imron

internet intranet ekstranet

Posted: November 11th 2012

Internet adalah Jaringan komputer terbesar di dunia, tiap computer di dunia bisa terhubung satu sama lain dengan internet. Internet juga menjadi sebuah forum demokrasi komunikasi yang menghasilkan demokratisasi informasi. Operasi dari internet adalah Aliran paket informasi antara komputer diatur oleh sebuah aturan umum (protocols). Layanan yang dapat ditemukan di Internet antara lain Email, Web, File transfer, Chat, Message board dan Instant messaging.

Perusahaan komunikasi komersial adalah penyedia utama ‘physical network backbone internet’.Infrastruktur internet menyediakan layanan jaringan koneksi dan aliran informasi antara backbone provider yang bersifat terbuka dan gratis. Di masa depan, diasumsikan bahwa internet akan berkamuflase menjadi lebih cepat dalam berbagai tujuan pembelajaran, ‘limited devoted exclusivily’.

intranet sering diterapkan di kantor, perusahaan, dan lembaga-lembaga. Dengan intranet, perusahaan dapat berbagi informasi untuk karyawannya tanpa perlu khawatir informasi itu bocor. Informasi ini tidak dapat diakses oleh pengguna internet karena tidak tersedia sarana akses ke intranet perusahaan tersebut. Bagaimana bila perusahaan itu ingin agar karyawannya yang sedang berada di luar negeri, termasuk sales, distributor, dan agen-agen dapat terus mengikuti perkembangan informasi perusahaan? Kadang-kadang jaringan intranet disambungkan ke jaringan internet dengan maksud untuk memberikan informasi perusahaan ke pengguna tertentu yang ada di luar area intranet. Jaringan ini disebut ekstranet.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php