@ianstephens

Software Komputer

Posted: September 29th 2012

Pertemuan kali ini, kelas PTI membahas mengenai Software Komputer (Perangkat Lunak), setelah sebelumnya membahas mengenai Hardware Komputer (Perangkat Keras). Software dan Hardware merupakan satu kesatuan yang saling membutuhkan, Software tanpa Hardware tidak akan bisa dijalankan, sebaliknya Hardware tanpa Software tidak akan berguna pula. Software sendiri terbagi menjadi dua, yaitu software aplikasi dan software sistem. Software aplikasi adalah software yang bekerja dengan tugas-tugas spesifik, sedangkan software system adalah software yang mengelola hardware.

Salah satu software system yang paling banyak diketahui adalah sistem operasi, semisal windows 7, mac OS, Linux Ubuntu, dll. Dalam sebuah sistem operasi terdapat banyak fungsi yang menjadi kebutuhan utama dari sebuah komputer, seperti memberikan tampilan antarmuka (UI), mengelola program, memantau kinerja komputer, mengontrol koneksi, dll. Ketika sebuah sistem operasi mengalami kerusakan, maka hampir semua kinerja komputer akan lumpuh, kecuali kerusakan tersebut masih bisa ditoleransi oleh sistem tersebut.

Dibawah naungan software sistem, terdapat software aplikasi. software aplikasi yang dapat diinstalasi pada sebuah sistem operasi harus dicocokkan kompatibilitasnya, jadi tidak sembarang software aplikasi dapat diinstalasi. namun ada satu jenis software aplikasi yang dapat diinstalasi pada segala macam sistem, yaitu aplikasi open source. aplikasi open source adalah aplikasi yang dikembangkan oleh para programmer dengan mendapatkan kode software secara terbuka, dan dapat dipakai secara gratis.

Software-software tersebut dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman. bahasa pemrograman sendiri ada banyak sekali macamnya. seiring dengan berjalannya waktu, bahasa ini terus berkembang menjadi lebih mudah dipahami. dimulai dari bahasa pemrograman pertama yaitu bahasa mesin yang hanya menggunakan kode biner (0 dan 1), dan terus berkembang, hingga saat ini yang paling baru adalah generasi kelima dari bahasa pemrograman, yaitu Natural Languange Programming Languages, yang mampu menerjemahkan bahasa natural (bahasa manusia) menjadi berstruktur dan dapat dipahami oleh mesin. selain itu bahasa ini sangatlah kompleks dan eksperimental.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php