Samudra Palijama

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Posted: November 21st 2012

Hai guys, aku mau sharing sedikit nih tentang materi PTI yang aku dapat di kelas

Wireless,

berarti nirkabel atau tanpa kabel.

Wireless Devices atau Perangkat Wireless adalah alat yang dapat berkomunikasi dengan internet maupun dengan alat lain secara nirkabel. Kita dapat dengan mudah mengakses internet dengan menggunakan smartphone yang kita miliki karena pada umumnya smartphone kita  sudah dilengkapi dengan Microbrowsers, yaitu Browser yang dapat mengkompres data yang diterima sehingga Bandwidth yang digunakan lebih sedikit sehingga tidak membebani smartphone kita yang memiliki memory yang terbatas contoh aplikasi microbrowser : Opera Mini.

Pada perangkat wireless juga membutuhkan media transmisi, untuk media transmisinya, ada beberapa media untuk transmisi secara Wireless, yaitu :

1. Microwave Transmission Systems, yaitu media transmisi secara point to point yang digunakan untuk jarak jauh dan volume yang besar.

2. Satellite Transmission, yaitu transmisi menggunakan Satelit.

Ada tiga tipe satelit yaitu :

a. Geostationary (GEO) (22.300 mil dari permukaan bumi),

b. Medium-earth-orbit (MEO) (6.000 mil dari permukaan bumi),

c. Low-earth-orbit (LEO) (400-700 mil dari permukaan bumi).

Dalam Satellite Transmission ada beberapa pengertian seperti Footprint yaitu area yang dijangkau oleh satelit, Broadcast Transmission yaitu transmisi ke banyak Reciever dalam waktu bersamaan, dan Propagation Delay yaitu jeda singkat pada transmisi oleh GEO Satellite contohnya terdapat jeda sekitar 2-3 detik ketika melakukan percakapan dari bulan ke bumi.

Macam-macam Wireless Devices :

1. Global Positioning Systems (GPS), merupakan sistem navigasi satelit yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US DoD = United States Department of Defense). GPS memungkinkan kita mengetahui posisi geografis kita (lintang, bujur, dan ketinggian di atas permukaan laut). Jadi dimanapun kita berada di muka bumi ini, kita dapat mengetahui posisi kita dengan tepat.Perangkat GPS menerima sinyal yang ditransmisikan oleh satelit GPS. Dalam menentukan posisi, kita membutuhkan paling sedikit 3 satelit untuk penentuan posisi 2 dimensi (lintang dan bujur) dan 4 satelit untuk penentuan posisi 3 dimensi (lintang, bujur, dan ketinggian). Semakin banyak satelit yang diperoleh maka akurasi posisi kita akan semakin tinggi. Untuk mendapatkan sinyal tersebut, perangkat GPS harus berada di ruang terbuka. Apabila perangkat GPS kita berada dalam ruangan atau kanopi yang lebat dan daerah kita dikelilingi oleh gedung tinggi maka sinyal yang diperoleh akan semakin berkurang sehingga akan sukar untuk menentukan posisi dengan tepat atau bahkan tidak dapat menentukan posisi.

2. Internet over Satellite (IOS) yaitu akses internet via GEO Satellite, disini kita memerlukan sebuah alat receiver untuk menerima sinyal satelitte namun kelemahannya adalah alat penerima kita tidak boleh terhalang pohon atau apapun.

3. Radio, ada tiga macam transmisi yang dilakukan oleh radio yaitu Radio transmission (Menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan dari Transmitter ke Reciever), Satellite radio (digital radio) (Transmisi radio menggunakan Satelit sehingga hasil suaranya dapat mendekati CD Quiality), dan Infrared (Berbentuk lampu merah yang biasananya digunakan pada Remote AC dan TV).

3. Bluetooth yaitu perangkat untuk mentransmisikan data yang umumnya terdapat pada gadget zaman sekarang. \

4. Wireless Local Area Networks (WLANs) merupakan Local Area Network (LAN) yang menggunakan teknologi Wireless (tanpa kabel / nirkabel) sehingga kita dapat terkoneksi dengan internet tapi itu juga tergantung dari penyedia.

Mobile Computing

  • Mobile Computing adalah perangkat yang dapat melakukan komputasi sambil ‘bergerak’. Mobile Computing awalnya dari sempoa(abacus), lalu berkembang ke kalkulator, dan berbagai perangkat mobile jaman sekarang. Mobile Computing juga dapat mengakses WiFi.

Mobile Commerce (M-Commerce)

  • Seiring dengan perkembangan mobile computing, dampak yang sama mempengaruhi bisnis dengan E-Comerce. Lama-kelamaan, transaksi online dapat dilakukan dengan perangkat mobile.
  • Beberapa aplikasi dari mobile commerce adalah: M-Banking, Micropayment, Mobile Wallets, dan wireless bill payment.

Wireless Telemedicine

  • Wireless Telemedicine menyediakan informasi tentang kesehatan dalam bentuk mobile. Selain itu, pengguna juga dapat berkomunikasi dengan ahli medis melalui mobile.
  • Pada beberapa kasus, bahkan sudah dapat digunakan robot untuk melakukan pembedahan jarak jauh.
  • Melalui perangkat Mobile, dalam situasi yang darurat dapat dilakukan pengobatan langsung, contohnya jika terjadi kecelakaan di tempat yang tidak terjangkau dari medis secara langsung.

Telemetry

  • Telemetri adalah aplikasi khusus untuk mengumpulkan berbagai macam dari berbagai lokasi untuk dikirimkan melalui teknologi layanan data/pesan dengan mudah ke pusat database perusahaan.

Pervasive Computing

Adalah alat untuk melakukan komputasi yang dapat kita jumpai dimana saja. Contohnya: pendeteksi kartu kereta di Jepang.

Teknologi RFID

Dengan RFID, dimungkinkan untuk melakukan komputasi dengan menggunakan chip untuk menggantikan barcode.

Wireless Sensor Network

Agak berbeda dengan Teknologi RFID, WSN menggunakan sensor nirkabel untuk mendeteksi benda.

Keamanan Pada Wireless

Berikut 4 masalah kejahatan internet yang sering muncul pada jaringan nirkabel:

1. Rogue Access Point

Adalah kejahatan jaringan berupa individu yang berpura-pura menjadi access point, jadi jaringannya akan berbelok.

2. War Driving

War driving berarti akses point yang dibuat bergerak.

3. Eavesdropping

Eaversdropping adalah user yang seharusnya tidak berhak mengakses jaringan, tetapi masih melakukan akses dengan cara illegal.

4. Radio Frequency Jamming

Adalah kejahatan dengan memotong akses jaringan hanya untuk diri sendiri. Jadi, orang lain menjadi tidak bisa mengakses jaringan tersebut.

Usaha untuk melindungi jaringan wireless :

  1. Dengan mendeteksi akses yang tidak seharusnya dilakukan.
  2. Memblock SSID, jadi pengguna harus mengetikan secara manual nama jaringan nirkabel kita.
  3. Dengan menggunakan enkripsi.

Sekian dulu review materi PTI saya kali ini. Goodbye

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php