@ianstephens

Internet, Intranet, dan Extranet

Posted: November 11th 2012

Pada pertemuan kali ini membahas mengenai internet, intranet, dan extranet. diantara ketiga hal tersebut tentu internet merupakan yang paling familiar, sebab hampir semua orang telah menggunakan layanan internet tersebut.  internet merupakan jaringan komputer terbesar di dunia, karena hampir seluruh dunia sudah termasuk dalam jaringan ini. internet saat ini sudah menjadi kebutuhan banyak orang, terlebih untuk bekerja. internet memberikan sebuah kemudahan bagi pengguna untuk berkomunikasi dengan pengguna internet lainnya. semangat berbagi dan akses terbuka untuk informasi adalah landasan dari dibuatnya  internet.

Berawal dari adanya internet, untuk semakin mempermudah komunikasi sebuah perusahaan dibuatlah intranet. intranet merupakan jaringan komputer yang mencakup sebuah perusahaan, namun juga terhubung dengan internet. meski begitu, data dari perusahaan ini hanya dapat diakses oleh sesama pengguna intranet dalam perusahaan tersebut. sesuai dengan kegunaannya yang menyediakan sarana berkomunikasi dalam perusahaan, maka keamanan adalah hal yang harus paling diperhatikan, sebab jika tidak maka akan memungkinkan terjadinya pencurian data perusahaan oleh pihak tidak bertanggung jawanb.

Setelah intranet, ada extranet. extranet merupakan extension dari intranet. extension disini berarti nenperluas jaringan dari intranet tersebut. perluasan ini ditujukan kepada pihak-pihak eksternal yang berkaitan dengan perusahaan, yaitu distributor, supplier, serta key customer.  meski begitu, intranet dan extranet tidak begitu saja tersambung, masih tetap memiliki batas-batas, agar pihak-pihak eksternal tersebut tidak bisa sembarangan mengakses data perusahaan. dan batas ini diatur dengan memberikan sebuah pengaman. maka kembali lagi, dalam extranet, keamanan merupakan hal yang harus sangat diperhatikan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php