Samudra Palijama

Business and IT

Posted: September 6th 2012

Dalam Dunia dewasa ini, TI memegang peranan yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat. Salah satunya adalah dalam lingkungan bisnis.

Lingkungan Bisnis zaman sekarang mempunyai karakteristik sebagai berikut :

  1. Perubahan yang cepat
  2. Kompleksitas
  3. Ekonomi-Global
  4. Persaingan yang ketat
  5. Fokus kepada pelanggan

Dunia bisnis sekarang juga tidak terlepas dari apa yang kita sebut sebagai tantangan, tantangan itu dapat berwujud sebagai berikut :

  1. Persaingan Global atau mendunia mengenai perdagangan serta tenaga kerja
  2. Real time operation (seperti penerbangan, penyiaran, telekomunikasi,    angkatan laut, angkatan udara, dsb)
  3. Mengubah Cara kerja perusahaan (menjadi lebih dinamis atau mobile dari sebelumnya)
  4. Orientasi kepada konsumen
  5. Informasi yang berlebihan
  6. Kewajiban Sosial, dll

Apa yang dapat kita lakukan dengan TI dan konsekuensi dalam menggunakannya juga sangat menarik (sebagai contoh: e-ticketting, e-business, m-banking, dll)

Struktur organisasi, manajemen, dan proses bisnis sering berubah dengan TI
Kesempatan kerja seseorang juga sangat tergantung dari penguasaannya terhadap TI
TI juga mempengaruhi setiap aspek fungsional bisnis

sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai TI dalam lingkungan bisnis, kita harus mengenal lebih dalam mengenai data, informasi, dll

Data adalah fakta mentah yang dikoleksi namun belum terorganisir, Informasi adalah data yang telah diorganisir serta berguna,

Pengetahuan adalah informasi yang telah diorganisir untuk menyampaikan pemahaman serta pengalaman yang berguna, sedangkan yang dimaksud dengan literasi komputer adalah pengetahuan dan pemahaman tentang komputer dan kegunaannya.

Sistem merupakan komponen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu, sama halnya pada sistem komputer yang berguna bagi pengguna.

Dalam mempelajari TI kita harus mempelajari lebih dalam tentang perangkat-perangkat yang mendukung kinerja komputer, terbagi atas 3 yaitu Perangkat Keras (Hardware), Perangkat Lunak (Software) dan Pengguna (Brainware)

Komponen-Komponen komputer terdiri atas :

  • Input : Berfungsi memasukkan data dan instruksi  (contoh : mouse, keyboard, webcam, mikrofon, scanner)/
  • Process : Berfungsi memproses data dan instruksi yang dimasukkan    pengguna komputer
  • Output : Perangkat Keras yang menyajikan data kepada pengguna (contoh : Speaker, Monitor, Printer)
  • Storage : Media Penyimpanan yang berfungsi menyimpan serta mengorganisir data untuk keperluan pengguna komputer
  • Communication/Network

Komputer di zaman sekarang disusun dalam berbagai kategori yang sesuai dengan fungsi masing-masing komputer seperti komputer pribadi (desktop), gadget, midrange server, mainframe, serta supercomputer. Midrange server, mainframe serta supercomputer termasuk dalam kategori server.

Informasi yang disampaikan melalui komputer haruslah berguna, hal-hal yang membuat informasi itu berguna seperti berikut akurat, lengkap, fleksibel, handal, relevan, selalu tersedia ketika dibutuhkan, mudah diakses dimana saja dan kapan saja, serta aman dan terpercaya. Jika tidak informasi tersebut tidak mencakup hal-hal yang demikian, maka otomatis informasi tersebut menjadi tidak berguna.

Kesimpulannya, Dunia bisnis saat ini banyak menghadapi berbagai macam tantangan, jadi Teknologi Informasi sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan tersebut. Karena Teknologi Informasi menyediakan alat serta kemampuan untuk menghadapi tantangan dalam dunia bisnis sebagaimana dimaksud. Untuk itulah, pengetahuan tentang TI dan aplikasinya sangat membantu para pebisnis untuk mengembangkan strategi bisnis yang berguna bagi perusahaan mereka.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php