@ianstephens

E-Commerce

Posted: November 25th 2012

Pada pertemuan kali ini, membahas mengenai e-commerce. e-commerce merupakan proses transaksi dan komunikasi malalui media jaringan komputer, terutama internet. sebelum ada e-commerce, terlebih dahulu muncul adalah traditional commerce. traditional commerce sendiri adalah konsep dasar dari e-commerce, maka pada dasarnya keduanya sama, namun perbedaannya terletak pada cara transaksi atau komunikasi nya, traditional commerce semuanya dilakukan secara fisik,  termasuk juga agen penjualannya.

Setelah muncul perkembangan dan muncul e-commerce, sekarang hal ini pun dibagi menjadi 2, yaitu pure e-commerce dan partial e-commerce. pure e-commerce  dilakukan dengan digital secara keseluruhan, sedangkan partial e-commerce  dilakukan dengan mengkombinasikan digital dan fisik, biasanya memiliki toko secara online dan offline (fisik). setelah itu e-commerce dikembangkan lagi dan muncullah e-business yang merupakan perluasan dari e-commerce. jika e-commerce hanya meliputi jual-beli barang, jasa, dan sebagainya, maka e-business memiliki tambahan yaitu pelayanan konsumen, berkolaborasi dengan rekan bisnis, serta melakukan transaksi elektronik pada sebuah perusahaan.

E-commerce saat ini merupakan hal yang sudah sangat populer digunakan oleh banyak perusahaan. E-commerce tidak hanya menyediakan kemudahan transaksi secara online kepada konsumen, tetapi juga menjadi solusi dari berbagai permasalahan perusahaan. perusahaan yang sudah berhasil menyelesaikan masalah mereka tidak hanya perusahaan kecil, bahkan cenderung lebih banyak perusahaan besar. sebut saja hotel raffles, mereka menggunakan e-commerce untuk memberikan kemudahan para turis yang ingin menginap, mereka menyediakan layanan reservasi, travel, dsb. lalu ada juga Qantas airways, dalam perusahaan penerbangan masa kini e-commerce sudah menjadi sebuah hal yang wajib dimiliki jika ingin mendapatkan banyak konsumen, Qantas adalah salah satu pelopornya, mereka menyediakan kemudahan dalam reservasi tiket, informasi, ataupun pembelian merchandise melalui e-commerce tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php