imron

PTI 4

Posted: September 29th 2012

Perangkat SoftWare Komputer

Software adalah kumpulan instruksi yang berfungsi untuk menjalankan suatu perintah, seperti memberikan informasi kepada hardware, mengatur fungsi hardware, dan menjalankan sistem. Disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Software dibedakan menjadi 2, yaitu :

System Software (Sistem Perangkat Lunak) 1.Sistem software yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Contoh: Linux, UNIX, Operating System (OS), dan Windows. Bagian-bagian dari Sistem Software, yaitu: a) System Control Programs -> sistem ini digunakan untuk mengontrol semua sistem resourch seperti hardware, software, dan data. b) System Support Programs -> sistem yang mempunyai kemampuan khusus/unik.

2. Aplikasi Perangkat Lunak(application software) Software aplikasi yaitu perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain. Contoh: Ms. Word, MP3 Player, Internet Explorer.

Fungsi dari System Control Program (program kontrol sistem), yaitu:

a) Memanta system instruksi pada komputer.

b) Mengalokasikan CPU time dan main memory untuk program yang sedang dibuka di komputer.

c) Memberikan instruksi pengguna dengan hardware.

Fungsi OS (Operating System) : yaitu menyediakan manajemen file dan utilitas lainnya serta memantau kinerja komputer.

Fungsi Process Management (Proses Manajemen) yaitu : mengatur program yang sedang dijalankan komputer.

Open Source System 

  • Code software yang ditawarkan bebas untuk dikembangkan.
  • Resource terbuka.

 Open System Software

  • Produk komputasi yang bekerja sama.
  • Memberdayakan desainer untuk memilih perangkat keras komputer terbaik, sistem operasi, dan aplikasi software tanpa masalah kompatibilitas.

Organisasi mencari solusi perusahaan Software yang luas untuk menyediakan sistem organisasi terpadu. Software pada komputer yang mengelola semua operasi organisasi. Diperlukan tekanan kompetitif dalam perubahan prosedur organisasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php