@ianstephens

Wireless and Mobile

Posted: December 2nd 2012

Pada pertemuan kali ini membahas tentang wireless dan mobile. wireless sendiri artinya adalah tanpa kabel, jadi koneksi yang ada dilakukan tanpa menggunakan kabel, melainkan melalui sinyal-sinyal tertentu. mobile dalam bahasa indonesia berarti mobil atau maksudnya mengacu pada sesuatu yang mudah dibawa. beberapa contoh dari jaringan wireless adalah bluetooth, zigbee, wimax, dll.

Dalam teknologi wireless untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya diperlukan dua hal, yaitu wireless device dan wireless transmission media. wireless device adalah sebuah benda yang berguna sebagai penangkap sinyal wireless, sedangkan wireless transmission media adalah sebuah benda yang berfungsi sebagai pengirim sinyal wireless. dalam hal ini biasanya wireless digunakan untuk sharing data.

Saat ini wireless sudah tidak lagi asing. banyak sekali handphone yang bahkan sudah dibekali teknologi wireless, mulai dari infra red yang  jaraknya sangat kecil, lalu bluetooth yang bisa mencapai 30 meter, lalu masih ada lagi wi-fi yang sedang sangat marak di Indonesia, dan bahkan juga wimax yang baru berkembang di Amerika Serikat saat ini. setiap tipe wireless pun memiliki kecepatan pengiriman data yang berbeda-beda, mulai dari infrared yang paling lambat, hingga wimax. meskipun kecepatan yang bisa dicapai belum bisa mengalahkan kecepatan kabel fiber optik, namun teknologi wireless yang sudah ada saat ini sudah cukup cepat untuk digunakan oleh device-device mobile seperti handphone atau tablet.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php