Info Pendidikan Untuk Mahasiswa UAJY

Perempuan Hebat yang Menjadi Rektor Perguruan Tinggi di Indonesia

Posted: February 11th 2021

Perguruan Tinggi merupakan jenjang belajar atau jenjang pendidikan yang tergolong dan termasuk ke dalan pendidikan jenjang tinggi. Banyak siswa yang menginginkan untuk belajar di perguruan tinggi karena di perguruan tinggi, ilmu yang akan diajarkan sangatlah banyak dan beraneka ragam. Baik ilmu yang berupa teori, materi, praktek, serta ilmu kehidupan yang harus kita pelajar secara terus menerus.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap instansi, lembaga atau apapun itu, pasti memiliki seseorang yang menjadi pemimpin di tempat tersebut, tak terkecuali dengan perguruan tinggi. Perguruan Tinggi memiliki seorang pemimpin yang dikenal dengan nama REKTOR.

Sebagian besar, para pemimpin tertinggi di perguruan tinggi tersebut ialah laki-laki. Namun ternyata, ada sebagian dari perguruan tinggi di Indonesia yang dipimpin oleh seorang rektor perempuan. Mau tau siapa saja beliau-beliau? Simak informasinya dibawah ini.

1. Prof. Ellen Joan Kumaat

Prof. Ellen menjabat sebagai Rektor Universitas Sam Ratulangi pada periode 2014-2018. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi periode 2006-2010.

2. Prof. Rina Indiastuti

Prof. Rina merupakan Rektor Universitas Padjadjaran periode 2019-2024. Sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

3. Prof. Reini Wirahadikusumah

Prof. Reini terpilih menjadi Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk periode 2019-2024 dan menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai Rektor di ITB. Beliau juga merupakan seorang dosen dan Guru Besar Kelompok Keahlian Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB.

4. Prof. Margianti

Tak hanya Rektor di sejumlah perguruan tinggi negeri yang dijabat oleh seorang perempuan. Di jajaran perguruan tinggi swasta ada juga perempuan yang menjabat sebagai Rektor. Prof. Margianti saat ini menjabat sebagai rektor di Universitas Gunadharma.

5. Prof. Dwikorita Karnawati

Prof. Dwikorita resmi dilantik menjadi Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada masa bakti 2014-2017. Saat ini beliau menjabat sebagai Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

6. Prof. Tian Belawati

Prof. Tian merupakan Rektor di Universitas Terbuka untuk periode 2013-2017. Beliau telah memulai karier di Universitas Terbuka sejak tahun 1985.

7. Risa Santoso

Risa terpilih dan dilantik menjadi menjadi Rektor Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang pada 2 November 2019 dan menjadi rektor termuda di Indonesia. Beliau dilantik menjadi Rektor di usianya yang masih 27 tahun.

Bagaimana? Hebat bukan? Seorang perempuan yang sebagian orang anggap tidak bisa menjadi pemimpin di sebuah perguruan tinggi ternyata ada beberapa dari beliau-beliau menjadi seorang rektor. Bahkan Risa Santoso menjadi rektor termuda di Indonesia dengan usia 27 tahun saat beliau dipilih dan dilantik menjadi rektor.

Seluruh kehebatan beliau-beliau tak jauh karena adanya perjuangan dari pahlawan pendidikan perempuan pada zaman dahulu, tak lain dan tak bukan yaitu RA. Kartini. RA. Kartini dahulu memperjuangkan hak menuntut ilmu bagi kaum wanita hingga saat ini kaum wanita bisa menuntut ilmu dengan tenang tanpa adanya perbedaan gender.

Ia berusaha mengajarkan cara membaca dan menulis bagi kaum wanita dari usia anak-anak hingga dewasa. Meski banyak ditentang, RA Kartini tetap gigih memajukan bangsanya, khususnya kaum perempuan. Dan perjuangannya, sampai sekarang masihlah ada, bahkan menjadi kenyataan. Saat ini setiap perempuan dapat mengenyam dan mendapatkan pendidikan seperti halnya laki-laki. Cita-cita Kartini menjadi kenyataan untuk menjadikan perempuan cerdas dan berprestasi. Banyak kalangan perempuan yang sukses di berbagai bidang dan bisa menjadi seorang pemimpin seperti beliau-beliau yang sudah disebutkan diatas.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Ternyata, Kuota Bantuan periode 2020 dengan 2021 itu Berbeda, Simak Info Selengkapnya!

Go to post

Terbaru! Cek Info dan Syarat Pendaftaran Beasiswa Djarum Plus disini

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php