imron

Wireless, Mobile Computing dan Mobile Commerce

Posted: December 2nd 2012

Wireless adalah suatu perangkat yang cukup kecil sehingga mudah dibawa, memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas produktif dan berkomunikasi dengan internet atau perangkat lain. Microbrowsers adalah internet browser dengan ukuran file kecil yang dapat bekerja dalam low-memory kendala perangkat nirkabel dan bandwidth yang rendah dari jaringan nirkabel,. Pager dimana seseorang dapat mengirim pesan ke seseorang, namun hanya 1 jalan tidak bisa bolak-balik berbentuk text. Wireless Application Protokol (WAP) merupakan standar yang memungkinkan perangkat nirkabel dengan layar tampilan kecil, bandwith rendah dan memori minimal untuk mengakses web-based informasi dan layanan. Point to point memiliki dua karakteristik pertama, pemancar dan penerima harus dalam pandangan satu sama lai, dan kedua yaitu transmisi itu sendiri harus diarahkan langsung dari pemancar ke penerima.

Global Positioning System atau GPS, memiliki sistem kerja menggunakan satelit untuk menetukan suatu posisi. Di seluruh dunia ada 24 satelit yang dapat digunakan untuk menentukan posisi dan dibutuhkan minimal 3 satelit supaya posisinya lebih tepat, sedangkan  Asted Global Positioning System atau AGPS, memiliki cara kerja menggunakan provider selular untuk bisa menentukan posisi dengan radius  3 km. akurasinya rendah bahkan bisa tidak akurat sama sekali. WIMAX, mempunyai cakupan area lebih luas daripada wifi (+/- 31 mil). 75 Mbps. cakupanya bisa kota.

Mobile Computingmemiliki kemampuan wireless connection. mengacu untuk mobile computing.  Mobile Commerce, umumnya untuk transaksi tapi tidak hanya jual beli. vooting juga bisa digunakan untuk perangkat selular. Perkembangan m-commerce didukung beberapa factor yaitu: meluasnya ketersedia perangkat mobile, Tidak perlu untuk PC, penurunan harga dan peningkatan Bandwith. Ada ancaman dalam penggunaan wireless, oleh karena itu kita patut mencegahnya dengan cara mendeteksi access point tidak sah melalui perangkat dari NetStumbler, mengenkripsi transmisi wireless menggunakan wifi protected access, dan otomatis beralih ke saluran nirkabel yang berbeda saat terjadi gangguan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php