Info Pendidikan Untuk Mahasiswa UAJY

Terbaru! Cek Info dan Syarat Pendaftaran Beasiswa Djarum Plus disini

Posted: February 11th 2021

Beasiswa merupakan hal yang sangat diminati dan dinanti-nanti oleh banyak orang khususnya pelajar. Beasiswa yang akan didapatkan oleh penerima beasiswa akan digunakan untuk biaya pendidikan di tempat mereka menuntut ilmu, baik sekolah maupun di perguruan tinggi. Beasiswa pun juga bisa digunakan sebagai biaya memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok dan inti si penerima beasiswa.

Ada kabar gembira yang datang dari Djarum Foundation. Djarum foundation mengumumkan bahwa pada bulan Maret, mereka akan membukan pendaftaran penerimaan Beasiswa Djarum Plus. Beasiswa ini dapat diikuti dan akan diberikan kepada para pelajar khususnya mahasiswa yang sedang berada di masa studi aktif di semester 4 pada angkatan 2021/2021.

Demikian disampaikan Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Galuh Paskamagma dalam keterangan resminya.

“Sejalan dengan pembekalan soft skills. Bakti Pendidikan Djarum Foundation membuka kembali beasiswa. Pendaftaran bisa dilakukan secara online di laman www.djarumbeasiswaplus.org,” ungkap Galuh.

Djarum foundation merupakan organisasi nirlaba yang didirikan oleh Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono, dengan misi untuk memajukan Indonesia dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mempertahankan kelestarian sumber daya alam. Djarum Foundation turut berperan aktif dalam memajukan pendidikan di Indonesia melalui program beasiswa prestasi (merit based scholarship) yang dikenal sebagai Djarum Beasiswa Plus bagi mahasiswa berprestasi tinggi di Indonesia.

Merangkum laman Djarum Beasiswa Plus, selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun, Beswan Djarum (sebutan bagi penerima program Djarum Beasiswa Plus) juga mendapatkan berbagai macam pelatihan keterampilan lunak atau soft skills guna mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin masa depan bangsa. Lebih dari 11.840 mahasiswa berprestasi telah menjadi penerima program. Mereka berasal dari berbagai macam latar belakang pendidikan di lebih dari 123 perguruan tinggi unggulan di seluruh 34 provinsi di Indonesia.

Banyak manfaat dan cakupan yang akan diberikan kepada penerima beasiswa ini. Beberapa cakupan beasiswa ini yaitu :

  1. Para penerima beasiswa akan dilatih, diajarkan, serta mendapatkan pelatihan dari Djarum foundation berupa pelatihan leadership, soft skills, dan lain-lainnya. Kegiatan soft skills yang diberikan di antaranya: Character building Leadership development Competition challenges International exposure Community empowerment Nation building.

    Pelatihan itu bertujuan membentuk generasi muda calon pemimpin masa depan Indonesia yang memiliki kecakapan emosional, intelegensia dan jiwa visioner. Alhasil, penerima Beswan Djarum bisa mampu melakukan perubahan bagi masyarakat ke arah yang lebih baik. Selama pelatihan, karakter para Beswan Djarum diasah agar melahirkan dan mewujudkan visi-visi yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara di masa mendatang.
  2. Selain mendapatkan pelatihan dan soft skills, para penerima Djarum Beasiswa Plus akan mendapatkan dana atau tunjangan beasiswa sebesar Rp 1.000.000 setiap bulan selama 1 tahun

Galuh berharap kepada para penerima Beswan Djarum supaya mereka memiliki tujuan yang visioner seperti John F Kennedy dan dapat diwujudkan di masa mendatang. Tidak hanya itu saja, lewat program community empowerement, penerima Beasiswa Djarum Plus juga diberikan kesempatan untuk menerapkan berbagai soft skills yang telah diperoleh.

“Dengan melibatkan diri secara langsung dalam memberikan jalan keluar pada suatu permasalahan sosial di lingkungan tempat mereka berada,” jelas dia.

Persyaratan Pendaftar Beasiswa Djarum Plus 2021

  • Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.
  • Bukti print/cetak PDF dari form pendaftaran online
  • Satu lembar pas foto ukuran 4 x 6 cm berwarna memakai jas almamater
  • Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa
  • Transkrip Nilai sampai dengan semester III, yang telah dilegalisir otoritas kampus
  • Fotocopy Surat Keterangan/sertifikat aktif berorganisasi dan atau sertifikat prestasi yang diikuti/dimiliki
  • Surat keterangan dari kampus (Rektorat) bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain (contoh untuk pendaftar 2021 adalah terhitung periode 1 September 2021 – 31 Agustus 2021).
  • Sedang menempuh pendidikan Strata 1/Diploma 4 di semester IV, dari semua disiplin ilmu
  • IPK minimum 3.20 pada semester III, serta dapat mempertahankan IPK minimum 3.20 hingga akhir semester IV
  • Aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun di luar kampus

Tahapan Pendaftaran Beasiswa Djarum Plus 2021

  • Pendaftaran Beasiswa Djarum Plus 2021/2021 akan dilaksanakan di 21 Maret – 23 Mei 2021. Pendaftaran akan dilakukan secara online melalui lama resmi Djarum Beasiswa Plus.
  • Proses seleksi berkas administrasi penerima Beasiswa Djarum Plus pada 24 Mei – 20 Juni 2021.
  • Tes seleksi tertulis online Beasiswa Djarum Plus pada 21-30 Juni 2021.
  • Tes interview online jatuh pada 1 Juli – 10 September 2021.
  • Pengumuman seleksi Beasiswa Djarum Plus 2021/2022 akan diberitahukan pada 20 September 2021.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Perempuan Hebat yang Menjadi Rektor Perguruan Tinggi di Indonesia

Go to post

Simak Peminat dan Daya Tampung 30 Program Studi di UNILA Jalur SBMPTN 2021

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php