imron

Telecommunications and Networks

Posted: November 4th 2012

Komunikasi computer merupakan proses di mana dua atau lebih komputer atau perangkat transfer data, instruksi, dan informasi perangkat keras dan perangkat lunak yang mentransmisikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lain. Dalam telekomunikasi komputer dikenal dua macam sinyal, yaitu  sistem  analog yang bersifat kontinuyang menyampaikan informasi denann cara merubahan karakter dari gelombang sedangkan untuk sistem  digital disampaikan dengan bahasa biner sehingga dapat dimengerti oleh komputer dengan lebih baik.

Komunikasi jaringan dapat dilakukan dengan media twisted-pair wire, coaxial cable, fiber-optic cable, microwave, satelit, radio, dan infrared. Terdapat dua macam jaringan yaitu LAN dan WAN. LAN “Lokal Area Network” merupakan kumpulan jaringan area geografik yang sempit. Jaringan LAN dapat terbentuk dengan beberapa topologi yaitu topologi star, topologi bus, topologi ring. WAN (Wide Area Networks ) merupakan kumpulan jaringan area geografik yang luas. WAN merupakan kumpulan dari beberapa LAN contohnya internet.

Dalam aplikasinya Telekomunikasi dapat digunakan sebagai : Electronic Mail yang berbasis komputer pesan, Videoconferencing yaitu pertemuan kelompok antara lokasi terpisah, Electronic Data Interchange yaitu transmisi elektronik transaksi bisnis rutin, Transfer Dana Elektronik yaitu pengolahan elektronik transaksi keuangan, Faksimili yaitu pengiriman dokumen elektronik, Telecommuting yang bekerja di rumah melalui link Telecomm, Belajar Jarak Jauh yaitu kelas yang ditawarkan pada waktu yang sama / tempat yang berbeda, atau berbeda waktu / tempat yang berbeda secara telematika.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php