informasi

Membangun Rumah Impian dengan Harga Batu Bata yang Murah dan Berkualitas

Posted: May 15th 2019

Membangun Rumah Impian dengan Harga Batu Bata yang Murah dan Berkualitas. Setiap orang menginginkan bangunan rumah yang indah dan nyaman. Akan tetapi, untuk membangun rumah impian membutuhkan bahan bangunan yang  berkualitas. Mulai dari segi arsitektur, pondasi yang kuat, perlengkapan rumah, dan bahan bangunan yang berkualitas.


harga batu bata

Baca juga artikel lain di : https://blogs.uajy.ac.id/informasi/

Salah satu bahan bangunan yang menjadi pondadi rumah adalah batu bata. Berbagai produsen yang ada di Indonesia memproduksi batu bata dengan kualitas dan jenis yang berbeda-beda. Sebelum membeli batu bata untuk rumah impian, kamu perlu mempertimbangkan harga dan kualitas produksi.

Tingkat kualitas batu bata pun memiliki jenisnya sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi pertimbangan sebelum membeli bahan bangunan dengan harga batu bata yang murah dan berkualitas.

Material

Sebelum orang-orang membeli batu bata dengan kualitas dan merk tertentu, ada  berbagai macam jenis material batu bata yang diproduksi. Berikut adalah dua jenis material batu bata yang menjadi pertimbangan sebelum kamu membelinya. Oleh karenanya, kualitas adalah keutamaan sebuah bangunan rumah yang nyaman. Pertama, batu bata tanah liat rata-rata mempunyai struktur permukaan dan warna yang acak.

Jenis bahan ini umumnya untuk bangunan dinding dengan campuran semen sebagai perekat. Oleh orang-orang, biasanya jenis material ini sebagai pondasi utama sebuah bangunan. Kedua, batu bata pasir yang memiliki jenis material campuran kapur dan pasir. Harga batu bata dengan material yang berbeda tentu memiliki kualitas harga yang berbeda pula.

Ukuran

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan sebelum kamu membeli batu bata adalah ukuran. Sebuah ukuran batu bata juga menentukan kualitas kenyamanan rumah impian kamu. Sesuai ukuran Standar Nasional Indonesia/SNI ukuran batu bata untuk bangunan rumah adalah panjang 240 mm dengan lebar 115 mm dan tebal 52 mm.

Sedangkan untuk kamu yang mengingkan desain interior gaya Romawidengan dua lantai, bisa memilih batu  bata ukuran jumbo. Desain gaya Romawi yang luas dan besar memang membutuhkan bahan-bahan bangunan dalam jumlah besar. Spesifikasi batu bata ukuran jumbo adalah panjang 20 cm dengan lebar 10 cm dan tebal 4 cm. Harga batu bata yang berkualitas juga ditentukan oleh masing-masing ukuran.

Menganalisa Jumlah Pembelian

Setelah kamu membuat desain interior untuk rumah impian kamu selanjutnya menentukan kualitas bahan bangunan yang akan dibeli. Setelah kamu sudah membuat perencanaan untuk kenyamanan sebuah rumah, hal penting lainnya adalah menganalisa jumlah pembelian batu bata. Ada cara sederhana yang bisa kamu terapkan supaya kamu mengetahui jumlah pembelian batu bata.

Kamu bisa menggunakan hitungan matematika dasar untuk mengetahui jumlah pembelian batu bata. Jika kebutuhan bangunan 80 pcs/m2 untuk rumah sederhana ukuran p 7 x l 9 x t 6 dengan 2 kamar adalah jumlah pembelian batu bata sekitar 10.000 buah. Harga batu bata yang utama memang dari jumlah minimal pembelian. Cara sederhana untuk menganalisa jumlah pembelian juga bisa menghemat dana.

Lokasi Pembelian

Salah satu yang menjadi pertimbangan sebelum membeli batu bata adalah lokasi pembelian. Ada baiknya kamu melakukan survey tempat yang menjual batu bata. Setelahnya, buat perbandingan kualitas antara lokasi penjualan dengan lokasi lainnya. Tapi jika kamu menginginkan harga yang murah, ada baiknya membeli langsung ke pabrik batu bata. Biasanya harga dari pabrik sudah termasuk biaya ongkos kirim.

Pabrik yang mempunyai kualitas harga batu bata  adalah batu bata jenis press. Batu bata merah press di Jawa Tengah memilikikisaran harga Rp. 550/biji dari pabrik dan pihak pembeli. Sedangkan di daerah Provinsi Jawa Timur, memiliki kisaran harga Rp. 520/biji dari pihak pembeli. Terakhir, di Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki kisaran harga Rp. 550/biji dari pabrik.

Alasan Memilih Batu Bata Press

Hal yang paling penting dalam memilih bahan bangunan untuk sebuah rumah adalah tingkat kualitas dan pelayanan. Meski desain rumah yang sederhana, jika mempunyai kualitas bahan bangunan yang tinggi, misalnya kondisi bangunan rumah tetap terlihat kokoh selama hampir 30 tahun. Salah satu batu bata merah press yang sedang nge-trend, menjadi rekomendasi untuk bahan bangunan  rumah kamu.

Pertama, harga batu  bata yang ditawarkan di atas sudah termasuk ongkos kirim. Artinya, harga yang ditawarkan murah, namun memiliki kualitas yang kamu inginkan. Kedua memiliki kualitas produksi kuat, matang 100% dan dicetak dengan mesin. Ketiga, jika selama pengiriman dan penurunan di proyek kamu, batu bata merah jenis press ini mengalami patah, maka pihak produsen akan menggantinya 100%.

Manfaat Menggunakan Batu Bata

Sebelum memutuskan membeli batu bata untuk membangun rumah impian, ada baiknya mengetahui manfaat  batu bata. Ada beberapa manfaat batu bata sebagai bahan bangunan rumah. Pertama, bahan material yang terkandung dalam batu bata serta proses produksi dengan pembakaran, sehingga mampu menahan panas. Batu bata juga bisa sebagai tempat perlindungan api.

Kedua, pada saat kamu ingin membuat taman sederhana dan tidak bisa mendatangkan tukang. Kamu bisa memasang batu bata sendiri karena tidak membutuhkan perekat khusus. Ketiga, batu bata merah mudah didapatkan dimana pun dan tidak mudah retak jika untuk pembuatan dinding. Keempat, harga batu bata yang relatif murah jika membeli langsung di tempat produksi tradisional atau di pabrik.

Demikian beberapa hal yang menjadi pertimbangan sebelum kamu memilih harga batu bata yang murah untuk bangunan rumah impian. Buat kamu yang masih awam tentang batu bata merah, beberapa harga batu bata merah murah di atas bisa menjadi referensi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php