@ianstephens

Mengelola Data dan Informasi Organisasi

Posted: October 8th 2012

Pada pertemuan kali ini, dibahas mengenai pengelolaan data dan informasi pada sebuah organisasi, yang tujuannya agar memudahkan akses ke data dan informasi tersebut. Tipe pengelolaan ini telah berkembang pesat, demi mempermudah sebuah organisasi. Penyimpanan model lama, atau Traditional File sudah mulai ditinggalkan karena menimbulkan data management problems, lalu muncul sebuah model pengelolaan yang dapat mengatasi permasalahan yg ada pada Traditional File, yaitu Databases Management System (DBMS).

Dalam sebuah organisasi yang membutuhkan sistem pengelolaan data tentu saja perlu untuk memenuhi syarat-syarat yang ada untuk dapat menggunakan sistem tersebut. Syarat ini ditentukan berdasar kebutuhan dari organisasi tersebut, terutama mengenai kapasitas penyimpanan datanya, semakin banyak data yang perlu disimpan, maka membutuhkan kapasitas yang lebih besar pula, dan tentunya juga lebih mahal. Sistem pengelolaan ini sendiri juga memiliki keuntungan untuk menghemat space, karena dengan adanya sistem ini dapat mencegah duplikasi data, yaitu dengan primary key, yang biasanya berupa kode unik. Mengenai ukuran data yang diperlukan, sebenarnya dapat dihitung secara manual, yaitu dengan menghitung berapa karakter yang terdapat dalam data tersebut. 1 karakter bernilai 1 byte.

Dalam penggunaan sistem pengelolaan data, sebuah organisasi juga semakin terbantu untuk pengambilan keputusan ataupun menemukan pengetahuan baru tentang organisasi tersebut. Hal ini dibantu oleh komponen dari databases, yaitu data warehouses dan data mining tools. Data Warehouses berguna untuk membantu dalam pengambilan keputusan, karena ia menyimpan data saat ini dan masa lalu secara detail, dan terangkum. Sehingga Data Warehouses ini juga mampu menjawab pertanyaan soal data-data yang ada. Sedangkan Data Mining Tools berguna untuk mendapatkan pengetahuan, dengan menggunakan data yang ada pada Data Warehouses, lalu mengekstraknya menjadi sebuah pengetahuan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php