke dalam rumus

Lantas, bagaimana cara menghitung ROI ? Setelah kamu paham definisi dari ROI dengan apa saja kelebihan yang didapat serta kelemahan dari ROI, kini saatnya kamu harus mengetahui bagaimana Master SEO yang tepat.

Namun sebelum itu, kamu harus ketahui dulu berapa besar biaya yang akan dihabiskan untuk investasi, pendapatan investasi serta berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga modal tersebut bisa returned. Berikut ini adalah rumus dan contoh perhitungannya.

Rumus :

ROI =  Pendapatan yang dihasilkan

                 Modal yang ditanam

Cara perhitungan ROI sangat sederhana. Contoh, misalnya kamu berinvestasi saham sebesar Rp 1.000.000, kemudian investasi tersebut menghasilkan keuntungan sebesar Rp 1.100.000, maka ROI nya adalah 1,1 .

Pendapatan yang diperoleh dapat berupa arus kas yang diterima dalam setiap periode atau pendapatan dalam jumlah besar. Nah, dalam beberapa investasi, jumlah dana yang dihasilkan disebut juga dengan yield.

ROI wajib dihitung saat kamu berinvestasi dalam bentuk apapun, termasuk ketika berinvestasi pada sebuah website. Berapa pengembalian modal dari penjualan online ? Kamu harus tahu akan hal itu.

ROI menyediakan statistik untuk kamu dan perusahaan yang menjadikan efektivitas berbagai tindakan marketing bisa diukur dalam istilah keunagan. Nah, dalam pengoptimalan mesin pencari, menentkan akurat dari nilai ROI hanya bisa dilakukan secara kondisional.

Mengapa ? Karena tidak semua jenis penjualan yang ditawarkan dapat ditransisikan ke dalam biaya jangka panjang untuk SEO. Nilai ROI disini tidak termasuk faktor waktu dalam perhitungan.

Hal ini bisa ditentukan jika jalur klik mampu dilacak dari hasil pencarian organik. Nah, dengan begitu, kamu bisa menentukan biaya SEO dalam jangka waktu tertentu dalam kaitannya dengan laba yang dihasilkan.

Saat menjalankan sebuah bisnis marketing digital dan ingin melakukan investasi, jangan hanya fokus pada nominal keuntungan yang akan didapat. Namun, pastikan kamu dapat menghitung dengan akurat nilai ROInya.

Demikianlah ulasan singkat tentang mengenal cara perhitungan invetasi SEOyang tepat. Semoga setelah membaca artikel ini dapat memberi pengetahuan dan wawasan baru bagi kamu yang terjun dalam dunia investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *